7 Bidang Bisnis Waralaba yang Paling Top dan Untung Besar

7

7 Bidang Bisnis Waralaba yang Paling Top dan Untung Besar – Ada ingin mengenal istilah waralaba? Waralaba adalah hak atas penjualan dari suatu produk tertentu atau jasa tertentu yang sudah ada dan dilakukan oleh seseorang dalam rangka menjalankan bisnis.

Bisnis Waralaba dapat dilakukan oleh siapa saja yang siap berbisnis dan punya kesiapan modal. Pada umumnya, pelaku bisnis waralaba adalah seseorang yang tertarik dengan produk bisnis tertentu yang sudah laris-manis di pasaran. Kemudian setelah mengetahui besarnya omset yang diperoleh sehingga tertarik untuk menjalankan waralaba produk tersebut.

Selain itu, waralaba juga lebih dipilih karena seseorang tidak perlu repot untuk memikirkan konsep bisnis dan menyiapkan segala produk yang hendak dijual. Asal ada modal yang sesuai, maka sudah cukup untuk bisa menjalankan kerjasama bisnis dengan konsep waralaba tersebut. Konsep bisnis waralaba merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang prospektif di jaman sekarang.

Seperti yang kita tahu, bisnis waralaba sudah menjamur di dunia industri perdagangan pada saat ini. Untuk mengetahui apa saja keuntungan dan kekurangan bisnis waralaba, berikut ulasan selengkapnya.

Keuntungan Bisnis Waralaba

Ada beberapa keuntungan bisnis waralaba yang akan anda dapatkan ketika menjalankannya dan keuntungan inilah yang menarik minat para pelaku bisnis waralaba.

  • Manajemen Bisnis Sudah Terbangun

Anda tidak perlu repot membangun bisnis dari awal karena anda sudah bisa langsung menjalankan bisnis yang sudah memiliki reputasi yang baik. Jadi Manjemen bisnis, ide dan juga penamaannya sudah teruji dan siap diimplementasikan pada lokasi baru.

  • Sudah Dikenal Masyarakat atau Tanpa Branding

Anda tidak perlu repot untuk melakukan branding pada produk yang anda jual karena produk waralaba sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas jadi dapat dipasarkan dengan sangan mudah.

  • Manajemen Finansial Mudah

Dengan menggunakan bisnis waralaba, sistem manajemen finansial sudah diatur sedemikian rupa oleh pemilik waralaba utama, sehingga anda tidak perlu pusing untuk membangun bisnis baru.

  • Memiliki Kerjasama Bisnis

Keuntungan bisnis waralaba yang berikutnya adalah anda akan mendapatkan rekan bisnis lebih mudah, karena pihak pewaralaba biasanya sudah memiliki kerjasama dengan pemasok bahan baku, ikaln dan pemasaran.

  • Dukungan dan Keamanan Lebih Kuat

Anda akan didukung penuh oleh pihak pewaralaba, biasanya pihaknya akan memberikan pelatihan khusus mengenai finansial, pemasaran, periklanan dan yang lainnya untuk mendukung anda.

Kekurangan Bisnis Waralaba

Selain memiliki beberapa keuntungan, namun ternyata bisnis waralaba juga memiliki beberapa kekurangan yakni sebagai berikut.

  • Kurang Kendali

Kekurangan bisnis waralaba yang pertama adalah kurangnya kendali bagi pembeli  waralaba terhadap bisnisnya sendiri. Hal ini karena semua sistem sudah ditentukan oleh pemilik waralaba yang mengaturnya.

  • Sangat Terikat dengan Supplier

Supplier biasanya juga sudah ditentukan oleh pemilik waralaba, jadi anda tidak bisa pergi ke supplier yang lainnya untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Ketergantungan pada Reputasi Waralaba

Ketergantungan pada reputasi dari waralaba merupakan salah satu kekurangan terbesar bisnis tersebut. Misalnya saja jika salah satu warala yang lainnya melakukan kesalahan maka hal tersebut juga akan berakibat pada rusaknya reputasi waralaba anda juga.

  • Biaya Waralaba

Untuk bisa menjalankan bisnis waralaba, anda akan dikenakan biaya awal untuk membeli perjanjian waralaba.

  • Pemotongan Keuntungan Waralaba

Sebagai pembeli waralaba, anda juga akan membayar royalty dari sejumlah keuntungan yang didapatkan.

Bisnis Waralaba yang Banyak Diminati Para Pemula

Bagi pemula, jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis seperti waralaba, maka lebih baik mengetahui terlebih dahulu waralaba apa saja yang sedang diminati oleh kalangan pemula. Mari kita simak beberapa contoh waralaba berikut ini.

