Cara Reset dan Install Ulang Win 10 yang Sering Hang

C

Apabila anda mempunyai masalah dengan Windows 10 pada PC dan ingin menyalin ke Windows baru tanpa mengubah file-file atau aplikasi lama, anda dapat menginstal ulang Windows 10. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki masalah dan mengembalikan PC menjadi lebih bersih.

Sebelum melakukan reset Windows 10, sebaiknya periksa ruang disk anda. Kemungkinan ruang disk rendah, jika PC tidak dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan atau mengalami masalah. Sebelum anda menginstal ulang Windows 10, cobalah untuk mengosongkan ruang disk.

Reset Windows 10

Untuk mengatur ulang PC, dapat dilakukan dengan 3 opsi. Jika semua cara telah anda coba, mungkin perlu mengatur ulang untuk menyelesaikan masalah.

Opsi yang pertama yakni pilih Mulai, klik Pengaturan, klik Pembaruan & Keamanan, kemudian Pemulihan. PC akan memulai reset, lalu buka pengaturan Pemulihan. Opsi yang kedua nyalakan kembali PC anda dan masuk ke layar. Tekan dan tahan tombol Shift ketika anda memilih ikon Power, kemudian Restart. Pilih Troubleshoot kemudian reset PC.

Opsi yang ketiga pilih Mulai, tekan dan tahan tombol shift ketika anda memilih ikon Power. Kemudian Restart, untuk memulainya pilih Mode Pemulihan. Setelah itu pilih Troubleshoot kemudian Reset PC.

Setel Ulang Windows 10

Penyetelan ulang akan membuat perangkat anda menjadi seperti saat anda menyalakannya pertama kali. Namun, hal ini akan membuat semua program bersama file pribadi akan terhapus. Windows 10 akan reinstal secara otomatis, sehingga anda tidak perlu memaki perangkat untuk penyimpanan eksternal. Meskipun memerlukan ruang disk yang cukup, reinstal tidak berdampak pada opsi pemasangan yang bersih.

Anda dapat mengatur ulang PC dari WinRE atau Lingkungan Pemulihan Windows yang bisa diakses via layar masuk. PC yang mempunyai ruang rendah untuk reinstal Windows 10 akan menerima pemberitahuan. Maka dari itu, kosongkan beberapa ruangan tambahan agar reinstal dapat berjalan lancar.

Untuk hal ini, diperlukan alat supaya disk dapat terhapus dan Windows 10 baru dapat disalin. Opsi ini harus memakai perangkat penyimpanan eksternal misalnya saja drive USB. Sebelum instal ulang dilakukan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Diantaranya adalah koneksi internet, perangkat penyimpanan eksternal seperti drive USB, kartu SD atau hard drive eksternal paling tidak memiliki ruang 8 GB.

Membuat Media Instalasi

Untuk menginstal ulang Windows 10, terlebih dahulu buat media instalasi. Buatlah cadangan file di perangkat anda. Simpan di perangkat penyimpanan eksternal misalnya saja drive USB< kartu SD, hard drive eksternal atau unggah file anda ke OneDrive.

Bila memakai perangkat penyimpanan eksternal untuk cadangan file, harus berbeda dari yang anda pakai untuk unduhan media instalasi Windows 10. Paling tidak mempunyai 8 GB ruang yang tersedia dalam penyimpanan eksternal secara terpisah. Untuk menyelesaikan pengunduhan, semua yang ada di drive akan dihapus.

Buka situs web unduhan yang berasal dari perangkat lunak Microsoft. Kemudian pilih Alat unduh sekarang. Jika unduhan selesai, maka buka desktop dan pilih “Ya” bila ada pertanyaan apakah anda mengizinkan aplikasi membuat perubahan pada perangkat.

Terima persyaratan dan perjanjian lisensi apabila muncul panduan Pengaturan Windows 10. Kemudian buat media instalasi untuk PC lain. Lalu klik Berikutnya. Langkah berikutnya Pilih bahasa, edisi dan arsitektur. Klik Berikutnya.

Pilih USB flash drive, kemudian pilih Next. Jika semua langkah telah anda lakukan maka pilih Selesai. Media instalasi ini digunakan untuk menginstal ulang Windows 10. Hubungkan media instalasi tersebut dan hubungkan ke PC, kemudian lakukan instal ulang.

Penting untuk anda perhatikan, instalasi ulang Windows 10 tidak dapat dibatalkan. Jadi, pastikan anda membuat cadangan file dulu sebelum memilih opsi Keep nothing.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.