11 Ide Bisnis Rumahan Menarik untuk Pelajar dan Mahasiswa

1

Ide Bisnis Rumahan Menarik untuk Pelajar dan Mahasiswa – Menurut data terbaru dari BPS, ada 7,56 Juta pengangguran di negara Indonesia, dimana persentasenya didominasi dari tamatan SLTA dan Sarjana S1. Angka pengangguran tersebut terjadi salah satunya karena mereka lalai memanfaatkan waktu luangnya dimasa-masa mereka masih dibangku sekolah atau dibangku kuliah dengan aktivitas yang bisa membiayai hidupnya, akibatnya banyak diantara mereka ketika tiba waktunya membutuhkan penghasilan sendiri, tidak bisa berbuat banyak dan menggantungkan diri pada lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan saja.

Sehingga hal yang terjadi adalah ketika mereka lulus dari dunia kampus, hal yang mereka lakukan di kehidupan selanjutnya adalah hanya menggantungkan harapannya kepada kesempatan kerja di pemerintahan atau di swasta. Tidak banyak yang bisa memulai bisnis sendiri, hanya sebagian kecil yang bisa memulainya baik dengan bisnis rumahan maupun bisnis keluarga mereka.

Sebenarnya ada banyak peluang dan ide bisnis rumahan yang bisa anda coba jalankan khususnya bagi anda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa agar setelah anda lulus kuliah, anda tidak perlu lagi sibuk mencari dan menggantungkan diri pada pemerintah atau perusahaan.

Kalau begitu mari kita simak ide bisnis rumahan apa saja yang bisa mengisi waktu luang para pelajar dan mahasiswa di bawah ini.

Ide Bisnis Rumahan Menarik Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Adapun ide bisnis rumahan bagi pelajar atau mahasiswa yang bisa anda coba jalankan adalah sebagai berikut.

  • Ide Bisnis Rumahan Kursus Privat

Untuk membuka bisnis rumahan kursus Privat, ini Anda harus menguasai minimal satu bidang keilmuan, misalnya menguasai salah satu bidang studi matematika, bahasa Inggris, Anda bisa mencari pelajar yang berminat untuk kursus privat matematika atau bahasa Inggris.

Anda mungkin mengunjungi rumah anak bimbingan Anda dengan jadwal yang berbeda-beda, atau mereka yang datang ke rumah Anda untuk mengikuti bimbingan privat dari Anda dengan jadwal yang sama. Silahkan Anda dapat mengatur sesuai waktu anda sendiri.

Anda tidak membutuhkan modal yang besar untuk ide bisnis rumahan berupa kursus privat ini, cukup memanfaatkan ruang keluarga Anda, atau ruang tamu Anda, bisnis sudah bisa berjalan.

  • Ide Bisnis Rumahan Jasa Editing Foto dan Video (Fotografer)

Ide bisnis rumahan lainnya adalah membuka jasa editing Foto dan Video, Anda bisa membuka bisnis ini jika Anda sudah mahir dalam mengoperasikan salah satu aplikasi editing foto atau video, seperti photoshop dan  Camtasia Studi, Video Maker dan lain-lain.

Promosinya juga cukup mudah, jalinlah kerjasama dengan sekolah atau kampus tertentu, biasanya pada musim wisuda atau acara-acara khusus, maka permintaan akan jasa photografer meningkat. Anda hanya butuh kamera dengan pixel yang cukup, maka bisnis Anda pasti sukses.

  • Ide Bisnis Rumahan Jualan Pulsa Hp dan Pulsa Listrik

Bisnis ini termasuk bisnis sepanjang jaman, karena sebagaimana fakta kehidupan yang berjalan saat ini, hanya bayi saja yang tidak punya HP atau smartphone, bahkan listrik-pun sudah butuh jasa Anda karena ada system Token Listrik. Anda hanya butuh modal secukupnya untuk bisnis ini, yaitu sebagai deposit awal pada bergabung pada salah satu perusahaan distributor pulsa. Daftarkan diri Anda sebagai agen resmi dan selanjutnya bisnis jualan Pulsa HP dan Pulsa Listrik sudah bisa anda jalankan.

  • Ide Bisnis Rumahan Jasa Service Komputer/Printer/HP

Ide Bisnis Rumahan Jasa Service Komputer/Printer/HP adalah jenis bisnis yang membutuhkan keahlian khusus, jika Anda merasa mampu untuk melayani jasa service maka silahkan Anda coba. Peralatan yang dibutuhkan cukup beragam seperti : Solder Uap, Obeng 1 set, ampere-meter, multimeter digital, multitester digital/analog dan lain-lain sebagainya. Bisnis ini tidak membutuhkan ruangan besar, bahkan sudah bisa berjalan dengan memanfaatkan ruang khusus kamar depan rumah Anda saja.

