Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

C

Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula – Siapa yang tidak tergiur melihat potensi penghasilan online shop di jaman sekarang? Hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja, seseorang yang memiliki online shop bisa meraup jutaan dan bahkan puluhan juta rupiah per bulannya.

Melihat semakin banyaknya orang yang berhasil menjalankan bisnis jual barang online tersebut, pasti tidak sedikit dari anda yang juga penasaran mengenai bagaimana cara memulai bisnis online shop bukan?

Apakah memulai bisnis online shop itu sulit? Ya, jual barang online itu tidak semudah yang selama ini anda baca atau dengarkan.

Memulai sebuah bisnis online shop itu juga membutuhkan PROSES.

Anda tidak bisa langsung mendapatkan penghasilan jutaan rupiah per bulan setelah beberapa bulan mulai bisnis jual barang online. Namun meskipun tidak mudah, anda juga bisa seperti mereka yang sudah berhasil menjalankan bisnis online shop tersebut.

Namun pastinya anda harus memulai bisnis online shop tersebut dengan benar jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana cara memulai bisnis online shop yang benar itu? Baca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Lihat juga: Toko Online Muslimah Nielshop

Kenapa Memilih Bisnis Dengan Konsep Penjualan Online?

Sebelum lebih jauh membahas mengenai cara memulai bisnis online shop, anda perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa banyak orang yang lebih memilih konsep penjualan online di jaman sekarang dan kenapa anda juga wajib mengikutinya.

Di jaman dulu, tidak banyak orang yang bisa menjual produk. Untuk bisa mulai jualan, anda harus memiliki tempat yang strategis dan juga produk yang akan anda jual.

Jika dilihat, sudah jelas bahwa untuk memulai dagang di jaman dulu itu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun semua itu berubah semenjak hadirnya teknologi internet.

Sekarang, anda bisa dengan mudah jual barang online. Anda tidak lagi membutuhkan modal yang sangat besar seperti di jaman dulu. Selain itu, masih ada lebih banyak keuntungan dari bisnis penjualan online ini.

Beberapa macam keuntungannya adalah seperti:

Anda bisa melayani pembelian 24 jam non stop

Selain karena alasan modal, bisnis jual barang online itu juga sangat menguntungkan karena anda bisa melayani konsumen 24 jam non stop.

Produk yang anda jual secara online tetap bisa dibeli konsumen meskipun anda sedang tidur di malam hari. Karena bisa dikatakan toko anda tidak pernah tutup, seharusnya anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari omset penjualan online bukan?

Sangat berpotensi mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah

Jual barang online itu tidak hanya mengasyikkan karena dagangan anda tetap bisa dibeli meskipun anda sedang tidur. Selain itu, barang yang anda jual secara online juga berpotensi dibeli oleh konsumen di berbagai wilayah.

Jadi konsumen anda tidak hanya dari kota dimana anda tinggal saja. Anda bahkan bisa mendapatkan konsumen dari luar negeri (asalkan produk yang anda jual secara online bukan makanan yang cepat basi).

Anda bisa menjalankan bisnis jual barang online dari mana saja

Anda tidak hanya bisa mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah, anda bahkan juga bisa menjalankan bisnis jual barang online tersebut dari manapun selama ada koneksi internet.

Karena bisa dijalankan dari mana saja, maka tidak heran jika banyak karyawan perusahaan yang juga mulai merintis bisnis penjualan online.

Jadi itulah alasan kenapa semakin banyak orang dan mungkin anda juga salah satunya yang ingin mengetahui cara memulai bisnis online shop.

Produk Apa yang Paling Tepat Untuk Dijual Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis Online Shop?

Oke, anda sudah mengetahui sekilas mengenai kenapa banyak orang yang tergiur untuk mempelajari cara memulai bisnis online shop bukan? Setelah membaca keuntungan dari menjalankan bisnis penjualan online, apakah anda semakin tertarik untuk memulai bisnis tersebut?

Apakah anda sudah bisa mulai jual barang online sekarang? Seperti yang sudah dijelaskan di awal, memulai bisnis online shop itu tidaklah mudah. Sekilas memang anda hanya perlu menawarkan produk-produk tertentu kepada calon konsumen anda.

Namun masalahnya, apakah anda sudah mengetahui produk apa yang akan anda jual? Apakah anda sudah yakin bahwa produk yang anda pilih memang merupakan produk yang laku dijual secara online?

Bukankah semua produk yang tidak melanggar hukum itu bisa dijual dengan sistem penjualan online? Anda memang tidak salah. Memang semua produk bisa dijual secara online, asalkan bukan termasuk produk yang dilarang oleh hokum di Indonesia.

