Lokasi Usaha Cafe Yang Tepat Agar Pengunjung Ramai Terus

L

Saat ini banyak pengusaha dan bahkan artis yang menggeluti bisnis kuliner. Banyaknya peluang yang menguntungkan dari jenis bisnis tersebut, pengusaha berbondong-bondong membuka bisnis kuliner. Salah satu bisnis kuliner yang banyak diminati saat ini yaitu membuka usaha cafe. Dengan membuka cafe, peluang yang menjanjikan dan cukup banyak akan didapatkan. Bisa dilihat saat ini, bermunculan beragam cafe baru berlokasi di deretan sepanjang jalan.

Lokasi Usaha CAFE

Perlu Anda ketahui, banyak hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai suatu bisnis apapun, hal ini bertujuan agar bisnis Anda dapat berlanjut terus-menerus dan selalu ramai pengunjung. Salah satu hal penting tersebut yaitu pemilihan lokasi yang tepat. Dalam hal ini yaitu memilih lokasi usaha cafe yang tepat. Lokasi usaha cafe yang tepat akan menentukan kesuksesan usaha Anda. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus mampu dan cerdas dalam memilih lokasi yang mampu memberikan keuntungan (profit) terhadap suatu usaha yang dijalani.

Berikut cara menentukan lokasi usaha cafe yang tepat agar ramai pengunjung.

– Kepadatan Penduduk

Lokasi usaha cafe yang dipilih memiliki tingkat kepadatan penduduknya tinggi, mempunyai peluang yang tinggi juga untuk kemajuan suatu usaha. Dalam hal ini dimisalkan membuka sebuah cafe di suatu lokasi kampus yang terdiri dari banyak kampus tentu berbeda dengan tingkat kemajuan usahanya dengan lokasi yang hanya ada satu kampus. Jika Anda membuka usaha cafe disekitar kampus, Anda harus perhatikan terlebih dahulu ada berapa kampus diarea tersebut. Semakin tinggi tingkat kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula peluang dan tingkat kesuksesasn usaha cafe Anda.

– Banyak Usaha Lain di Lokasi yang Sama

Di lokasi deretan pertokoan tertentu pasti banyak terdapat berbagai macam usaha. Semakin banyak orang yang berwirausaha di lokasi yang Anda pilih, maka semakin ramai pula lokasi tersebut. Hal ini akan menarik perhatian konsumen untuk pergi berbelanja dimana dilokasi yang mereka datangi mereka dapat berbelanja semua kebutuhannya di satu tempat. Contohnya seperti Mall, Plaza, ataupun Ruko.

– Pertimbangan Ekonomis

Selain lokasi usaha yang ramai, Anda juga perlu melihat kembali prospek usaha di lokasi tersebut. Walaupun mall lebih ramai pengunjungnya, harga sewa tempat yang harus dibayar biasanya lebih mahal. Maka sebaiknya Anda menghindari mall yang tidak ramai, karena akan membuat usaha Anda tidak berkembang diakibatkan tidak ramai pengunjung, tetapi harus membayar biaya sewa tempat yang mahal.

– Tingkat Pendapatan Masyarakat

Alangkah baiknya jika Anda mengetahui pendapatan penduduk atau penghasilan calon konsumen di wilayah atau lokasi usaha cafe yang akan Anda pilih. Hal ini berhubungan dengan tingkat daya beli masyarakat terhadap produk minuman atau makanan yang akan Anda jual. Apabila daya beli masyarakat tinggi, Anda dapat menjual produk dengan harga yang lebih mahal dan berkualitas tinggi. Tetapi jika daya beli masyarakat rendah, maka Anda dapat memilih menjual produk dengan harga terjangkau dan berkualitas standar.

– Lalu Lintas

Sebaiknya Anda memilih lokasi yang lalu lintasnya cukup ramai. Contohnya seperti dekat pertigaan atau perempatan lampu lalu lintas. Hal ini dikarenakan saat orang berhenti karena lampu merah, pasti akan dengan mudah melihat cafe Anda. Hal ini merupakan strategi yang sangat baik untuk cafe yang dibaru buka, dikarenakan masih belum banyak yang mengetahuinya.

