Cara Rekam Layar (Screen Recorder) di iPhone Tanpa Aplikasi

C

Cara merekam layar dapat dilakukan di perangkat iPhone, iPad dan iPod touch. Namun, kali ini kami akan membahas mengenai screen recorder di berbagai versi iPhone tanpa menggunakan aplikasi.

Cara Mengambil Gambar Layar di iPhone

Cara mengambil gambar pada layar iPhone sangat mudah. Simak caranya untuk iPhone X atau iPhone 8.

Di iPhone X atau Versi Terbaru

Langkah pertama adalah menekan tombol yang berada di samping dan tombol Volume Naik secara bersamaan. Kemudian, kedua tombol juga dilepaskan secara bersamaan.

Gambar kecil dari gambar layar kemudian akan ditampilkan di sudut kiri bawah pada iPhone. Ketuk gambar mini tersebut untuk menambahkan gambar dan teks dapat dengan menggunakan Penambahan. Atau bisa juga dengan menekan terus gambar mini tersebut untuk membagikan gambar layar. Untuk menutupnya, anda dapat menggeser ke kiri pada gambar mini tersebut.

Menambahkan gambar dan teks dapat dilakukan setelah memilih alat Markah. Untuk menggambar dapat dilakukan dengan mengetuk alat untuk mengubah warna dan ketebalan. Gambar dapat dipindahkan dengan cara buat lingkaran di sekeliling gambar kemudian seret gambar ke tempat yang diinginkan.

Jika ingin menghapusnya cukup mengetuk tombol penghapus dan gosok jari anda di area yang ingin dihapus. Sementara untuk tombol Urung, digunakan jika akan mengurungkan tindakan.

Penambahan teks dapat dilakukan cukup dengan mengetuk tombol plus. Geser lup dengan menggunakan titik biru jika ingin menyesuaikan ukuran. Kemudian, titik hijau untuk menaikkan atau menurunkan tingkat pembesaran. Ketuk lingkaran apabila akan memilih warna teks, dan ketuk bentuk untuk menambahkan ke jepretan layar, foto atau PDF. Sementara jika ingin menambahkan tanda tangan untuk dokumen dapat dilakukan secara langsung.

Di iPhone 8 atau Versi Lebih Baru

Pertama tekan pada tombol atas atau Samping dan tombol Utama secara bersama-sama. Cepat lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan juga. Kemudian gambar mini akan ditampilkan di sudut kiri bawah dari iPhone. Ketuk gambar mini tersebut untuk menambahkan gambar dan teks dengan penambahan.

Jika ingin membagikan gambar ke layar, maka tekan terus gambar mini tersebut. Kemudian, apabila ingin menutupnya cukup dengan menggeser gambar mini tersebut ke arah kiri. Buka Foto, kemudian Album dan ketuk Gambar Layar untuk menemukan gambar layar yang baru saja anda ambil.

Cara Merekam Layar di iPhone

Di iOS 11 atau versi baru dan iPadOS, anda dapat melakukan perekaman layar. Selain itu juga dapat mengambil suara dari konten yang sedang ditampilkan di iPhone.

Caranya adalah dengan membuka Pengaturan terlebih dahulu, kemudian tekan Pusat Kontrol dan Sesuaikan Kontrol. Kemudian tekan tanda + di sebelah Perekaman Layar. Jika sudah, maka geser ke atas dari tepi bawah layar manapun. Di iPhone X atau versi baru yang menjalankan iOS 12, geser ke bawah dari sudut kanan atas layar.

Tekan lama pada icon lingkaran hitam, kemudian ketik Microfon. Tunggu selama tiga detik saat mengetuk Mulai Rekam. Kemudian buat Pusat Kontrol dan ketuk bar status dengan warna merah pada bagian atas layar. Jika sudah selesai, maka ketuk Berhenti.

Buka aplikasi Foto, lalu anda dapat memilih perekaman layar. Perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa aplikasi tertentu yang mungkin tidak mengizinkan anda untuk merekam audio.

Jika anda mengalami beberapa kesulitan dan membutuhkan bantuan, anda dapat memulai permintaan dukungan dari Apple secara online dan akan dihubungkan dengan seorang ahli. Jadi, waktu anda akan lebih efektif.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.