Arti Endorse Instagram dan Pengaruhnya dalam Penjualan Online

A

Arti Endorse Instagram dan Pengaruhnya dalam Penjualan Online – Saat ini pasti anda sering mendengar kata Endorse, sebab banyak sekarang para artis bahkan sampai teman-teman anda sering mengucapkan kata tersebut, bahkan hingga menjadi bahan bergurau. Anda pasti awalnya bingung juga apa itu endorse?

Perlu anda ketahui sebelumnya, endorse ini memiliki arti sendiri dalam hal arti kata. Sebelum tenar di media social, endorse sebenarnya sudah umum di gunakan di dalam asuransi. Namun dalam artikel ini hanya akan dijelaskan, apa itu endorse dalam media social seperti Instagram?

Berikut ini adalah penjelasan tentang endorse itu sendiri, terutama dalam hal pemasaran online.

 

Pengertian Endore dalam Penjualan Online

Dalam istilah yang ada pada bisnis online, endorse memiliki arti yaitu sebuah dukungan yang di berikan oleh seseorang atau kelompok yang memiliki akun aktif di media social dan memiliki pengaruh dari kehadirannya dalam media social tersebut, terhadap suatu produk atau jasa yang memiliki lapak di media social itu juga dengan memberi seseorang tersebut sejumlah imbalan yang sesuai dengan kesepakatan mereka bersama, yaitu penjual dan talent endorse.

Seseorang atau kelompok yang dimaksud di atas adalah seperti public figure, baik selebritis yang sudah memiliki nama secara nyata di mana-mana ataupun selebritis yang tenar dari media social, atau yang sering kita dengar sebagai selebgram.hal ini dimaksudkan sebab, apabila kita menjual produk atau jasa dan di endorse oleh para selebritis yang memiliki follower dan fans banyak, maka hal itu akan berpengaruh besar pada pendapatan yang akan kita dapatkan dari usaha strategi pemasaran kita.

Produk atau jasa kita akan laris manis terjual sebab sudah di serbu oleh para followers dan fans berat dari artis tersebut. Sehingga saat ini banyak para pemilik toko online rela mengeluarkan biaya yang cukup besar demi menaikkan pamor online shop-nya untud di endorse oleh para selebritis tersebut, karena mereka piker ini memang cara cepat memasarkan produk mereka.

 

Endorse Tidak Hanya Bisa Dilakukan Oleh Artis saja

Tidak hanya kalangan artis ibukota saja yang dapat melakukan endorse dan mendapatkan keuntungan dari jasa promosi mereka, namun semua orang yang sudah memiliki akun yang cukup terkenal, memiliki banyak follower dan sering mendapatkan like yang banyak dari foto atau video yang mereka upload.

Apabila mereka memiliki akun dengan jumlah follower banyak dan memiliki interaksi follower yang tinggi seperti like dan komentar dari foto atau video yang mereka posting, maka dengan mudah saja mereka akan menjadi endorsement yang menguntungkan walaupun mereka bukan dari kalangan artis.

Misalnya dari Instagram, jika seseorang yang terkenal di Instagram dan memiliki follower aktif yang banyak walaupun dia bukan dari kalangan selebritis ibu kota, dia bisa saja disebut dengan sebutan selebgram.

 

Pengaruh Endorse dalam Peningkatan Penjualan Online

Dalam hal mempromosikan sebuah produk dagangan online lewat sosial media seperti Instagram, kini semakin gencar dengan adanya sistem endorse. Bagi mereka yang menjadi public figure atau orang yang memiliki jumlah follower buerjumlah ribuan atau bahkan jutaan, bisa melakukan endorse. Hal ini dikarenakan jumlah follower yang begitu sangat menentukan. Sebab menurut para pebisnis online, semakin banyak barang follower maka semakin banyak pula nantinya produk anda di lihat dari follower para endorsement. Ujung-ujungnya nanti juga pasti semakin banyak peluang produk terjual dengan jumlah besar.

Dari situlah terjadi suatu hubungan timbal balik antara penjual yang menjual barangnya untuk di endorse oleh pengendorse, si pengendorse itu sendiri, dan juga pembeli yang akan datang ke lapak kita. Karena biasanya, seorang artis atau selebgram yang menjadi model endorse dari produk kita mematok tarif untuk sekali endorse atau sesuai dengan kesepakatan bersama. Setiap model untuk sekali endorse itu memasang tariff endorse yang berbeda-beda pula, sebab setiap pengendorse memiliki karakter dan cara masing-masing untuk mengendorse, selain itu juga masih tetap sama, follower juga dapat menentukan harga endorse.