– Tingkat Persaingan

Tingkat persaingan yang tinggi dengan jenis bisnis kuliner yang sama, dalam hal ini sama-sama bisnis usaha cafe, biasanya akan mempengaruhi tingkat penghasilan itu sendiri.  Bisa saja berkurang ataupun bertambah penghasilannya, tergantung dari faktor keberuntungan. Jika Anda yakin dan berani serta mempunyai modal lebih besar dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, Anda dapat memasuki persaingan usaha di lokasi tersebut.

– Lahan parkir

Adanya lahan parkir merupakan faktor yang sangat penting terutama bagi tempat usaha yang berada di kawasan ramai. Untuk bisnis yang membutuhkan waktu pakir yang lebih lama, seperti cafe yang pengunjungnya biasanya berbincang-bincang lama selagi minum dan makan. Apalagi jika pengunjungnya terus berdatangan sehingga membutuhkan lahar parkir yang cukup besar.

– Tingkat kriminalitas

Lokasi usaha cafe yang cukup kondusif dapat mendukung kelangsungan usaha yang Anda jalankan. Terutama jika usaha yang selalu buka selama 24 jam. Anda harus memastikan lokasi sekitar usaha Anda selalu aman ketika malam hari agar para pengunjung juga tidak ragu untuk mengunjungi usaha Anda ketika malam hari. Periksa tingkat kriminalitas daerah setempat untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan yang bisa mengancam tempat bisnis dan pengunjung  Lebih baik jika lokasi usaha café Anda berada tidak jauh dari kantor polisi.

– Mudah Terlihat

Banyak orang yang memulai usaha cafe tanpa memperhatikan hal ini dan akhirnya cafenya menjadi sepi, yaitu mudah terlihat. Agar mudah terlihat Anda bisa membuat tulisan yang besar di depan cafe Anda dan dengan desain yang menarik.

– Dekat dengan Target Konsumen

Target konsumen juga mempengarhi lokasi konsumen. Apabila cafe Anda berkonsep anak kuliahan, maka Anda harus memilih lokasi di lingkungan universitas. Oleh karena itu, sebelum menentukan lokasi usaha cafe yang tepat, sangat penting untuk Anda memperhatikan target pasar yang akan dituju.

Contoh lokasi cafe yang strategis

Sebenarnya usaha cafe sama saja dengan usaha jenis lainnya, yaitu membutuhkan lokasi yang tepat. Lokasi usaha cafe yang mendukung semua aspek, maka bisnis cafe yang kita jalani pasti ramai baik itu di siang hari maupun malam hari. Berikut contohnya:

– Dekat Kampus (Universitas)

Kampus merupakan lembaga pendidikan yang biasanya memiliki banyak mahasiswa. Memulai bisnis usaha cafe di sekitaran kampus tentu sangat bagus dan menarik, dikarenakan mahasiswa membutuhkan tempat untuk sekedar mengobrol, kerja kelompok, minum, makan, ngopi, atau bahkan reunian.

– Dekat Supermarket/Minimarket

Pasti Anda setelah berbelanja akan merasa penat dan lelah, dan akhirnya untuk melepaskan penat dan lelah itu Anda akan istirahat, makan, minum, dan ngobrol. Hal ini merupakan peluang bagi Anda yang ingin membuka usaha cafe di dekat supermarket. Karena pengunjung akan datang setelah selesai berbelanja. Peluang yang sangat menggiurkan bukan?

– Dekat Jalan Raya

Apapun jenis bisnisnya, usaha Anda akan cocok jika di jalankan di dekat jalan raya. Lokasinya yang mudah di jangkau dan di ketahui oleh banyak orang, merupakan peluang bagi Anda yang akan membuka usaha cafe di dekat jalan raya. Tetapi sayangnya harga tanah di dekat jalan raya sangatlah mahal, sehingga tidak cocok bagi Anda yang memiliki modal awal yang tidak tinggi

– Dekat Tempat Pariwisata

Tempat wisata merupakan tempat yang pastinya mampu menyedot pengunjung dengan jumlah yang banyak setiap harinya, terutama ketika musim liburan. Peluang yang sangat menggiurkan bagi Anda yang akan memulai usaha cafe. Salah satunya itu dekat tempat wisata. Membuka usaha cafe di tempat wisata bisa Anda coba, karena pengunjung yang datang ke lokasi wisata, pasti ada yang mampir ke cafe. Apalagi di tambah dengan keindahan alam dari tempat wisata tersebut.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Itulah beberapa informasi mengenai lokasi usaha cafe yang tepat agar pengunjung selalu ramai. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

About the author

Autobild

1 Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.