Mana yang Lebih Mudah, Jualan Online di Marketplace atau Media Sosial?

M

Mana yang Lebih Mudah, Jualan Online di Marketplace atau Media Sosial? – Jualan online adalah salah satu model bisnis yang populer di jaman sekarang. Popularitas jualan online meningkat drastis dikarenakan setiap orang bisa menjalankannya bahkan tanpa modal sekalipun.

Di beberapa tahun lalu, mayoritas orang yang menjual produk secara online pasti menggunakan media sosial sebagai platformnya.

Namun semakin lama, persaingan antar penjual online juga semakin meningkat. Hal tersebut dimulai semenjak munculnya berbagai macam marketplace baru di tanah air.  Jadi jika kita berbicara mengenai jual beli online, kita memiliki 2 pilihan yaitu belanja melalui media sosial dan juga di marketplace.

Karena ada 2 pilihan platform untuk menjual produk secara online, anda yang mungkin masih bingung menentukan mana yang lebih mudah antara jualan online di marketplace atau di media sosial.

Sebenarnya mana yang lebih mudah, jualan online di marketplace atau di media sosial bagi pemula? Baca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace Untuk Jualan Online

Untuk mengetahui mana yang lebih mudah digunakan jualan online antara marketplace dan juga media sosial, anda perlu mempelajari mengenai apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari kedua platform tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari marketplace jika digunakan untuk jualan online:

Memang dibuat secara khusus sebagai tempat untuk jual beli secara online

Kelebihan pertama dari marketplace jika dibandingkan dengan media sosial untuk tujuan jualan online adalah marketplace memang dibuat khusus sebagai tempat jual beli online.

Karena memang dibuat untuk tujuan jual beli online, secara otomatis anda akan jauh lebih mudah memasukkan daftar produk yang akan anda jual. Selain itu, anda juga bisa menggunakan berbagai macam fitur untuk memasarkan produk anda secara online.

·         Mayoritas pengunjungnya adalah orang-orang yang memang siap membeli barang secara online

Jika berbicara mengenai kelebihan dari marketplace untuk jualan online, jelas kriteria pengunjung marketplace masuk sebagai salah satu kelebihannya.

Berbeda dengan media sosial, mayoritas orang yang mengakses situs marketplace memang memiliki niatan untuk membeli produk secara online.

Jadi anda sudah tidak perlu lagi repot-repot melakukan soft selling untuk menjual produk anda kepada pengunjung.

Selalu ada promo yang diselenggarakan oleh pemilik marketplace untuk menarik calon konsumen

Menariknya lagi, marketplace juga sangat berpotensi untuk jualan online karena pemiliknya hampir selalu mengadakan promo-promo untuk menarik calon konsumen.

Dengan adanya promo-promo seperti gratis ongkos kirim, diskon, flash sale, dan masih banyak lagi, tentu saja calon konsumen jauh lebih tertarik untuk membeli produk secara langsung dari penjual di marketplace.

Ada pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli

Kelebihan lain dari marketplace untuk jualan online adalah adanya pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi antara penjual dan juga pembeli.

Jadi baik penjual maupun pembeli sudah tidak perlu lagi khawatir tertipu ketika melakukan transaksi secara online. Jika memang penjual atau pembeli merasa tertipu, mereka hanya perlu melaporkannya ke pihak pengurus marketplace untuk mencari keadilan.

Hampir semua produk tersedia dan dikategorikan secara sistematis

Kelebihan terakhir dari marketplace dibandingkan dengan media sosial adalah hampir semua produk tersedia. Selain ada banyak macam produk yang dijual, produk-produk tersebut juga sudah dikategorikan secara sistematis.

Karena hampir semua produk bisa ditemukan di marketplace dan dikategorikan secara sistematis, jelas pembeli akan jauh lebih mudah untuk mencari dan membeli produk yang diinginkan.

Meskipun memang jualan online di marketplace itu tampak memiliki banyak kelebihan, namun bukan berarti marketplace menjadi tempat yang paling sempurna untuk jualan online.

Marketplace juga memiliki beberapa macam kekurangan jika dibandingkan dengan media sosial. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

Persaingannya luar biasa berat

Karena merupakan platform yang khusus dibuat untuk tujuan jual beli online dan syarat untuk menjadi penjual sangat mudah, jelas ada banyak sekali penjual baru setiap harinya.

Karena jumlah penjual setiap harinya bertambah, jelas persaingannya cukup berat. Persaingan di marketplace tidak hanya dari segi kualitas dan pelayanan saja. Akhir-akhir ini, persaingan jualan online di marketplace bahkan sudah masuk kedalam bagian harga.

Jadi jika anda berencana untuk jualan online di marketplace, siap-siap saja untuk mendapatkan keuntungan yang sangat kecil.

Cukup sulit untuk mendapatkan konsumen yang loyal

Karena persaingan di marketplace sudah sampai pada persaingan harga, jelas akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan konsumen yang loyal.

Mayoritas orang yang mengunjungi situs marketplace memang siap untuk membeli produk. Namun mereka yang ingin membeli produk melalui marketplace pastilah mencari harga termurah.

Karena mayoritas calon konsumennya mencari harga termurah, maka akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan konsumen loyal tanpa mengikuti persaingan harga di marketplace.

Anda tidak hanya akan kehilangan konsumen dengan menaikkan harga produk, anda bahkan bisa kehilangan konsumen jika ada penjual lain yang berani menurunkan harga produk yang sama dengan yang anda jual.

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial Untuk Jualan Online

Oke, marketplace memang adalah tempat yang dibuat untuk jualan online. Ada cukup banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menjual produk secara online menggunakan platform marketplace.

