Bisnismu Dapat Ulasan Negatif di Internet? Begini Cara Mengatasinya

B

Bisnismu Dapat Ulasan Negatif di Internet? Begini Cara Mengatasinya – Pada dasarnya, menjalankan sebuah bisnis via internet, atau yang biasanya dikenal dengan nama bisnis online ini memberikan kebebasan yang cukup besar bagi para pemiliknya. Dalam hal ini, Anda sebagai pemilik dari sebuah bisnis tak hanya jadi bos bagi diri sendiri, tetapi bisnis online yang Anda jalankan tersebut bahkan bisa dilakukan sambil Anda melakukan tugas – tugas lain, mulai dari kuliah, bekerja sebagai seorang ibu rumah tangga, atau pun sampingan pekerjaan lain.

Tetapi demikian, tahukah Anda bahwa ternyata ada salah satu tantangan terbesar dari jenis bisnis online tersebut, misalnya saja pada saat ada seseorang yang memberikan review atau pun ulasan negatif di internet pada suatu barang dagangan Anda, sehingga yang demikian tersebut bukan tak mungkin bisa menciderai reputasi Anda sebagai penjual.  Meskipun pada dasarnya Anda sudah bekerja cukup keras, dan berusaha memberikan yang terbaik kepada setiap konsumen atau pelanggan, akan tetapi karena hal satu dan lainnya, munculah pelayanan yang kurang optimal hingga adanya miscommunication yang pada akhirnya mengakibatkan pelanggan atau konsumen Anda memberikan review atau ulasan negatif tersebut.

Perlu Anda tahu, bahwa ternyata reaksi marah atau kecewa bukanlah solusi yang baik bagi masalah pada saat bisnis online Anda mendapat ulasan, review, maupun nilai buruk. Yang dibutuhkan untuk hadapi situasi yang seperti ini justru sifat yang sabar dan rendah hati. Berikut ini akan kami paparkan kepada Anda tentang beberapa cara mengatasi pada saat bisnismu mendapat ulasan negatif di internet. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Bisnis Dapat Ulasan Negatif di Internet

Langsung menanggapi ulasan negatif dengan cepat

Perlu Anda tahu, bahwa sangat penting sekali untuk segera memberikan respon untuk keluhan konsumen atau pelanggan di internet. Sebagai awalannya, silakan Anda coba untuk balas ulasan negatif tersebut dalam waktu 1 jam. Yang demikian ini tak berarti Anda harus memberikan jawaban dengan sesegera mungkin. Konsumen atau pelanggan Anda biasanya ingin Anda tahu masalah yang sedang mereka hadapi, sehingga mereka tahu jika Anda cari solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa membiarkan dulu konsumen tahu kapan mereka bisa mengharapkan tanggapan. Yang demikian ini bertujuan untuk membantu Anda dalam mengelola harapan serta mengurangi ulasan negatif. Anda sudah mengakui masalah tersebut, dan menetapkan waktu yang lebih realistis untuk memberikan tanggapan yang baik. Harus diingat juga, bahwa sangat penting sekali untuk secara konsistem memberikan tingkat respon yang sama di internet bahkan di akhir pekan sekalipun.

Jangan pernah ragu untuk mengakui kesalahan

Konsumen atau pelanggan Anda tahu bahwasanya tak ada jenis bisnis satu ini yang sempurna, so jalan terbaik untuk atasi masalah seperti ini adalah mengakui kesalahan yang sudah Anda perbuat. Bukannya malah bersembunyi. Yang demikian tersebut bisa mencegah konsumen atau pelanggan Anda untuk terus menyalahkan atau memberikan ulasan negatif di internet karena kelasahan maupun masalah yang sudah terjadi.

Ada satu hal yang harus Anda ingat selalu di sini, yakni dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun kepercayaan dengan konsumen atau pelanggan Anda, akan tetapi dibutuhkan waktu hanya sedetik saja untuk kehilangan mereka. Jadi, silakan pikirkan baik – baik untuk mengakui kesalahan Anda.

