Bisnis di Internet Bagi Mahasiswa yang Menjanjikan

B

Bisnis di Internet Bagi Mahasiswa yang Menjanjikan – Sebagai seorang mahasiswa pasti anda diharuskan untuk lebih kreatif dalam menjalani hidup supaya lebih mandiri dan tidak terus menerus bergantung pada orang tua. Dalam hal usia, seorang mahasiswa itu sudah dapat digolongkan sebagai orang dewasa yang sanggup untuk bekerja. Namun mahasiswa juga dituntut untuk dapat menimba ilmu agar menyelesaikan studi mereka sendiri.

Kebutuhan kuliah yang terus meningkat, apalagi jika anda mahasiswa perantauan, pasti juga harus bisa memenuhi kebutuhan hidup anda ditempat rantau. Sampai-sampai uang saku dari orang tua pun tidak cukup memenuhi kebutuhan anda. Maka dari itu, dengan kemampuan anda sebagai mahasiswa yang kreatif, anda bisa membuat usah sampingan yang dapat memberikan penghasilan tambahan untuk anda.

Sebuah bisnis bagi mahasiswa bukan hanya untuk menambah uang saku saja, namun juga bisa menjadi modal dan pengalaman dalam hidup yang dapat membantu mahasiswa setelah mereka lulus dari perguruan tinggi. Anda sebagai mahasiswa, dengan memiliki sebuah bisnis, maka selama masih kuliah tidak akan bingung dengan tuntutan kebutuhan kuliah dan juga setelah lulus kuliah anda tidak akan bingung dalam hal mencari pekerjaan, karena anda sendiri sudah memiliki usaha yang menjanjikan.

Bisnis atau usaha yang cocok bagi mahasiswa yang masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah bisnis di internet, atau biasanya disebut dengan bisnis online.  Bisnis yang tidak membutuhkan modal besar namun memberikan keuntungan yang menjanjikan. Hanya membutuhkan keterampilan mahasiswa dan menekuninya agar usaha yang dijalankan tersebut dapat membuahkan hasil.

Banyak saat ini bermunculan ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan. Sebab banyak pula sekarang mahasiswa yang sudah bisa menjadi wirausaha sambil kuliah. Berikut ini adalah ulasan tentang berbagai contoh bisnis kreatif mahasiswa secara online.

Jasa Penulisan Artikel

Saat ini sudah banyak sekali website yang memerlukan seorang atau sekelompok penulis artikel untuk mengisi website mereka. Mungkin anda dapat melamar di salah satu website untuk menjadi salah satu dari yang mereka butuhkan.

Bisnis yang satu ini sangat cocok dan menjadi salah satu rekomendasi untuk anda yang memiliki bakat dalam hal menulis. Anda hanya membutuhkan sekitar 3 sampai 4 jam untuk menulis beberapa artikel. Selanjutnya, anda dapat membuka jasa penulisan artikel lalu menjualnya kepada orang lain yang memiliki website atau blom yang membutuhkan artikel untuk mengisi website mereka tersebut. Sebab artikel yang anda tulis tersebut akan di pasang pada website atau blog mereka.

Anda bisa mempromosikan layanan jasa artikel tersebut di Facebook, Twitter, Instagram, sampai website jasa penulisan artikel anda sendiri. Dan untuk menentukan harganya, anda cukup mematok harga yang variatif tergantung dari bobot isi dari artikel, bahasa sampai panjang kata yang anda tulis.

Tips untuk menulis artikel yang baik itu sendiri hanya satu, yaitu anda harus sering-sering membaca artikel lain dari beberapa literature yang sudah ada.

Berjualan Online atau Menjadi Dropship

Sama-sama berkecimpung di dunia bisnis online, namun berjualan dengan menjadi dropship ini memiliki perbedaan dalam kepemilikkan barang dagangan. Jika anda menjalankan sistem dropship, maka anda hanya memasarkan barang dagangan toko online orang lain secara langsung maupun secara online juga. Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan produk yang sudah anda pasarkan tersebut. Jadi disini anda hanya menjadi penghubung antara penjual dan pembeli.

Sedangkan jika anda menjadi penjual toko onlinenya, anda bisa membeli barang apapun yang sekiranya akan anda jual dan memiliki prospek profit kedepannya. Tentunya anda harus memiliki modal yang cukup untuk membeli barang dagangan. Namun bila anda tidak memiliki cukup dana, maka anda bisa menjadi seorang dropshipper seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Baca Juga : Tips Menjalankan Bisnis Dropship Hingga Mampu Menjadi Distributor

Jasa Pembuatan Website

Pada jaman now yang serba digital saat ini, anda sebagai mahasiswa dituntut kreatif dan tidak ketinggalan jaman, pastinya anda mengetahui apa itu website. Saat ini banyak orang yang sudah memiliki website pribadi untuk meraup pundi-pundi rupiah, namun ada beberapa orang yang tidak bisa membuat website sendiri. Anda dapat menjadi salah satu penyedia layanan yang mereka butuhkan tersebut dengan mempromosikan jasa pembuatan website. Untuk pembuatan website yang berbayar ataupun tidak, dapat anda tawarkan pada saat anda promosikan.

