Analisa Bisnis Lapangan Futsal dan Perhitungan Biayanya

A

Dikenal sebagai salah satu jenis bisnis menguntungkan, tidak heran jika sampai saat ini semakin banyak saja orang yang mencoba menggeluti jenis bisnis lapangan futsal. Kabar baiknya, untuk memulai bisnis lapangan futsal ternyata bukanlah hal yang sulit. Bagaimana, yakin masih belum berminat untuk berbisnis lapangan futsal?

Analisa bisnis lapangan futsal dan perhitungan biayanya penting untuk Anda ketahui sebelum akhirnya Anda benar – benar terjun ke bisnis tersebut. Menjalankan bisnis lapangan futsal memang kedengarannya sangat sederhana sekali. Bahkan hadirnya peluang bisnis di bidang olahraga tersebut ternyata sangat membantu masyarakat yang ingin bermain futsal. Jika dulu tersedia banyak lahan terbuka untuk lapangan bola, tetapi ternyata saat ini sudah mulai berkurang jumlahnya. Sebab, sebagian besar penggunaan lahan terbuka ini sudah beralih sebagai lahan bangunan atau ruang terbuka hijau.

Analisa Bisnis Lapangan Futsal dan Perhitungan Biayanya

Bisnis lapangan futsal juga disebut sebagai bisnis modern ala healthy lifestyle. Modal bisnis yang perlu disiapkan terbilang besar dan sebagian modal akan dipergunakan untuk pembelian lahan, pembangunan konstrukti lapangan futsal yang memadai, dan pembelian berbagai perlengkapan olahraga futsal. Adapun perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sewa lapangan futsal sebagai berikut.

Apabila Anda akan membuat lapangan futsal standar dengan ukuran 16 x 26 m. Maka didapatkan biaya pembangunan sebesar Rp 140 juta, biaya konstruksi tiang baja juga atap Rp 140 juta, dan biaya untuk membeli serta memasang rumput, jaring, maupun instalasi lampu sebesar Rp 100 juta. Maka totalnya Rp 380 juta.

Jadi modal awal bisnis lapangan futsal yang harus Anda siapkan kurang lebih sebesar Rp 380 juta, dengan syarat lahan sudah tersedia. Modal yang dibutuhkan tentunya akan lebih besar lagi jika Anda tidak memiliki lahan untuk memulai bisnis satu ini. Lalu untuk langkah selanjutnya adalah melakukan perhitungan perkiraan pemasukan bisnis futsal. Dengan begitu Anda akan tahu berapa lamanya modal yang sudah Anda gelontorkan untuk memulai bisnis tersebut bisa balik.

Jika diasumsikan biaya sewa lapangan futsal sebesar Rp 90 ribu per jam dan lapangan futsal tersebut buka 10 jam setiap harinya, maka total pemasukkan yang bisa didapatkan per hari Rp 90 ribu x 10 jam x 30 hari = Rp 27.000.000.

Lalu untuk pemasukan dalam satu bulan dari parkir, kantin, dan usaha merchandise sebesar Rp 4 juta. Sehingga total keseluruhan pemasukan dalam satu bulan yang bisa didapatkan Rp 31.000.000.

Untuk biaya pengeluarannya sendiri diantaranya sebagai berikut.

•    Gajih karyawan 3 orang Rp 1.2 juta = Rp 3.6 juta

•    Biaya listrik 2.200 watt Rp 1.4 juta

•    Fasilitas televisi dan koneksi internet atau WiFi Rp 900 ribu

•    Total Rp 5.900.000

Jadi untuk total pemasukan bersih yang didapatkan untuk satu lapangan futsal saja adalah Rp 31.000.000 – Rp 5.900.000 = Rp 25.100.000 per bulan. Sehingga modal akan balik dalam waktu kurang lebih 14 bulan. Setelah lewat 14 bulan, maka Anda bisa mendapatkan pendapatan bersih Rp 25.100.000 juta per bulannya.

Tips Bisnis Lapangan Futsal Bagi Pemula

Menjaga kualitas layanan

Tips bisnis lapangan futsal bagi pemula yang pertama adalah dengan menjaga kualitas layanan yang diberikan. Dalam hal ini Anda sebagai pelaku bisnis harus memastikan kondisi lapangan futsal selalu dalam keadaan baik, toilet yang bersih, ruang ganti bersih, parkir aman, mendapat dukungan sarana hiburan, dan lain – lain.

Memberikan tarif sewa lapangan futsal yang terjangkau

Setiap pelaku bisnis pastinya ingin mendapatkan keuntungan sebesar – besarnya, tapi jangan lantas hal demikian membuat Anda memberikan tarif sewa lapangan futsal dengan harga terlalu tinggi. Sebaiknya Anda berikan tarif sewa dengan harga terjangkau asal tidak membuat Anda merugi. Misalnya saja dengan memberikan harga sewa lapangan futsal di pagi dan siang hari lebih murah, namun di sore dan malam hari ada harga yang lebih mahal untuk penyewaan lapangan futsal.

Menawarkan program membership

Program satu ini juga bisa Anda jadikan andalan agar pengunjung selalu datang. Berilah fasilitas khusus bagi membership, seperti harga sewa lapangan futsal yang lebih murah, mendapat jam – jam prime time, bebas parkir, atau yang lainnya.

Menyediakan perlengkapan pendukung

Jangan lupa juga untuk menyediakan perlengkapan futsal yang mendukung, seperti sepatu, jersey, kaos kaki, dan lain – lain. Penyediaan perlengkapan tersebut bisa dikenakan tarif harga spesial atau bisa pula Anda gratiskan khusus bagi mereka yang memiliki membership.

Menggelar kompetisi secara berkala

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mengadakan kompetisi secara berkala agar tidak terlalu monoton dan membosankan. Kompetisi yang seperti ini tentu saja juga bisa dijadikan sebagai strategi market di bisnis lapangan futsal. Mereka pastinya akan lebih semangat untuk datang ke tempat penyewaan lapangan futsal milik Anda.

Mengajukan kerjasama dengan pihak lain

Dalam bisnis lapangan futsal, lokasi berbisnis merupakan ruang publik yang cukup menarik sekali untuk dijadikan sebagai tempat sponsor untuk memasarkan produk mereka. Makanya tidak ada salahnya juga untuk menyewakan bagian dinding di lapangan futsal yang Anda miliki tersebut sebagai tempat promosi produk sponsor. Langkah demikain tentu saja akan menjadi sumber pendapatan lain diluar penyewaan lapangan futsal.

Menu di kantin yang menggugah

Tersedianya kantin di area lapangan futsal yang Anda miliki pastinya menjadi nilai plus tersendiri. Bisa saja mereka yang datang tidak semata – mata untuk olahraga, tetapi sekadar ingin mencicipi makanan yang ada di kantinnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang analisis bisnis lapangan futsal dan perhitungan biayanya. Semoga bermanfaat.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.