Tips Menemukan Ide Produk yang Paling Pas untuk Dijual Online

T

Tips Menemukan Ide Produk yang Paling Pas untuk Dijual Online – Hal pertama dan paling utama dalam sebuah bisnis adalah sebuah produk. Bisnis tak akan bisa berjalan tanpa adanya suatu produk karena produk merupakan komoditi utama dalam terlaksananya suatu bisnis. Karena itu sebelum Anda benar – benar membuka sebuah bisnis, ada baiknya Anda mempersiapkan produk yang tepat. Produk yang tentunya diminati pasar dan tidak sulit untuk Anda memasarkannya.

Namun jika Anda sampai detik ini juga masih belum menemukan produk apa yang cocok untuk Anda jual, maka Anda harus mencari tahu bagaimana cara yang tepat agar Anda bisa segera menemukan ide produk. Nah, disini kami akan bagikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang tips menemukan ide produk yang dapat Anda jual juga secara online. Dengan informasi ini toko online Anda nggak bakal kalah saing!

Tips Menemukan Ide Produk Untuk Dijual Online

Belajar mengukur permintaan pasar

Hal pertama dalam tips menemukan ide produk yang paling pas untuk dijual online adalah belajar mengukur permintaan pasar. Mungkin memang kebanyakan orang tidak memiliki masalah dengan bagian ini karena selalu ada suatu kecenderungan untuk memilih benda yang memang lumrah dijual ketika Anda mulai pertama kalinya. Sebaliknya terkadang muncul suatu ide produk yang aneh dan tidak umum sehingga secara keseluruhan ada banyak cara yang dapat ditemukan dalam mengukur suatu permintaan. Namun jika Anda masih belum memiliki insting tersebut, maka Anda bisa mengukur permintaan pasar dengan menggunakan Google Keyword Planner.

Selain itu Anda dapat melihat di EBay completed listings dengan tool Terapeak atau melihat Amazon dan mengetahui apa saja yang mereka jual dengan apa yang tidak mereka jual dengan menggunakan tool berupa Jungle Scout. Tentunya cara pertama ini cukup sederhana kalau memang Anda sudah tahu tips dan triknya. Terlebih kalau insting tersebut sudah Anda miliki tentunya tanpa toolpun mengukur permintaan pasar dengan insting alami bisa dicoba.

Lihat juga: Nielshop, Online Shop Milik Ibu Rumah Tangga

Ukur tingkat kompetisinya

Setelah Anda tahu apa saja yang sebenarnya menjadi bagian dari permintaan pasar kemudian Anda juga perlu mengukur kompetisinya. Ada dua aspek yang Anda perlu pertimbangkan yaitu Anda perlu mencari tahu apakah Anda dapat berkompetisi pada level kualitatif atau tidak. Beberapa hal yang Anda perlu pertimbangkan ketika mengukur suatu tingkat kompetisi adalah :

  • Produk yang disediakan bagaimana persamaan dan perbedaannya dengan yang Anda punya
  • Berapa harga yang ditawarkan
  • Apa nilai jual lebih dari produk pesaing Anda
  • Seberapa banyak orang yang berminat dengan produk tersebut
  • Apa kelebihan produk Anda dibandingkan produk pesaing Anda dan sebagainya.

Kemudian aspek selanjutnya yang Anda harus tahu adalah bagaimana tentang evaluasi kompetisi Anda dari perspektif mesin pencari. Ya, semua ini perlu jadi pertimbangan karena produk yang Anda jual adalah secara online dan disana tingkat pesaingnya besar dari berbagai penjuru daerah. Anda harus tahu bagaimana tips dan trik yang memungkinkan agar produk Anda nantinya mudah dicari. Pada jualan online menggunakan sosial media biasanya cara mencarinya dengan memanfaatkan hashtag, dan sebagainya.