Namun anda perlu mengetahui bahwa tidak semua produk itu termasuk produk online terlaris. Ada produk yang laku dijual secara online, dan ada pula produk yang kurang cocok untuk dijual secara online.

Jadi jika anda ingin mulai jual barang online, hal pertama yang perlu anda pelajari adalah mencari barang yang cepat laku dijual secara online.

Ada banyak sekali cara mencari ide barang yang cepat laku dijual secara online. Salah satu cara paling mudahnya adalah dengan melihat informasi produk yang paling laris di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee.

Jika anda sudah mengetahui dengan pasti mengenai produk apa yang kemungkinan laris manis ketika dijual secara online, anda bisa mulai mempelajari langkah selanjutnya dari cara memulai bisnis online shop yaitu menentukan sistem produk yang anda jual secara online.

Pilih Mana, Dropship, Reseller, atau Sistem Pre Order Saat Awal Memulai Bisnis Online Shop?

Setelah anda mendapatkan ide barang yang cepat laku dijual secara online, hal berikutnya yang perlu anda tentukan adalah sistem produk yang akan anda jual.

Dalam cara memulai bisnis online shop bagi pemula, pemilihan sistem produk yang akan dijual memegang peranan yang sangat penting. Kenapa? Karena dari sistem produk yang anda pilih, anda baru bisa menentukan berapa besar modal yang anda butuhkan untuk mulai jual barang online.

Di dalam penjualan online dikenal 3 sistem produk. Ada sistem produk dropship, reseller, dan juga pre order. Masing-masing sistem produk tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai 3 sistem produk untuk penjualan online tersebut:

1.      Sistem dropship

Sistem dropship adalah sistem penjualan online yang paling banyak digunakan di jaman sekarang. Yang dimaksud dengan sistem dropship ini adalah anda sama sekali tidak memiliki produk yang anda jual. Semua produk yang anda jual berada di tangan supplier.

Jika ada yang membeli produk yang anda promosikan, maka anda hanya perlu membelinya dari supplier dan supplier akan mengirimkan produk tersebut ke alamat pembeli dengan menggunakan nama anda atau toko anda sebagai pengirimnya.

Sekilas memang sistem dropship ini sangat menguntungkan karena anda sama sekali tidak membutuhkan modal untuk stok barang. Selain itu, jual barang online dengan sistem dropship ini juga lebih menarik konsumen karena anda bisa memajang ribuan produk di toko anda.

Namun demikian, sistem dropship ini juga tetap memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan terbesarnya adalah anda sama sekali tidak bisa mengontrol stok dan juga kualitas produk yang anda promosikan kepada calon konsumen.

Baca Juga : Tips Menjalankan Bisnis Dropship Hingga Mampu Menjadi Distributor

Jadi, sukses tidaknya anda dalam memulai bisnis online shop dengan sistem dropship ini tergantung dari supplier yang anda pilih.

2.      Sistem reseller

Reseller adalah sistem penjualan online yang menduduki peringkat kedua sistem yang populer digunakan oleh pelaku penjualan online.

Jika anda menggunakan sistem reseller, maka mau tidak mau anda harus mengeluarkan sedikit dana untuk membeli terlebih dahulu semua produk yang akan anda jual secara online.

Kelebihan dari sistem reseller ini dibandingkan dengan sistem dropship adalah anda bisa mengontrol stok dan juga kualitas produk yang anda jual.

Namun demikian, sistem reseller ini juga memiliki cukup banyak kekurangan, terutama jika digunakan oleh anda yang tergolong pemula dalam penjualan online.

Baca Juga : Tips Menjadi Reseller Baju Import dari Ebay

Beberapa kekurangan dari sistem reseller bagi anda yang baru memulai bisnis online shop adalah anda membutuhkan modal di awal untuk membeli produk yang anda jual. Selain itu, anda juga harus rela mengalami kerugian ketika produk yang anda jual ternyata tidak laku di pasaran.

3.      Sistem pre-order

Selain dropship dan reseller, sebenarnya masih ada satu lagi sistem penjualan online yang disebut dengan pre-order atau lebih dikenal dengan PO.

Sistem penjualan online pre-order ini mirip seperti dropship jika dilihat dari modal yang anda butuhkan. Dengan menggunakan sistem pre-order, anda tidak membutuhkan modal sebesar ketika menggunakan sistem reseller.

Bahkan anda bisa mulai jualan tanpa modal dengan menggunakan sistem pre-order tersebut.