Ada yang memasang tariff ratusan ribu, hingga sampai jutaan rupiah, sesuai dengan tariff yang diminta pengendorse tersebut. Maka dari itu, jika anda ingin menggunakan jasa endorsement tersebut, sebelumnya anda harus sudah melakukan pembicaraan atau negosiasi dahulu dengan pengendorse mengenai system endorsement mereka untuk melakukan endorse. Seperti bagaimana kinerja endorse mereka, dan berapa tariff yang mereka pasang untuk sekali endorse.

Lalu, apakah endorse ini memiliki pengaruh terhadap tingkat penjualan barang dagangan kita?

Untuk hasil sejauh ini, endorse sudah pasti memiliki pengaruh yang sangat besar dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Karena endorse kebanyakan dilakukan oleh para selebritis, maka disinilah adanya peningkatan penjualan tersebut. Sebab di Indonesia, mayoritas penduduknya memiliki sifat atau watak yang suka menggunakan barang-barang yang juga digunakan oleh idola mereka.

Namun di samping itu semua, kesuksesan endorsement dalam mengendorse sebuah produk, juga tidak lepas dengan bagaimana sang talent merayu followersnya untuk membeli produk yang mereka endorse. Terkenalnya seorang figure tersebut juga tidak dapat menjamin dapat memberikan peluang dalam menjaring konsumen untuk membeli produk kita yang diendorse olehnya, jika talent tersebut tidak ahli dalam merayu followersnya.

 

Endorse Instagram

Sebuah media sosial yang mempopulerkan strategi promosi dengan cara endorse ini salah satunya adalah Instagram. Sebab, pada dasarnya Instagram sendiri merupakan sebuah media sosial yang isinya memuat konten utama berupa foto-foto dan video, yang mana didalamnya terdapat kolom keterangan atau yang biasa disebut caption dari foto atau video yang dimuatnya. Jadi caption tersebutlah yang nantinya menjadi deskripsi dari endorse untuk mempromosikan produk yang di endorse tersebut. Maka selanjutnya, dengan melakukan endorse, langsung saja produk tersebut akan menjadi rebutan.

Dari itu semua, maka selanjutnya produk yang sering dipromosikan dengan sistem endorse pada umumnya selalu bisa menjaring pembeli dengan sukses. Mereka yang menggunakan jasa endorse untuk mempromosikan barang dagangannya akan memiliki akun dagang di Instagram dengan banyak followers sehingga produk yang saat itu di endorse lebih tertarget lagi untuk sasaran pasarnya. Banyak produk yang kini laku keras sesuai dengan apa target pasar para pebisnis online. Di mulai dari bisnis pakaian, bisnis sepatu, bisnis produk kecantikan atau kosmetik, bisnis tas, bisnis keperluan rumah tangga, bahkan sampai bisnis kuliner banyak yang dipromosikan dengan endorse.

Namun, dalam hal memilih artis untuk menjadi model endorse dari produk kita demi meningkatkan nilai penjualan, maka kita juga harus bisa memilih artis mana yang sesuai untuk memakai produk kita. Anda harus teliti dalam memilih. Jangan sampai asal memilih pengendorse saja yang suka menawarkan harga murah tapi memiliki jumlah follower yang kurang menguntungan bisnis kita, tetapi pilihlah artis yang memiliki follower aktif yang suka memberikan like dan komentar di akun Instagram artis tersebut.

Selain itu, juga penting bagi anda untuk menyesuaikan figure dengan target pasar produk anda sendiri yang akan dipromosikan. Maksudnya yaitu, jika kita menjual produk khusus untuk bayi dan ibu hamil, tidak mungkin bukan jika kita memilih artis yang sebenarnya belum menikah. Itulah sebabnya, penting bagi anda memilih-milih model endorse yang akan anda gunakan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

 

Itulah penjelasan dari arti endorse dan pengaruhnya dalam penjualan online, terutama di media sosial seperti Instagram yang mempopulerkan system endorse itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih.

About the author

Autobild

2 Comments

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.