Lalu bagaimana dengan media sosial? Apakah media sosial masih cocok digunakan sebagai platform jualan online? Meskipun memang sudah mulai ditinggalkan konsumen, namun sebenarnya media sosial itu dapat memberikan kelebihan bagi penjual.

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan media sosial sebagai platform jualan online:

Banyak pengguna aktif setiap harinya

Meskipun memang marketplace merupakan platform jualan online yang memiliki banyak pengunjung, namun jika dibandingkan dengan media sosial, jumlah pengunjung marketplace jelas kalah telak.

Bayangkan saja, media sosial seperti Facebook memiliki setidaknya sekitar 115 juta pengguna aktif untuk negara Indonesia saja.

Karena jumlah pengguna aktif per harinya cukup besar, media sosial jelas masih sangat berpotensi digunakan untuk jualan online.

·         Lebih mudah mendapatkan konsumen loyal

Karena konsumen tidak dimudahkan dalam mencari produk sejenis seperti di marketplace, jelas jualan online di media sosial itu jauh lebih berpotensi untuk mendapatkan konsumen loyal.

Andapun tidak harus bersaing harga jika menjual produk secara online dengan menggunakan media sosial sebagai platformnya.

Tidak harus menunggu lama untuk menerima pembayaran dari konsumen

Satu lagi kelebihan jualan online di media sosial adalah anda langsung menerima pembayaran dari konsumen. Dana pembayaran dari konsumen tidak harus ditahan terlebih dahulu seperti ketika anda jualan online di marketplace.

Karena anda bisa secara langsung menerima pembayaran dari konsumen, otomatis anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk jualan produk secara online di media sosial.

Sekilas memang media sosial masih tampak menggiurkan digunakan untuk jualan online. Namun demikian, media sosial juga memiliki beberapa kekurangan ketika digunakan untuk jualan online.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan media sosial ketika digunakan sebagai platform jual beli online:

·         Aturan media sosial semakin ketat

Di jaman sekarang, peraturan media sosial semakin ketat. Anda disarankan untuk menggunakan akun khusus untuk bisnis jika ingin melakukan promosi ataupun menjual produk secara online di media sosial.

Jadi mau tidak mau, anda yang ingin jualan online di media sosial harus mulai mempromosikan akun media sosial bisnis anda terlebih dahulu sebelum bisa mendapatkan konsumen.

Pengguna media sosial tidak semuanya siap membeli produk secara online

Oke, memang pengguna aktif media sosial per harinya sangat besar. Namun sayangnya, tidak semua pengguna aktif tersebut siap untuk membeli produk secara online.

Mayoritas pengguna media sosial memang cenderung mencari informasi terbaru ataupun berkomunikasi dengan kerabat bukannya belanja online.

Oleh sebab itu, jika anda ingin meningkatkan konversi penjualan online di media sosial, mau tidak mau anda harus melakukan promosi yang jauh lebih gencar lagi.

·         Minimnya jaminan keamanan transaksi online di media sosial

Satu lagi kekurangan dari media sosial ketika digunakan untuk jualan online jika dibandingkan dengan marketplace adalah minimnya jaminan keamanan bagi konsumen.

Karena tidak ada pihak ketiga yang menengahi transaksi online, kemungkinan besar konsumen juga berpikir berkali-kali sebelum yakin untuk membeli produk dari anda, apalagi jika anda tergolong sebagai penjual baru.

Media sosial kalah telak untuk urusan SEO

SEO juga termasuk salah satu faktor penting yang menentukan berpotensi tidaknya sebuah platform untuk digunakan jualan online.

Berbicara mengenai SEO atau optimasi pencarian melalui Google, media sosial kalah telak jika dibandingkan dengan marketplace.

Mayoritas situs yang menguasai halaman pertama mesin pencarian Google untuk kategori buying keyword dikuasai oleh marketplace lokal Indonesia bukan media sosial.

Tips Memilih Platform Jualan Online Untuk Pemula

Oke, mungkin sebagian besar dari anda yang masih membaca artikel sampai bagian ini mulai merasa semakin bingung menentukan platform mana yang paling mudah untuk jualan online.

Jika diperhatikan, memang marketplace dan juga media sosial itu mempunyai kelebihan dan juga kekurangan ketika digunakan sebagai platform jualan online.

Bagi anda yang baru mau mencoba menjual produk secara online, anda bisa mempertimbangkan beberapa hal ini untuk memilih platform jualan online mana yang paling mudah sesuai dengan kondisi anda saat ini:

Berapa modal yang anda miliki

Bagi anda yang belum memiliki cukup banyak modal, anda disarankan untuk menjual produk secara online di media sosial terlebih dahulu. Kenapa? Karena anda tidak perlu menunggu proses pencairan dana di marketplace.

Namun jika anda memiliki modal yang cukup, setidaknya 10 kali lipat dari harga pokok produk yang anda jual, maka anda bisa mulai jualan online di marketplace.

Dropship, reseller, supplier tangan pertama, atau produsen

Hal kedua yang juga perlu anda perhatikan adalah dari rantai produsen, suplier tangan pertama, reseller dan dropship, dimanakah anda berada?

Jika anda hanyalah seorang reseller atau bahkan dropship, sebaiknya mulailah jualan online di media sosial. Kenapa? Karena sebagai reseller ataupun dropshipper, anda tidak akan mampu bersaing harga di marketplace.

Namun jika anda memang mendapatkan produk dari suplier tangan pertama atau bahkan anda adalah produsen, mulailah jualan online di marketplace.

Bagaimana? Sekarang anda sudah paham bukan mana yang lebih mudah antara marketplace dan media sosial ketika digunakan untuk jualan online?

Artikel Menarik Lainnya :

About the author

Autobild

4 Comments

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.