Header Ads

Cara Pasang Tombol Start Engine dengan RFID

Perkembangan teknologi semakin hari semakin mengagumkan. Diantara bukti perkembangan tersebut beberapa diantaranya telah diterapkan pada mobil, seperti tombol start engine. Tombol ini sangat membantu sekali dalam membuat mesin mati dan hidup secara otomatis sesuai dengan kondisi jalanan yang dilalui.

Cara pasang tombol start engine
Cara pasang tombol start engine

Tentunya ini sangat pas bila digunakan di jalanan yang jarak antar lampu lalu lintasnya cenderung dekat. Selain itu, tombol ini juga diketahui bisa membantu menghemat bahan bakar serta membantu mengurangi polusi udara. Jika Anda tertarik untuk menambahkannya pada mobil kesayangan, Anda bisa mencoba cara yang disebutkan di bawah ini.

Pemasangan Tombol Start Engine dengan RFID

Alat-Alat yang Diperlukan

Sebelumnya harus diketahui bahwa pemasangan tombol yang dimaksud tidak bisa dilakukan begitu saja. Anda perlu menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan. Adapun alat-alat yang dimaksud terdiri atas modul (ini bisa didapatkan dari toko-toko modifikasi ataupun secara online), skun kabel, lakban, gunting, double tape, kunci T10, obeng – dan obeng +.

Cara Pemasangan

Jika semua alat tersebut sudah siap, maka Anda tinggal langsung memasangnya. Mulailah dengan melepas cover stir baik bagian atas ataupun bagian bawah terlebih dahulu. Gunakan obeng + untuk melepas cover tersebut. Tapi ingat, lakukan secara perlahan agar tidak muncul masalah.

Jika sudah, silahkan Anda lepas pula socket kabel yang ada di bagian belakang kunci kontak. Biasanya posisinya ada di sebelah kiri. Setelahnya, Anda bisa langsung menyiapkan modul yang hendak dipasang. Kupas kabel-kabel yang terdapat pada modul guna dipasangkan ke socket male-nya.

Pasangkan kabel ini sesuai dengan jalurnya masing-masing. Untuk pemasangan sensor RFID berikut dengan tombol start engine-nya bisa Anda lakukan sesuai dengan selera. Tapi, perhatikan panjang kabelnya juga ya. Nah, jika semua kabel sudah terpasang, silahkan dirapikan lagi kabel-kabel tersebut, lalu tutup kembali apa saja yang telah Anda buka tadi, dan lakukan uji coba.

Jika Anda merasa tidak yakin memasang tombol start engine tersebut sendiri, Anda sebaiknya meminta tolong pada teman yang bisa melakukannya. Atau dengan menyerahkannya pada penyedia jasa pemasangan tombol yang profesional juga bisa.

No comments

Powered by Blogger.