Peluang Bisnis Warung Kopi Free WiFi serta Modalnya

P

Tahu nggak sih kalau ternyata bisnis warung kopi bukan jenis bisnis kaleng – kaleng, lho. Kenapa? Karena saat ini geliat bisnis warung kopi, terutama di Indonesia sudah mulai menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan sekali. Bahkan peluang bisnis warung kopi digadang – gadang sebagai salah satu jenis bisnis paling menguntungkan dan pas sekali dijalankan di 2019. Apalagi jika Anda melengkapinya dengan jaringan internet gratis, dengan begitu pelangganmu akan semakin betah untuk ngopi di tempat Anda tersebut. Bahkan bukan tidak mungkin mereka akan datang di esok hari dan seterusnya.

Terbukti saat ini sudah semakin banyak saja warung kopi, mulai dari warung dengan kopi sachet hingga kopi mahal buatan barista sekalipun. Kabar baiknya, sekarang budaya minum kopi di kalangan anak muda semakin menarik, apalagi saat pebisnis warung kopi tersebut juga bermain di Instagram untuk memperkenalkan produk kopinya dengan berbagai foto yang catchy. Sebuah tempat nongkrong yang asyik dan minuman yang begitu nikmat, tentu saja siapa yang mau menolaknya?

Peluang Bisnis Warung Kopi Free WiFi

Mengedepankan misi

Pada saat Anda memutuskan untuk mencoba memulai bisnis warung kopi free WiFi, maka sebagai langkah awal yang harus Anda lakukan adalah selalu mengedepankan misi yang Anda miliki. Misalnya sja dengan cara memberikan inspirasi serta menumbuhkan rasa semangat yang tinggi pada suatu waktu, untuk masing – masing orang dengan satu cangkir dan satu lingkungan. Dengan begitu warung kopi Anda akan menjadi tempat pelarian para pecinta kopi yang telah lelah bekerja untuk sejenak bersantai, bertemu teman, maupun berbincang – bincang.

Jangan lupa, tanyakan sesuatu kepada pelangganmu

Tidak ada salahnya untuk memberikan sapaan yang ramah kepada pelanggan, misalnya saja seperti berikut, ‘apa yang Anda cari? Penting untuk Anda tahu bahwa dalam sebuah bisnis mengetahui keinginan para pelanggan merupakan hal penting. Oleh karenanya saat Anda tahu apa yang dicari pelanggan, maka Anda bisa berbuat sesuatu yang bernilai dan mungkin saja sebelumnya belum terpikir untuk kebutuhan pelangganmu.

Kenali dengan baik pelanggan dan karyawanmu

Baik itu pelanggan atau pun karyawan, keduanya merupakan aset penting dalam perusahaan. Oleh karenanya Anda harus sesekali menyapa dan mengajak mereka berbicara, hal ini dimaksudkan agar mereka bisa merasa lebih nyaman dan senang ada di tempat Anda.

Terus berinovasi

Seiring dengan pertumbuhan internet, Anda juga bisa menyediakan layanan WiFi gratis di warung kopimu. Selain itu, jangan lupa juga untuk terus melakukan inovasi – inovasi agar ada sesuatu yang baru dan unik dari tempat kopi Anda.

Menentukan target konsumen

Jangan sampai Anda asal dalam menentukan target konsumen, karena merekalah yang akan mendatangkan keuntungan dalam bisnis warung kopi Anda. Oleh karenanya Anda harus cari tahu terlebih dulu kira – kira target pasar mana yang ingin dibidik. Apa kalangan mahasiswa dengan harga kopi yang terjangkau? Atau, para pekerja kantoran yang biasanya melakukan meeting dengan klien di kafe – kafe? Apabila Anda sudah menentukan target konsumen, barulah Anda bisa menentukan konsep warung kopimu, termasuk halnya untuk menentukan lokasi serta harganya.

Memilih konsep warung kopi yang unik

Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum akhirnya menentukan konsep warung kopi yang akan Anda buka. Sebab, konsep tersebut akan jadi identitas dari warung kopimu. Apabila warung kopi yang Anda miliki tidak ada sesuatu yang unik dan berbeda, maka jangan harap mampu bersaing dengan kompetitor yang jumlahnya sangat banyak sekali.

Mau lihat konsep desain warung kopi yang menarik? Cari inspirasi di Casanesia

Memaksimalkan sosial media

Sosial media saat ini memang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern. Tidak hanya perorangan saja, tetapi instansi maupun perusahaan juga ikut menggunakannya. Bagi bisnis warung kopi, sosial media adalah salah satu media yang wajib dimaksimalkan bukan hanya sekadar menggunakan. Instagram merupakan salah satu sosial media yang ideal untuk memaksimalkan pemasaran bisnis warung kopi Anda. Instagram bahkan diklaim mampu menumbuhkan bisnis juga penjualan.

Perkiraan Modal Bisnis Warung Kopi Free WiFi

Modal awal bisnis warung kopi

•    Instant coffee vending Rp 10 juta

•    Gerabah Rp 650 ribu

•    Televisi Rp 1 juta

•    Proyektor Rp 490 ribu

•    Meja dan kursi Rp 4.9 juta

•    Peralatan lain – lain Rp 500 ribu

•    Total Rp 17.050.000

Biaya tetap bisnis warung kopi

•    Kopi super Rp 900 ribu

•    Gula Rp 500 ribu

•    Kue Rp 45 ribu

•    Cokelat Rp 400 ribu

•    Bahan lain – lain Rp 200 ribu

•    Total Rp 2.045.000

Biaya variabel bisnis warung kopi

•    Listrik Rp 100 ribu

•    Air Rp 70 ribu

•    WiFi Rp 370 ribu

•    Sewa tempat (bila ada) Rp 300 ribu

•    Karyawan @3 orang Rp 1 juta

•    Biaya lain – lain Rp 340 ribu

•    Total Rp 2.180.000

Biaya operasional

Biaya tetap + biaya variabel

Rp 2.045.000 + Rp 2.180.000 = Rp 4.225.000

Total pendapatan dalam satu bulan

40 kopi x 30 hari x Rp 10 ribu = Rp 12.000.000

Menghitung keuntungan dalam satu bulan

Total pendapatan – biaya operasional = laba atau untung

Rp 12.000.000 – Rp 4.225.000 = Rp 7.775.000

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang peluang bisnis warung kopi free WiFi serta modalnya. Semoga bermanfaat.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.