Namun demikian, sistem pre-order ini bisa dikatakan sebagai salah satu sistem penjualan online yang paling sulit untuk diaplikasikan.

Kenapa sistem pre-order disebut sebagai sistem jual barang online yang sulit diaplikasikan? Karena tidak semua orang mau membayar terlebih dahulu produk yang belum anda miliki.

Anda bisa dengan mudah jual barang online dengan sistem pre-order jika memang produk yang anda jual tergolong unik, disukai banyak orang, dan juga anda sebagai penjual sudah memiliki reputasi yang cukup baik dimata konsumen.

Mana yang Paling Cocok ?

Lalu dari 3 sistem produk tersebut, manakah yang paling cocok untuk digunakan oleh anda yang baru mau memulai bisnis online shop? Ada 2 sistem produk yang cocok untuk digunakan oleh anda yang baru memulai jual barang online.

Sistem yang paling cocok untuk anda gunakan adalah sistem dropship dan reseller. Pilih sistem dropship jika anda memang belum bisa memastikan apakah produk yang anda pilih termasuk produk online terlaris. Selain itu, sistem dropship juga paling tepat untuk digunakan jika memang anda belum yakin 100% ingin terjun di bisnis jual barang online.

Jika memang setelah beberapa lama memulai bisnis online shop dan ternyata produk-produk yang anda promosikan laku, anda bisa mulai beralih menggunakan sistem reseller dari keuntungan yang anda dapatkan dari menggunakan sistem dropship sebelumnya.

Kenapa anda harus tetap beralih ke sistem reseller setelah sukses menjual produk dengan sistem dropship? Karena anda tidak akan bisa menggunakan berbagai macam strategi pemasaran online selama masih menjadi dropshipper.

Jika anda sudah memiliki produk sendiri yang sudah berhasil anda jual sebelumnya secara online, anda jelas bisa lebih mudah membuat berbagai macam promosi menarik untuk meningkatkan penjualan online di toko online tanpa takut kehabisan stok produk dari supplier.

Lalu bagaimana dengan sistem pre-order? Apakah anda juga bisa menggunakan sistem tersebut untuk mendukung penjualan online?

Jika memang anda memiliki satu produk khusus yang disukai dan ternyata stok produknya sering kosong, anda bisa menjual produk tersebut dengan sistem pre-order. Hanya saja, anda harus benar-benar memiliki reputasi yang baik jika ingin menjual dengan sistem tersebut.

Pasalnya, setiap konsumen diwajibkan membayar terlebih dahulu baik 50% atau bahkan 100% dari harga produk yang anda jual dengan sistem pre-order tersebut. Konsumen tidak bisa langsung menerima produknya karena anda harus menyiapkan stoknya terlebih dahulu.

Pilihan Platform yang BIsa Anda Gunakan Untuk Memulai Bisnis Online Shop

Jika anda sudah menentukan produk apa yang akan anda juga dan juga sekaligus sistem produknya, maka hal selanjutnya yang perlu anda pelajari dari cara memulai bisnis online shop adalah memilih platformnya.

Apa yang dimaksud dengan platform jual barang online itu? Yang dimaksud dengan platform adalah tempat atau media yang anda gunakan untuk memajang produk-produk yang anda jual secara online.

Berbicara mengenai platform jual barang online, ada 3 macam jenis platform yang bisa anda pilih untuk memulai bisnis online shop.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai 3 macam platform yang bisa anda gunakan untuk jualan produk secara online:

1.      Website toko online

Platform pertama yang bisa anda gunakan untuk memulai bisnis online shop adalah website toko online. Ada banyak sekali kelebihan yang akan anda rasakan ketika memulai bisnis online shop dengan menggunakan website milik anda sendiri.

Beberapa macam kelebihan jual barang online di website sendiri antara lain seperti:

  • Anda bebas memodifikasi website sesuai dengan keinginan anda.
  • Hanya ada produk anda saja yang dipajang di website.
  • Lebih efektif untuk menaikan brand anda secara online.
  • Transaksi langsung antara anda dan konsumen.

Namun meskipun mempunyai banyak kelebihan, bukan berarti website toko online itu adalah platform paling sempurna untuk memulai bisnis online shop.

Baca Juga : Tips Membuat Website Toko Online Praktis Bagi Pemula

Website toko online juga memiliki beberapa kekurangan terutama bagi anda yang termasuk pemula. Beberapa kekurangan website sebagai platform penjualan online adalah ada biaya yang harus anda bayar untuk bisa memiliki website toko online, anda juga harus mempromosikan website anda terlebih dahulu sebelum bisa mempromosikan produk yang anda jual secara online.