Namun disamping itu semua, anda harus benar-benar mengetahui dan memahami tentang jasa pembuatan website yang anda tawarkan.

Jasa Pembuatan Desain

Selanjutnya ada bisnis jasa pembuatan desain yang dapat anda promosikan melalui media social yang saat ini semua orang memakainya. Banyak orang yang saat ini membutuhkan jasa pembuatan desain, misalnya untuk desain undangan pernikahan, kaos, seragam, bahkan desain backdrop atau desain brosur sebuah event. Anda bisa mengambil peluang tersebut, mengingat anda adalah seorang mahasiswa yang kreatif. Namun tetap pastikan anda sudah menguasai keterampilan desain yang cukup bagus.

Anda dapat menampilkan beberapa contoh desain yang sudah anda buat. Berikan beberapa pilihan desain sebab sekarang ini para penikmat desain sangat beraneka ragam. Anda bisa saja memenuhi keinginan banyak orang tentang desain yang mereka butuhkan dengan desain anda yang sudah anda posting tersebut.

Hanya saja, demi menjalankan bisnis ini dengan baik, anda harus lebih pandai lagi untuk mengatur waktu, antara kuliah dan berbisnis. Sebab mendesain itu bisa cepat dan bisa saja membutuhkan waktu yang lama, sesuai dengan munculnya ide yang ada di kepala anda.

Saran untuk anda, apabila sudah mendapatkan pesanan desain, sebaiknya segera anda kerjakan agar tidak mepet waktu deadlinenya. Selain itu, anda dapat memberikan hasil yang lebih maksimal jika anda mengerjakannya tanpa terburu-buru. Dan tentunya hasil yang didapatkan selain desain yang bagus, juga kepuasan pelanggan yang menjadi poin penting untuk anda.

Menjadi Penayang Iklan (Ads Publisher)

Dewasa ini semakin banyak orang yang menggunakan media internet untuk membuat bisnis seperti toko online, dimana mereka mempromosikan produknya secara online dengan cara beriklan di internet. Melihat kondisi tersebut, anda bisa memanfaatkan situasi emas ini dengan menjadi penayang iklan dari toko online tersebut.

Syarat yang perlu anda penuhi adalah, anda harus memiliki akun media social yang ramai pengunjung atau pengikut anda. Seperti halnya blog yang ramai akan pengunjungnya, instagram yang memiliki banyak followers, sampai Youtube yang punya banyak subscribers. Maka dari itu, anda juga harus dituntut kreatif pula untuk mengisi akun media social yang anda kelola.

Anda mungkin juga dapat bekerja sama dengan program periklanan dan menjadi publisher besar yang terkenal seperti : Google Adsense. Google Adsense sendiri adalah sebuah program periklanan berbasis PPC yang terbaik di dunia saat ini. Selain Google Adsense masih banyak lagi perusahaan publisher kelas dunia yang juga bisa jadi alternatif, seperti : Chitika, Adnow, Revenue Hits, Infolinks, dll.

Jasa Pembuatan Aplikasi untuk Android

Saat ini semua orang yang ada di dunia pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya smartphone. Berbagai usia mulai dari anak-anak sampai orang tua pasti menggunakan smartphone. Di dalam smartphone tersebut, pasti membutuhkan berbagai macam aplikasi dari google play mulai dari game, aplikasi musik, aplikasi media social, dan lain sebagainya. Kebutuhan akan pembuatan aplikasi Android saat ini sangat besar, bahkan saat ini, banyak sekali bisnis online sampai website besar yang berkembang mulai membuat aplikasi android demi memudahkan konsumen atau pembaca mengakses lapak online mereka.

Maka dari itu, ini adalah peluang usaha besar untuk mahasiswa yang pandai dalam pembuatan aplikasi android, Anda patut mencoba bisnis yang satu ini. Pendapatan yang besar mungkin bisa anda dapatkan mengingat harga jasa pembuatan aplikasi Android terbilang cukup mahal di saat ini.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Itulah beberapa peluang usaha yang dapat dijalankan oleh mahasiswa tanpa mengganggu jam belajar mereka. Semoga ulasan ini dapat membantu anda dalam memilih bisnis mana yang akan anda jalankan. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisnis yang anda jalankan lancar.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.