  • Ide Bisnis Rumahan Jasa Desain Grafis

Bisnis jasa desain grafis tidak membutuhkan modal besar untuk menjalankan tapi hanya membutuhkan keterampilan khusus dalam mengoperasikan software desain grafis seperti photoshop, autocad, corel drow.

Jika Anda memiliki keahlian tersebut maka sangat tepat Anda membuka Ide Bisnis Rumahan ini. Anda bisa melayani pesanan pembuatan Logo perusahaan, Logo Instansi Pemerintah, Stempel, sablon baju, desain template website, layout koran atau majalah, cover ebook/buku dan lain-lain sebagainya. Bisnis ini prospeknya sangat bagus karena target pasarnya tidak terbatas pada dunia offline saja tapi juga dunia online.

  • Ide Bisnis Rumahan Jasa Pembuatan Website

Perkembangan teknologi internet saat ini membawa angin revolusi yang sangat cepat diberbagai aspek kehidupan manusia. Pada dunia bisnis, perusahaan kecil maupun perusahaan besar baik produsen maupun distributor merasa kurang lengkap jika tidak memiliki website resmi perusahaannya, website menjadi media promosi utama dari produk-produk bisnisnya.

Selain itu, Instansi Pemerintah juga demikian, website menjadi media penting dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Olehnya itu bisnis rumahan jasa pembuatan website  sudah pasti punya prospek yang cerah, apalagi bisnis ini target pasarnya tidak terbatas.

Baca Juga : Tips Membuat Website Toko Online Praktis Bagi Pemula

  • Ide Bisnis Rumahan Jualan E-Book

Ide Bisnis Rumahan berupa Jualan E-book adalah bisnis yang lagi trend saat ini, Anda juga bisa menjalankan bisnis ini dengan cara membuat sendiri e-booknya. Caranya cukup mudah untuk dijalankan, silahkan Anda tulis apa yang bisa kamu tulis yang menurut kamu yang bisa bermanfaat buat orang lain, misalnya tutorial membuat website dengan Adobe DreamWaver Cs5.7, tutorial merakit komputer dan banyak lagi yang lainnya, pastinya tulis e-book yang sesuai dengan keahlian Anda dan Ingat “DILARANG KERAS COPY PASTE ”. Ingat UU Hak Cipta menyebutkan barangsiapa yang melanggar akan dikenakan denda sebesar Rp. 1 Milyar.

Setelah Anda tulis, selanjutnya konvert menjadi file Pdf lengkap dengan Cover depan. Buat websitenya lalu promosikan kepada teman-teman anda. Selain itu, jika Anda tidak punya keahlian apa-apa untuk dituli Anda juga boleh menjadi reseller dari produk e-ebook orang lain.

  • Ide Bisnis Rumahan Jual beli ATK

Jika rumah Anda berada di dekat sekolahan atau area perkantoran, maka itu peluang bagi Anda untuk membuka bisnis Ide Bisnis Rumahan dengan menjual peralatan tulis menulis kebutuhan sekolah dan kantor, selain itu Anda juga bisa  membeli mesin photo Copy, peralatan pengetikan, jilid, printing dan sebagainya.

Kalau Anda sudah memiliki semua peralatan tersebut maka Anda bisa melayani segala kebutuhan ATK tersebut.Walaupun bisnis rumahan ini membutuhkan banyak modal tapi sangat mudah dijalankan dan prospeknya sangat bagus karena ATK selalu di butuhan dalam jangka waktu yang panjang.

  • Ide Bisnis Rumahan Publisher Adsense

Ide Bisnis Rumahan Publisher Adsense adalah sebuah bisnis yang berhubungan dengan program affiliate dari google Adsense. Seperti kita tahu, program adsense ini sangat mudah dijalankan, dan sangat potensial untuk mendapatkan passive income melalui internet dari waktu ke waktu, tanpa harus  mensupport atau bertatap muka langsung dengan para pelanggan Anda.

Salah satu syarat untuk memulai Ide Bisnis Rumahan ini adalah memiliki situs atau website dengan content yang lebih diutamakan berbahasa Inggris, pihak google akan mereview website Anda. Setelah website Anda direview dan memenuhi syarat maka permintaan Anda untuk mengikuti program google adsense bisa diterima dan Anda sudah diijinkan untuk memasang iklan adsense di website Anda.