Meminta maaf kepada para konsumen atau pelanggan

Nah, ini adalah saat dimana sifat rendah hati sangat dibutuhkan daripada kemarahan. Sebagai penjual bisnis lewat internet juga manusia biasa, dan pelanggan maupun konsumen Anda juga manusia. Jika ada suatu kesalahan yang membuat mendapatkan ulasan negatif, ada baiknya Anda segera meminta maaf. Sebelum Anda marah – marah, selalu ingat jika sekarang ini adalah jaman yang namanya Screenshoot sudah sangat cepat tersebar luas yang bakal jadi drama pertikaian untuk jadi konsumsi publik.

Daripada Anda sibuk mencari pembenaran atau pun menghabiskan waktu untuk bertikai dengan para konsumen maupun pelanggan Anda, kami sarankan agar Anda segera meminta maaf dan membereskan semua masalah yang terjadi secepatnya. Apapun yang dikatakan oleh konsumen Anda, harus diingat selalu agar Anda tidak membalasnya dengan marah – marah. Melapiaskan kekesalan kepada para konsumen atau pelanggan adalah salah satu cara yang sudah paling jelas untuk kehilangan bisnis, dan pastinya yang demikian ini juga dapat menghancurkan reputasi bisnismu. Jadi, sebaiknya Anda tunjukkan saja bahwasannya Anda adalah seorang pebisnis online yang punya sikap dewasa, dan siap untuk memperbaiki kualitas pelayanan secepatnya.

Melakukan percakapan via offline

Yang pasti, semua komunikasi publik di internet bisa menarik orang lain untuk ikut serta dalam masalah dengan memberikan komentar yang negatif pula. Tindakan yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan percakapan via offline, sehingga dengan begitu Anda bisa berbicara dengan orang satu per satu. Yang demikian tersebut dilakukan untuk mencegah situasi yang semakin rumit, dan membantu menenangkan konsumen atau pelanggan, sebab Anda memang sedang fokus untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Memperbaiki kesalahan sesegera mungkin

Jika Anda sudah meminta maaf, sebaiknya Anda langsung perbaiki kesalahan yang sudah Anda buat agar terlihat jelas bahwasannya Anda memang benar – benar berusaha untuk menjadi seorang pebisnis yang lebih baik. Pada dasarnya memberikan tindakan dibalik ucapan di dunia maya, alias di internet akan sangat membantu para konsumen atau pelanggan Anda agar lebih percaya pada bisnis online Anda.

Mereka pastinya akan merasa Anda sudah berlaku transparan dalam hal solusi serta akuntabilitas bisnis. Tindakan yang seperti ini tentu saja bisa membangun hal – hal positif bagi reputasi bisnismu. Jika Anda sudah meminta maaf dan berhasil selesaikan masalah yang terjadi, maka Anda bisa lakukan hal berikutnya.

Meminta follow up untuk hapus semua ulasan negatif

Jika masalah yang terjadi dengan konsumen atau pelanggan Anda sudah benar – benar selesai diperbaiki, silakan coba untuk meminta respon dari pelanggan. setelahnya, cobalah persuasi pelanggan supaya mengganti review atau ulasan negatifnya tersebut.

Perlu Anda tahu bahwa, meminta konsumen atau pelanggan untuk menghapus ulasan negatif yang telah diberikan ternyata bisa menjadi momen yang sangat bagus sekali untuk melakukan follow up. Dengan mengecek konsumen, Anda bisa memberikan sedikit dorongan supaya mereka menghapus semua ulasan negatif dari situs bisnis Anda, dan mereka pun pastinya akan merasa lebih diperhatikan. Mereka mungkin saja memberikan Anda feedback tambahan, atau pun mengganti ulasan negatif menjadi positif.

Kami ingat lagi, bahwa yang paling penting di sini adalah Anda bisa menunjukkan kepada para konsumen atau pelanggan maupun reviewer lainnya yang membaca ulasan negatif, bahwasannya Anda memang benar – benar bersedia meminta maaf dan memiliki tekad kuat untuk memperbaiki setiap masalah secepat mungkin.

Baca Juga : Arti Endorse Instagram dan Pengaruhnya dalam Penjualan Online

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi bisnismu dapat ulasan negatif di internet. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.