Ciri–Ciri Kain Balotelli dan Contoh Penggunaannya

C

Kain balotelli merupakan jenis kain yang sampai saat ini masih diragukan termasuk ke dalam jenis kain katun atau tidak. Hal ini karena ciri kilau yang terdapat pada jenis kain yang satu ini. 

Kain berjenis balotelli merupakan jenis kain yang bahanya cukup tebal dengan tekstur yang khas. Motif dari kain ini membentuk pola kotak kecil yang bergaris. Kain ini adalah jenis kain yang memiliki ciri khas yang istimewa dan menjadikannya berbeda dengan jenis kain yang lainnya. 

Seperti apa ciri khas yang menjadi ciri – ciri kain balotelli? Dan biasanya digunakan untuk apa kain tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda!

Mengenal Ciri Kain Balotelli

Memiliki tekstur yang berserat

Kain jenis balotelli merupakan jenis kain yang berserat. Tekstur seratnya bergaris dan sedikit kasar. Inilah yang menjadi pembeda antara jenis kain balotelli dengan yang lain. Dengan serat dan tekstur yang cenderung kasar tersebut menjadikan kain ini cenderung tidak menerawang ketika digunakan. 

Tidak melekat ke tubuh dan tidak menerawang

Karakteristik jenis kain balotelli yang selanjutnya adalah tidak melekat ke dalam tubuh ketika digunakan. Hal tersebut menjadikan jenis kain ini tidak akan menampakkan lekuk tubuh ketika dipakai. Selain itu, juga terdapat karakteristik yang lain yaitu tidak terawang. Bahan balotelli ini terkesan memenuhi syarat pakaian ala muslimah kekinian yang banyak dipakai untuk membuat berbagai model pakaian muslimah seperti gamis atau kemeja muslimah. 

Hadir dalam aneka warna serta motif

Ada banyak warna kain balotelli yang bisa dipilih. Warna yang ditawarkan jenis kain balotelli dan bisa jadi pilihan mulai dari warna yang cenderung polos, warna cerah sampai dengan kain balotelli dengan warna bermotif rangkap. Dengan banyaknya pilihan warna dan motif menjadikan banyak desainer sepakat bahwa kain ini adalah jenis kain yang paling baik digunakan sebagai pakaian. 

Bahan kain agak tebal dan halus

Karakteristik lain dari kain balotelli adalah memiliki bahan yang tebal dan halus. Bahan yang cenderung tebal dari jenis kain ini menghindarkan penggunanya dari terawang. Ini juga yang menjadi bahan yang selama ini banyak dicari muslimah supaya mereka menggunakan pakaian yang sesuai syariat. 

Banyak orang tertarik menggunakan jenis kain balotelli karena walau tebal namun cukup ringan penggunaannya. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa jenis kain ini biasa dipakai untuk berbagai model busana. 

Kain balotelli bisa dijadikan sebagai atasan, bahan untuk membuat kemeja, dalaman baju pesta atau kombinasi baju pesta dan kondangan. Banyak juga gamis muslimah yang sekarang dibuat dari bahan kain balotelli. 

Itulah sedikit ulasan ciri – ciri kain balotelli dan contoh penggunaannya untuk Anda. Anda yang mencari kain tidak menerawang dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan bisa menggunakan jenis kain ini. 

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.