Lalu darimana Anda mendapatkan penghasilan?

Google akan membayar Anda dari dari setiap klik pada iklan yang muncul diwebsite Anda. Besar kecilnya komisi yang kita terima tergantung dari harga per klik dari Advertiser pada google.

Pastinya anda sangat ingin mendapatkan passive income tentunya.

Oleh karena itu, silahkan Anda belajar membangun website yang memuat informasi berguna untuk para web-surfers berdasarkan topik yang Anda pilih, pelajari juga SEO, belajar meriset keyword untuk google adsense.

Anda tidak perlu bingung, saya bisa membantu Anda dimana tempat terbaik untuk mendapatkan ilmunya. Semua itu Anda bisa pelajari secara tuntas secara online, memalui banyak website yang menyediakan materi belajar bisnis Adsense, baik yang berbayar maupun yang gratis.

  • Ide Bisnis Rumahan Jasa Penulisan Artikel

Ide Bisnis Rumahan berikutnya adalah bisnis jasa penulisan artikel ini identik dengan berkembangnya bisnis online seperti yang Anda saksikan diberbagai media sosial milik Anda, dalam sehari pasti ada saja teman-teman Anda yang mengirim pesan iklan produk mereka, rata-rata mereka memiliki website/blog sebagai tempat utama dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Jika merchant menjadikan website/blog sebagai media utama dalam introducing produknya, maka sudah pasti kebutuhan pokoknya adalah artikel. Banyak diantara mereka tidak memiliki waktu untuk menulis contentnya sendiri bahkan terutama perusahaan besar sudah pasti menyediakan Budget khusus untuk keperluan pengadaan artikel. Jika anda senang menulis, maka anda berkesempatan untuk membuka Ide Bisnis Rumahan penulisan artikel, baik artikel berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris.

Tarif penulisan artikel bervariasi tergantung dari banyaknya kata dan bahasa yang digunakannya, jika artikel berbahasa Inggris rata-rata mematok harga sekitar Rp.50.000-Rp. 100.000 dengan jumlah 500-1000 kata dalam satu kata kunci (keyword) dan jika artikelnya berbahasa Indonesia maka harganya sedikit kurang dari harga artikel berbahasa Inggris.

Nah, apakah Anda gemar menulis? jika iya, maka bukalah ide bisnis rumahan jasa penulisan artikel murah meriah, online-kan Bisnis Anda dan yakinlah pasti akan sukses.

  • Ide Bisnis Rumahan Affiliate

Perkembangan teknologi internet dewasa ini menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis online, khususnya saya pribadi sekitar tahun 2008 saya sudah mulai menjadi pedagang kaki lima online (Internet Marketer), namun pada saat itu saya belum terlalu memiliki banyak waktu untuk mengembangkannya karena kesibukan dikantor semakin hari semakin bertambah.

Bagi Anda pelajar atau mahasiswa yang masih punya banyak waktu luang dan ingin mencari penghasilan tambahan di internet jangan sampai melewatkan kesempatan ini, karena Ide Bisnis Rumahan ini tidak membutuhkan modal yang besar, cukup Anda memiliki kemauan untuk belajar, kerja keras, sikap disiplin dalam praktek, laptop, akses internet, maka bisnis affiliate Anda sudah bisa berjalan dengan lancar.

Salah satu produk affiliate adalah produk digital yang sangat mudah di pasarkan, target pasarnya tidak hanya terbatas pada satu negara saja, tapi produk affiliate ini adalah produk manca negara yang sangat laku dipasaran. Jika Anda tertarik untuk menjalankan Ide Bisnis Rumahan ini maka langkah awal adalah silahkan investasikan waktu Anda sekitar 2-3 bulan  untuk belajar dasar-dasar  internet marketing dan melengkapi segala tools-tools marketingnya.

Pilihlah tempat belajar online dengan fasilitas lengkap terutama tim supportnya selalu ada untuk membantu Anda ketika Anda membutuhkan bantuan. Sudah banyak pelajar atau mahasiswa yang sudah sukses di internet marketer dengan penghasilan ratusan juta rupiah perbulannya hanya dengan menjual produk digital seperti produk clikbank, Amazon dan lain-lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Demikian ulasan 11 ide bisnis rumahan buat Anda yang dapat saya share pada artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan komentar pada kolom yang tersedia. Terima kasih atas kunjungannya, sampai jumpa.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.