2.      Sosial media

Selain website toko online milik sendiri, anda juga sebenarnya bisa menggunakan sosial media sebagai platform penjualan online. Ada banyak sekali orang yang sudah terlebih dahulu menjual berbagai macam produk secara online dengan memanfaatkan sosial media.

Menariknya, sosial media itu adalah tempat berkumpulnya banyak orang. Setiap hari ada jutaan pengguna sosial media aktif yang berpotensi menjadi konsumen anda.

Namun demikian, anda juga harus siap dengan strategi pemasaran yang Wahid jika ingin menjual produk dengan menggunakan sosial media sebagai platformnya.

Kenapa anda harus memiliki strategi pemasaran yang moncer jika ingin jual barang online di sosial media? Hal tersebut disebabkan karena mayoritas orang yang mengakses sosial media itu tidak siap membeli produk.

Mereka mengakses sosial media biasanya karena ingin melihat berita terbaru, berkomunikasi dengan kerabat, atau hanya sekedar mencari teman baru.

Karena interest mayoritas pengguna sosial media itu bukan membeli produk, jelas anda harus “mempengaruhi” mereka untuk setidaknya mau meluangkan waktu sejenak melihat promosi produk yang anda jual.

3.      Marketplace

Jika berbicara mengenai platform yang paling cocok digunakan oleh anda yang baru akan memulai bisnis online shop, jelas marketplace adalah juaranya.

Kenapa marketplace bisa dikatakan sebagai platform yang paling cocok untuk digunakan oleh anda yang saat ini masih mempelajari tentang cara memulai bisnis online shop? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Bisa anda gunakan secara gratis asalkan tidak menggunakan fitur-fitur promosi berbayar.
  • Tidak perlu pusing mempromosikan website karena pengelola marketplace sudah melakukan promosi di berbagai media.
  • Tidak perlu repot-repot mempengaruhi orang untuk membeli karena mayoritas orang yang berkunjung ke situs marketplace itu memang ingin membeli barang.
  • Tidak perlu membangun reputasi terlebih dahulu karena pihak marketplace berperan sebagai penengah antara penjual dan juga pembeli.
  • Banyak konsumen yang lebih memilih belanja di marketplace karena adanya promo gratis ongkos kirim dan berbagai promo menarik lainnya.

Namun sama halnya seperti website toko online, jual barang online di marketplace itu juga memiliki kekurangan tersendiri.

Baca Juga : Berjualan Online di Website Sendiri VS Marketplace, Mana yang Lebih Untung?

Karena gratis dan juga berpotensi untuk mendapatkan konsumen dalam waktu singkat, jelas persaingan di marketplace itu semakin hari semakin ketat. Jadi jangan heran jika nantinya anda harus siap-siap perang harga dengan penjual lain yang menjual produk satu tema dengan anda di marketplace.

Jadi jika anda memang anda masih mempelajari cara memulai bisnis online shop, platform yang paling disarankan untuk anda gunakan memang adalah platform marketplace.

Namun bukan berarti anda hanya fokus mempromosikan produk anda di marketplace saja. Anda tetap harus melakukan promosi produk di luar marketplace untuk mempercepat terjadinya penjualan.

Lalu apakah anda juga harus memiliki website toko online sendiri? Cepat atau lambat memang anda wajib memiliki website toko online sendiri. Kenapa? Karena anda status anda tetap menjadi penumpang jika berjualan di marketplace.

Saat ini memang marketplace masih menjadi pilihan platform jual barang online paling laris, namun kita tidak pernah bisa memastikan apakah hal tersebut masih sama di beberapa tahun kedepan.

Oleh sebab itu, jika memang anda sudah mulai mendapatkan keuntungan dari penjualan online di marketplace, alangkah baiknya jika anda mulai menyisihkan sedikit dana untuk membangun website toko online anda sendiri.

Pentingnya Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat Bagi Anda yang Baru Memulai Bisnis Online Shop di Marketplace

Oke, marketplace memang platform yang paling cocok untuk digunakan memulai bisnis online shop dari awal. Namun jangan harap anda bisa dengan mudah mendapatkan konsumen jika hanya mempromosikan produk anda di marketplace saja.

Jadi bagi anda yang sekarang mempelajari tentang bagaimana cara memulai bisnis online shop, anda juga wajib mempelajari tentang strategi pemasaran yang tepat. Pasalnya, bukan anda saja yang jual barang online di marketplace.