Bisnis Waralaba di Bidang Kuliner

Berbicara mengenai bisnis waralaba di bidang kuliner, maka akan dibahas dua jenis, yaitu makanan dan minuman.

  • Waralaba Makanan

Waralaba di bidang makanan yang paling banyak diminati oleh pemula tentu tidak lain adalah ayam goreng crispy, mie ayam, bubur ayam, dan bakmi. Jenis-jenis waralaba di bidang makanan tersebut paling banyak diminati oleh pemula.

Mereka menangkap peluang besar dalam bidang makanan tersebut. Ayam goreng crispy, jenis makanan satu ini adalah favorit hampir semua kalangan masyarakat. Selain itu, harga yang terjangkau membuat anak-anak kos pun lebih memilih untuk membeli ayam goreng crispy plus nasi untuk mengisi perut mereka yang keroncongan.

Mie ayam, jenis makanan satu ini selalu tidak luput untuk dijadikan menu jajanan ketika jalan-jalan atau makan siang. Kebanyakan orang-orang tertarik dengan olahan mie dan ayam. Sehingga bagi pelaku bisnis waralaba yang masih pemula, merasa bisnis bidang waralaba mie ayam mampu meraup omset yang tinggi. Bubur ayam, makanan ini selalu hadir untuk mengisi perut saat pagi hari.

Menu sarapan anak kos yang murah-meriah dan mengenyangkan, membuat pelaku bisnis seperti waralaba dapat memperoleh omset per bulan yang menggiurkan. Tidak ketinggalan dengan bakmi, entah itu bakmi goreng, bakmi Magelangan, atau bakmi “godog” istilah bakmi kuah. Menu makan malam yang terjangkau dan mengenyangkan seperti sayang jika tidak menjalankan bisnis ini.

  • Bisnis Waralaba Minuman.

Waralaba di bidang minuman yang paling banyak diminati adalah milkshake, es krim, jus buah, dan es buah.

Baca Juga : Inspirasi Peluang Bisnis Makanan yang Lagi Trend di Indonesia

Bisnis Waralaba di Bidang Laundry

Bisnis di bidang laundry sebenarnya meskipun dengan atau tanpa waralaba sepertinya akan tetap berjalan dengan baik. Pasti akan ada orang yang datang untuk menggunakan jasa laundry Anda, namun menjadi berbeda jika Anda memilih satu nama waralaba laundry yang sudah sangat dikenal.

Kebanyakan orang akan lebih tertarik mempercayakan jasa tertentu yang telah memiliki nama besar. Hanya dari nama saja, orang akan berbondong-bondong untuk melaundrykan pakaian mereka di tempat Anda.

Bisnis Waralaba di Bidang Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan ternyata dapat menjadi bagian dari bisnis waralaba. Para pelaku bisnis pemula melihat bahwa menjalankan bisnis di bidang ilmu pengetahuan ternyata menarik. Seperti memilih salah satu nama terkenal dari tempat bimbingan belajar yang ada. Saat ini, bimbingan belajar masih diminati oleh para orang tua. Mereka masih menaruh harapan besar kepada tempat bimbingan belajar yang sudah memiliki nama agar dapat mendidik anak mereka menjadi lebih cerdas.

Kemudian, Anda juga pasti tahu dengan tempat penitipan anak. Bisnis tersebut ternyata juga hadir dalam bentuk waralaba dan diminati oleh pemula. Jika Anda senang dengan dunia anak dan senang mengajak anak-anak bermain, maka tidak ada salahnya untuk memilih bisnis satu ini. Ada lagi waralaba di bidang ilmu pengetahuan seperti kursus. Para pemula bisnis juga banyak memintai bidang bisnis kursus. Seperti kursus musik, kursus komputer, kursus bahasa Inggris, dan lainnya.

Bisnis Waralaba Retail Minimarket

Meskipun untuk menjalankan waralaba satu ini perlu modal yang besar, fakta di lapangan, bisnis ini berjalan. Sedikit demi sedikit para pemula di bidang bisnis tertarik untuk waralaba retail minimarket.

Menjalankan bisnis retail minimarket yang buka selama dua puluh empat jam memang tidak dapat dipungkiri menjadi bidang bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika Anda telah memiliki lokasi sstartegis untuk bisnis dari waralaba retil minimarket.

