Punya Bisnis Sampingan? Begini Cara Mengelola Keuangan yang Benar

P

Punya Bisnis Sampingan? Begini Cara Mengelola Keuangan yang Benar – Meskipun hasil dari bisnis sampingan yang Anda jalankan tersebut hanya digunakan sebagai penghasilan tambahan semata, akan tetapi pengelolaan keuangannya wajib Anda perhatikan dengan baik, khususnya apabila bisnis tersebut sudah mempunyai sejumlah karyawan serta melibatkan beberapa modal yang pasti akan sangat disayangkan sekali apabila alami kerugian.

Tapi, yang jadi pertanyaannya di sini adalah bagaimana sih cara mengelola keuangan dalam bisnis sampingan yang benar? Tentunya bisa dimulai dari cara yang paling sederhana dan pasti tidak akan mengganggu kesibukan Anda. Berikut ini kami akan bagikan kepada Anda tentang cara mengelola keuangan untuk bisnis sampingan Anda yang benar.

Mari di simak langkah-langkah mengelola keuangan yang benar untuk bisnis sampingan anda.

1. Merekrut Pegawai Secukupnya

Ketika Anda jalankan bisnis sampingan yang masih berskala kecil, maka segala pengeluaran yang berlebih memang wajib dihindari, termasuk halnya pengeluaran untuk gaji karyawan. Lihat beban kerja yang ada, kemudian bandingkan dengan kapasitas pekerja. Apa memang sudah memadai atau belum. Bila sudah, hindarilah merekrut banyak orang. Sebab, terlalu banyaknya pekerja hanya akan sebabkan penurunan efektifitas. Tak hanya itu, yang demikian ini juga akan berefek pada keuangan, karena akan semakin banyak pula gaji yang harus Anda bayarkan.

2. Menggunakan Alat Pembayaran Terdeteksi

Perlu Anda tahu bahwa sebuah transaksi usaha atau bisnis maupun pembayaran haruslah bisa dicatat dengan baik dan jelas. Pembayaran yang tidak dicatat secara jelas nanti akan berpotensi timbulkan adanya pengurangan pemasukan atau pun kerugian secara signifikan apabila hal ini memang terjadi secaa terus – terusan. Nah, untuk memudahkan proses pencatatan bisnis sampingan Anda, dan juga mengantisipasi pembayaran yang terlewatkan, ada baiknya Anda buat sebuah sistem transaksi dengan bukti yang jelas dan harus dipatuhi.

Contohnya saja dengan memberikan stempel lunas dan juga validasi perusahaan pada bon maupun surat tagihan apabila pembayarannya sudah diselesaikan, serta jangan lupa untuk menyimpan salinan bon dalam pembukuan. Selain itu juga ada cara lain yang bisa Anda gunakan, yakni pembayaran secara otomatisasi, seperti buat sistem kasir layaknya di supermarket, dimana tiap barang yang dibeli harus dilunasi terlebih dulu, baru struk pembeliannya dicetak.

3. Menggunakan Pembukuan Secara Jelas

Setelah proses transaksi yang tercatat dengan alat pembayaran terdeteksi, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat pembukuan keuangan secara jelas, terperinci, dan terdeteksi. Dengan kata lain, di sini harus ada pencatatan secara jelas tentang semua pemasukan serta pengeluaran dari bisnis sampingan Anda. Mulai dari kemasan, bahan baku, gaji karyawan, hasil penjualan, dan lain sebagainya.

Pembukuan memiliki fungsi sebagai salat satu alat yang kontrol keuangan terbaik, dimana Anda nanti bisa melakukan review secara berkala untuk ketahui perkembangan bisnis serta mengecek keuntungan atau pun kerugian yang ada. Akan tetapi juga harus diingat bahwa harus memisahkan antara pembukuan pribadi dengan bisnis. Tujuannya adalah agar tidak menimbulkan kebingungan dalam pencatatan serta penghitungan keuangan bisnis.

4. Memutar Keuntungan Bisnis

Apapun jenis bisnis sampingan yang akan Anda jalani, selama tujuannya untuk menambah keuntungan maka harus untuk dikembangkan. Jangan menggunakan 100% keuntungan yang didapat untuk penghasilan tambahan saja. Silakan gunakan sebagian keuntungan tersebut ke dalam modal bisnis. Dengan semakin besarnya modal bisnis, maka Anda bisa kembangkan bisnis jadi lebih besar lagi, atau mungkin memberikan peningkatan bisnis sampingan ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengelola keuangan yang benar untuk bisnis sampingan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.