Keuntungan Laporan Keuangan untuk Bisnis, Pebisnis Pemula Harus Tahu!

K

Keuntungan Laporan Keuangan untuk Bisnis, Pebisnis Pemula Harus Tahu! – Apapun jenis bisnisnya bisa dipastikan akan memiliki transaksi keuangan di setiap harinya. Untuk mengelola keuangan yang baik, pebisnis harus lakukan pencatatan keuangan yang benar dan terperinci untuk lihat biaya apa saja yang masuk dan keluar di perusahaannya. Pencatatan yang baik pastinya akan memberi pengaruh yang baik pula bagi bisnisnya dari segi kebersihan yang dicapai nanti.

Perlu Anda tahu bahwa proses pencatatan keuangan umumnya dikenal dengan proses pembukuan. Pembukuan ini merupakan proses pencatatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data serta informasi keuangan yang meliputi harta, modal, kewajiban, penghasilan, biaya, jumlah harga perolehan, dan penyerahan barang atau pun jasa. Proses tersebut lalu ditutup dengan menyusun laporan keuangan.

Laporan keuangan dalam sebuah bisnis dibuat untuk mengetahui informasi yang ada kaitannya dengan kondisi keuangan, kinerja karyawan, serta perubahan kondisi keuangan perusahaan, yang kemudian dimanfaatkan pebisnis untuk ambil kepuasan dikemudian hari. Tapi sangat disayangkan sekali, hingga sekarang masih ada banyak pebisnis yang belum sadar akan pentingnya laporan keuangan bagi perusahaannya. Di bawah ini akan kami bagikan informasi tentang berbagai manfaat atau keuntungan laporan keuangan untuk bisnis. Silakan anda simak.

Keuntungan Laporan Keuangan untuk Bisnis

Aset bisnis dan pribadi bisa dipisahkan dengan baik

Laporan atau pun pembukuan keuangan bisa buat aset pribadi dengan bisnis tidak bercampur, sehingga yang demikian tersebut bisa meminimalkan resiko bisnis ke dalam kehidupan pribadi. Tak hanya itu saja, dengan menggunakan laporan ini pebisnis bisa jalankan perusahaannya dengan lebih profesional.

Menjadi acuan dalam pengambilan keputusan

Manajemen perusahaan bisa lihat kondisi keuangan bisnis di periode tertentu untuk dapat memastikan apa kondisi keuangannya sedang sehat, kritis, maupun bangkrut. Sehingga manajemen perusahaan bisa langsung membuat keputusan yang ada kaitannya dengan kenaikan gaji karyawan, pembelian aset, pencarian modal, menambahan pinjaman, pembagian dividen, pembagian bonus, dan lain sebagainya.

Informasi untuk menghitung pajak

Laporan keuangan memang memiliki peranan yang cukup penting sekali dalam penyajian informasi untuk dijadikan bahan dasar perhitungan pajak. Bahan dasar dalam hal ini memiliki artian sebagai informasi dalam laporan keuangan yang dikelola lebih lanjut lagi untuk bisa menentukan besarnya pajak terutang di sebuah perusahaan.

Berguna untuk melihat jumlah keuntungan

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari adanya laporan keuangan untuk bisnis adalah untuk melihat jumlah keuntungan yang didapat. Perlu Anda tahu bahwa dalam sebuah bisnis pastinya akan ada fase – fase dimana Anda mempunyai pendapatan yang banyak dan sedikit. Nah, lewat laporan keuangan inilah maka Anda bisa lihat dan analisa berapa jumlah keuntungan yang didapatkan dari bisnis, apa mempunyai keuntungan tinggi, atau justru alami kerugian? Lewat lajur debit dan kredit yang ada, Anda bisa lihat semua secara transparan.

Baca Juga : Begini Cara yang Benar Mengelola Arus Kas untuk Bisnis UKM

Laporan ke pihak luar

Seperti yang kita tahu bersama bahwa laporan keuangan sangat dibutuhkan untuk meninjau pajak atau pun sebagai syarat bagi pihak luar seperti pemerintah maupun perusahaan lain dan lembaga keuangan. Mereka nanti akan meminta laporan keuangan sebagai salah satus syarat kerjasama guna meninjau prospek bisnis yang Anda miliki di masa akan datang. Tidak mungkin memang pihak luar ingin bekerjasama dengan bisnis yang tidak mempunyai prospek untuk ke depannya. Oleh sebab itulah, Anda di sini harus tahu seberapa pentingnya fungsi dari laporan keuangan sebagai syarat untuk berhubungan dengan pihak luar. Apabila bisnis Anda jadi semakin besar, pastinya mengunggah laporan keuangan jadi syarat utama untuk urusan transparansi kepada publik.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang keuntungan laporan keuangan untuk bisnis. Semoga bermanfaat.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.