Bisnis Waralaba di Bidang Jasa Kurir

Semakin maraknya bisnis toko online membuat pemula banyak meminati bidang jasa kurir sebagai pilihan waralaba. Jasa kurir yang dimaksud lebih kepada jasa untuk pengiriman barang, dimana Anda bisa membuka agen perusahaan kurir tersebut. Anda tentu sudah tahu jasa kurir apa saja yang terkenal hingga saat ini, seperti : JNE, TIKI, Wahana, J&T, NinjaExpress, dll, dimana rata-rata perusahaan kurir membuka kesempatan untuk bergabung agen2 jasa kurir.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis rumahan dalam bentuk bisnis waralaba, maka tidak ada salahnya untuk memilih di bidang jasa kurir ini. Sehingga orang-orang di sekitar rumah Anda yang dulunya harus jauh-jauh mencari agen jasa kurir, kini dapat memanfaatkan waralaba dari bidang bisnis jasa kurir yang Anda jalankan.

Bisnis Waralaba di Bidang Apotek

Untuk bisnis waralaba satu ini memang tidak dapat sembarangan dilakukan oleh semua orang. Perlu pelaku bisnis yang setidaknya paham dengan bisnis Farmasi. Namun kenyataannya banyak pemula yang juga melirik waralaba di bidang apotek ini, karena potensi pasar yang sangat besar. Apalagi jika di daerah Anda masih tergolong sulit untuk menemukan apotek.

Ketika Anda mendirikan bisnis apotek, tentu akan sangat menolong mereka yang memerlukan obat, sehingga bisnis apotek ini masih memiliki nilai sosial dan kepedulian terhadap masyarakat sekitarnya. Well menarik bukan? Memiliki bisnis yang tidak semata untuk keuntungan saja, tetapi juga bisa membantu orang yang membutuhkan.

Bisnis Waralaba di Bidang Jual-Beli Tiket Pesawat

Para pelaku bisnis pemula juga banyak meminati bidang jual-beli tiket pesawat. Mereka menganggap bahwa dengan menjalankan waralaba satu ini, maka untung yang diperoleh besar. Alasannya tidak lain karena saat ini semakin banyak orang yang lebih tertarik untuk melancong ke luar negeri, dan juga harga tiket pesawat yang semakin murah, membuat semakin banyak orang yang mencari jasa jual-beli tiket pesawat.

Dengan menyediakan jasa jual-beli tiket pesawat, maka Anda dapat menargetkan harga tinggi ketika memasuki libur panjang. Hal ini dapat menjadi peluang bagus untuk memaksimalkan keuntungan bagi para pelaku bisnis waralaba bidang jual-beli tiket pesawat.

Pertimbangan Penting untuk Bisnis Waralaba

Semoga ketujuh bidang waralaba yang sudah disebutkan di atas dapat menjadi rekomendasi bisnis bagi Anda. Tentunya dalam memilih waralaba mana yang tepat bagi anda, ada beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan anda.

1) Target pasar yang luas

Pilihlah Waralaba yang banyak diminati karena target pasar yang luas dan omset yang diperoleh terbilang menjanjikan. Dengan peluang pasar luas dan kebutuhan pasar yang tinggi, maka prospek bisnis waralaba anda sangat baik untuk kedepannya.

2) Sesuai dengan Minta Anda

Bagi Anda yang memang tertarik untuk bisnis dengan mengusung konsep waralaba, ada baiknya memilih jenis waralaba yang paling sesuai dengan minat, hobby atau kemampuan Anda.

3) Kerjasama yang menguntungkan

Selain itu, meskipun waralaba yang hendak Anda pilih telah memiliki nama, pastikan pula bahwa ketika bekerja sama, Anda dan pihak pemberi waralaba dapat bekerja sama dengan baik. Sehingga ke depan Anda tidak akan merasa kesulitan ketika harus berdiskusi mengenai perkembangan dari bisnis dengan konsep waralaba.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Demikian artikel bisnis waralaba yang dapat saya share, mudah-mudah diantara ke-7 bidang bisnis waralaba tersebut diatas, ada satu diantaranya yang dapat anda coba dan berhasil untuk anda.

Sekali lagi perlu diperhatikan bahwa ketika Anda ingin menentukan pilihan jenis bisnis maka pilihlah berdasarkan hoby atau kesukaan anda, kerjakan dengan penuh keyakinan dan antusias, serta jangan lupa terus belajar untuk ilmu bisnis anda, dengan demikian bisnis anda cepat berkembang dengan baik.

Jika anda ingin menanggapi artikel ini jangan ragu untuk bekomentar pada kolom yang tersedia dibawah ini, dan saya akan berusaha merespon segala pertanyaan ataupun saran dan kritik dari anda, terima kasih.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.