Temukan sesuatu yang unik

Sampai detik ini kita bisa lihat bahwa kebanyakan orang yang memulai bisnis online fokus atas seberapa mudah mereka dalam melakukan sesuatu. Akan tetapi jika sesuatu memang mudah dilakukan maka hal ini bisa dengan mudah ditiru. Nah, sekarang Anda harus punya sifat dan mental yang lain dari mental kebanyakan orang tersebut.

Daripada Anda fokus pada seberapa mudah melakukan sesuatu baiknya Anda fokus pada melakukan sesuatu yang sulit namun unik dan berbeda dari yang lain. Saat ini juga memang memulai membangun suatu toko online sangat mudah dan tak cukup hanya dengan Anda memiliki toko yang menjual sebuah produk. Anda juga perlu bekerja keras dan membuat sesuatu yang berbeda. Pastinya semakin sulit sesuatu dilakukan maka juga akan semakin berkurang tingkat kompetisi yang diperoleh sehingga produk Anda bisa menjadi satu – satunya yang terbaik. Cara ini juga menjadi langkah jitu untuk mengurangi tingkat persaingan dengan produk yang serupa.

Jual sesuatu yang bernilai tinggi dan banyak dibutuhkan

Jadi jika memang Anda memulai suatu toko ecommerce atau bisnis untuk tujuan ini maka bisa dipastikan bahwa Anda memiliki sesuatu yang sangat berharga untuk Anda tawarkan. Daripada Anda melakukan terus menerus riset kata kunci dan melihat bagaimana tingkat  kompetisi di mesin pencari baiknya Anda perhatikan secara seksama semua kompetitor Anda.

Cari tahu saja apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Caranya mudah jadilah pembeli dan lihat apa yang kompetitor lakukan atas produknya. Anda harus tahu bahwa sekarang ini banyak orang terobsesi dengan kemudahan untuk mendapatkan uang atau kemudahan dalam mendirikan bisnis dan kemudian menjalankannya. Jadi jika sesuatu sangat mudah maka kemungkinan Anda tak layak untuk melakukan hal yang serupa. Jadi fokuslah atas hal unik yang dapat Anda jalankan dan mulailah dengan baik dan benar!

Cobalah uji coba jualan di sosial media dan email, temukan apa yang terjadi

Sekarang ini jualan via sosial media sudah banyak sekali bergulir. Nah, sebelum Anda benar – benar meluncurkan sebuah produk Anda dapat coba promosi di sosial media dan email. Buat metode pra launching atau metode pemesanan dan temukan bagaimana reaksi followers sosial media dan email Anda ketika hal tersebut Anda lakukan. Apakah mereka bersikap antusias dengan produk Anda, kepo dengan produk Anda atau melakukan hal – hal lainnya. Jika banyak yang antusias dan memberikan respon “ingin tahu” itu artinya produk Anda sudah sukses mengelabui mereka dan mengajak mereka untuk membeli dan datang ke arah Anda.

Coba lihat dan perhatikan iklan di koran

Cara ini juga dapat menjadi ide terbaik untuk menemukan ide produk yang paling pas untuk dijual online. Anda bisa ikuti edisi koran setiap hari dan temukan produk apa yang paling banyak bermunculan di setiap edisi yang Anda ikuti. Jika ada iklan sebuah produk yang muncul terus pada setiap edisinya itu berarti bahwa produk yang sedang diiklankan tersebut sedang ramai dengan peminat. Sangat simple bukan?

Hanya saja sekarang sudah bukan era koran. Sekarang ini adalah eranya digital yang mana semua orang sudah menggunakan sosial media untuk mengakses dan mendapatkan informasi. Jadi coba saja buka media sosial Anda dan cari tahu apa iklan di media sosial tersebut yang paling sering muncul. Nah, produk itulah yang menjadi segmen produk paling banyak dicari orang sebenarnya. Ketika Anda sudah menemukannya dari sana Anda bisa buat ide produk yang akan Anda jual di segmen paling laku tersebut.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Itulah bagaimana tips menemukan ide produk yang paling pas untuk dijual online. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat lagi menginspirasi Anda. Selamat mencoba dan salam sukses wirausaha!

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.