Namun hati-hati dengan yang dimaksud strategi pemasaran. Ada banyak sekali pemula yang belajar memulai bisnis online shop terjerumus menggunakan strategi yang salah.

Salah satu contoh strategi penjualan online yang salah adalah dengan melakukan perang harga. Perlu anda ketahui, strategi perang harga itu sama sekali tidak ada untungnya baik bagi anda, kompetitor, maupun bagi konsumen yang membeli produk anda.

Kenapa tidak menguntungkan?

Karena cepat atau lambat anda akan merasa malas untuk jual barang online. Hal tersebut disebabkan karena anda hanya mendapatkan keuntungan yang sangat kecil atau bahkan sama sekali tidak untung.

Mayoritas penjual yang tidak bisa mendapatkan keuntungan sesuai keinginannya akan mulai kendor dalam melayani konsumen. Produk yang awalnya berkualitas kemudian menjadi asal-asalan.

Lalu strategi pemasaran seperti apa yang sebaiknya anda gunakan?

Jika anda memang ingin mempelajari mengenai cara memulai bisnis online shop yang benar, mulailah membuat toko online di marketplace.

Setelah itu, mulai lakukan promosi dengan menggunakan sosial media seperti Instagram dan juga Facebook. Apa yang harus anda promosikan di Instagram ataupun Facebook? Yang harus anda promosikan adalah produk-produk yang anda jual di marketplace.

Namun ingat, jangan pernah menyarankan konsumen untuk membeli produk anda secara langsung dari sosial media. Gunakan sosial media sebagai media promosi saja. Jika memang ada yang tertarik untuk membeli produk anda melalui sosial media, arahkan mereka untuk membeli melalui marketplace yang anda pilih untuk memulai bisnis online shop.

Selain mempromosikan produk melalui sosial media, anda juga bisa menjaring calon konsumen dengan membuat promo tertentu. Sebarkan informasi mengenai promo tersebut di akun sosial media yang anda miliki.

Jika anda menggunakan marketplace yang memiliki fitur pembuatan voucher khusus untuk pembelian di toko anda, maka andapun bisa menggunakan fitur tersebut untuk “memancing” follower akun sosial media anda untuk membeli produk anda dari marketplace.

Tak hanya itu saja, voucher yang bisa digunakan untuk membeli produk di toko anda tersebut juga bisa anda gunakan untuk meningkatkan persentase repeat order dari konsumen anda. Cara menggunakan strategi pemasaran repeat order tersebut adalah dengan memberikan kode voucher khusus kepada orang-orang yang sudah pernah membeli produk anda sebelumnya di marketplace.

Lalu bagaimana dengan fitur berbayar yang disediakan oleh marketplace? Apakah anda juga bisa menggunakannya sebagai media strategi pemasaran?

Sebenarnya mayoritas fitur berbayar yang ditawarkan oleh marketplace di Indonesia itu cukup powerful untuk mendongkrak penjualan online, terutama penjualan yang terjadi secara langsung di marketplace.

Jika memang anda memiliki dana lebih, memang anda disarankan untuk menggunakan fitur berbayar tersebut, terutama fitur akun premium.

Perlu anda ketahui, jual barang online di marketplace dengan menggunakan akun premium itu efeknya cukup besar. Apa bedanya jualan di marketplace dengan akun biasa dengan akun premium? Berikut ini adalah beberapa perbedaannya:

  • Toko anda jelas tampak lebih profesional di depan calon konsumen karena adanya badge khusus yang menandakan bahwa anda adalah penjual premium.
  • Mayoritas produk yang anda unggah akan dipromosikan secara otomatis oleh pihak marketplace.
  • Biasanya mayoritas marketplace juga menyediakan fitur promosi khusus yang hanya bisa digunakan oleh penjual dengan akun premium.

Namun demikian, anda tidak harus langsung menggunakan akun premium ketika baru memulai bisnis online shop di marketplace.

Untuk menghemat modal, anda bisa memulai terlebih dahulu menggunakan strategi pemasaran gratis melalui sosial media.

Jika anda sudah berhasil menjual beberapa produk di marketplace dan mendapatkan keuntungan, anda bisa mengalokasikan keuntungan tersebut untuk membayar fasilitas akun premium.

Jadi bagaimana? Apakah semua cara memulai bisnis online shop yang dijabarkan di artikel ini cukup jelas bagi anda?

Menurut anda, apakah cara memulai bisnis online shop itu masih terlihat sangat sulit setelah membaca penjelasan di artikel ini?

About the author

Autobild

18 Comments

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.