3 Bengkel Spesialis Audio Mobil di Jakarta

3

Orang awam mungkin akan mencari tweeter atau sub speaker tambahan untuk memaksimalkan audio mobil. Alasannya adalah karena suara musik tidak optimal saat mobil melaju kencang.

Apabila anda merasa bingung dengan hal tersebut, atau menginginkan pemasangan audio baru, kini di Jakarta telah banyak bengkel audio mobil. Diantaranya adalah PT Audio Workshop, Izumi Motor dan Hugo Car Audio.

bengkel audio untuk modifikasi mobil
Bengkel audio untuk modifikasi mobil

Dengan memanfaatkan jasa dari 3 bengkel spesialis audio mobil tersebut, permasalahan sound system pada mobil tidak akan menjadi masalah yang berarti. Karena audio di mobil sangat diperlukan bagi parang pengemudi atau penumpangnya. Saat merasa jenuh dalam perjalanan dapat dijadikan sebagai hiburan.

Memasang Audio Mobil Secara Aman dan Benar

Sistem audio yang berkualitas dapat dijadikan hiburan saat berada dalam kabin mobil. Tidak heran jika banyak pemilik mobil yang rela mengeluarkan tambahan biaya untuk sistem audio yang baik dalam kendaraannya.

Jika ingin membangun sistem audio yang berkualitas, maka perlu diperhatikan beberapa hal. Karena apabila terjadi kesalahan saat pemasangan, akan menimbulkan masalah. Berikut akan kami sampaikan mengenai proses pemasangan serta instalasi tata suara di mobil anda.

Kabel

Sistem audio pada mobil tentu dihubungkan oleh banyak kabel untuk menyalurkan daya listrik. Hal tersebut harus dilakukan dengan sempurna supaya dapat besinergi dan menghasilkan suara yang berkualitas.

Kabel audio jangan sampai ada yang terkelupas. Jika ada, maka terpaksa harus dipotong atau diganti. Solasi ujung potongan dengan rapi supaya tidak terjadi arus pendek. Susun secara rapi, jangan ditumpuk antara satu dengan yang lainnya.

rangkaian kelistrikan audio mobil yang benar
Rangkaian kelistrikan audio mobil yang benar

Sumber Listrik

Sumber listrik untuk audio mobil harus diambil dari kepala aki positif dan negatif. Tambahkan sekering terpisah pada kepala aki jika diperlukan. Sekering tersebut akan berfungsi memutuskan arus listrik bila terjadi konslet. Sistem audio pada mobil anda akan aman saat terjadi arus pendek.

Power Amplifier

Supaya aki tidak mudah tekor, maka untuk menambah kebutuhan listrik dengan adanya sistem audio, anda dapat mengaplikasikan power amplifier. Power amplifier merupakan piranti elektronik yang tidak memerlukan daya konstan.

Sambungkan amplifier dengan kabel speaker dan subwoofer secara tertutup dengan membalutnya dengan solasi yang rapi. Pemakaian jenis kabel harus sesuai dengan daya dan jauhkan kabel signal dan suplay.

Speaker dan Subwoofer

Langkah yang paling efektif untuk meningkatkan kualitas audio di kendaraan adalah dengan menambahkan speaker dan subwoofer. Perangkat ini harus direkatkan ke struktur inti kendaraan dengan erat. Rekatkan ke badan mobil menggunakan double tape atau buatkan dudukan baru.

Speaker serta subwoofer yang dipasangkan secara menempel di body mobil dimaksudkan supaya tidak bergeser saat mobil terjadi kecelakaan. Karena keselamatan merupakan hal yang sangat utama.

Memaksimalkan Audio Mobil

Sistem audio mobil yang berkualitas akan membuat kenyamanan saat mendengarkan musik dalam kabin. Kini sudah tersedia fitur penunjang aktivitas mendengarkan musik saat mengendarai mobil.

Modifikasi audio mobil juga sering dilakukan para pemilik kendaraan untuk kualitas suara yang meningkat. Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit pemilik mobil yang salah kaprah saat memodifikasi audio mobil. Mereka hanya berfokus pada speaker dan subwoofer yang suaranya bagus ketika disetel dalam volume maksimal.

Padahal, audio yang bagus berfokus pada area dashboard, efek ruang hampa akan muncul di daerah bangku depan dan belakang. Dapat dilakukan dengan mengubah sudut posisi dari arah speaker.

Supaya lebih akurat gunakan power amplifier untuk mengatur equalizer dan frekuensi dari masing-masing speaker pada arah pantulan suara.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.