Macam-Macam Bisnis yang Dapat Dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga di Rumah

M

Macam-Macam Bisnis yang Dapat Dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga di Rumah – Seorang ibu rumah tangga memiliki kodrat untuk menjaga kelangsungan kehidupan orang-orang yang hidup di dalam rumahnya dengan melakukan tugas yang wajib dilakukannya seperti bersih-bersih, masak, mencuci, dll. Namun, seiring berkembangnya jaman dan pola pikir masyarakat, ibu rumah tangga pada saat ini tetap ingin melakukan pekerjaan rumah tangga namun ingin menambahkan penghasilan tambahan dengan cara membuka bisnis yang belokasi di rumahnya sendiri.

Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai bisnis apa saja yang dapat dilakukan ibu rumah tangga di rumahnya.

Online Shop

Bisnis pertama yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah online shop. Pada saat ini teknologi dan media sosial telah merajalela. Tidak hanya kalangan anak muda, media sosial telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari para ibu rumah tangga. Sangat disayangkan apabila ibu rumah tangga hanya menghabiskan waktu untuk menggunakan media sosial tanpa menghasilkan pendapatan. Untuk itu, para ibu-ibu rumah tangga tersebut dapat memulai bisnis dengan menggunakan media sosial seperti online shop. Selain itu, bisnis online shop tidak memerlukan tempat untuk menjajakan barang dagangannya sehingga akan mengurangi biaya produksi.

Membuat Kerajinan

Bisnis kedua yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuat kerajinan. Seperti yang kita ketahui bahwa wanita atau ibu-ibu memiliki rasa telaten yang lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Untuk itu, para ibu-ibu rumah tangga tersebut dapat mencoba untuk membuat usaha kerajinan tangan. Dengan membuka usaha kerajinan tangan, anda juga dapat menggunakan keahlian menggambar maupun menjahit yang anda miliki.

Mengajar Les Privat

Bisnis ketiga yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah mengajar les privat. Apabila anda seorang lulusan perguruan tinggi atau memiliki ilmu di dalam bidang tertetu, anda dapat membuka usaha les privat di rumah. Apabila anda bukan lulusan perguruan tinggi ataupun tidak memiliki keahlian atau ilmu di dalam bidang tertentu, anda dapat memperkerjakan seseorang yang telah memenuhi persyaratan. Membuka les privat ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan karena tidak memerlukan biaya yang harus dikeluarkan, namun mendapat gaji atau bayaran yang lumayan.

Membuka Warung Makan dengan Fasilitas Wifi

Bisnis keempat yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka warung makan dengan menambahkan fasilitas wifi. Apabila anda memiliki keahlian di dalam bidang memasak, bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang wajib dicoba. Bisnis kuliner adalah salah satu bidang bisnis yang pasti lancar karena semua orang memerlukan asupan makanan. Apabila anda memiliki keahlian di dalam bidang memasak, maka anda akan mengurangi biaya produksi karena tidak perlu menyewa jasa koki.

Dengan pesatnya arus globalisasi dan perkembangan teknologi, semua orang pasti memerlukan internet untuk mengecek media social yang mereka miliki. Untuk itu, sebaiknya anda menambahkan fasilitas wifi untuk meningkatkan minat pelanggan.

Produksi Kue Rumahan

Bisnis kelima yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka usaha produksi kue rumahan. Sama halnya dengan warung makan, apabila anda memiliki keahlian di dalam bidang memasak, bisnis kue adalah salah satu bisnis yang wajib anda coba. Sebelum memulai usaha kue ini, sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu mengenai jenis kue yang paling diminati oleh para konsumen dan memilih pesaing yang akan dijadikan acuan. Bisnis kue ini adalah bisnis yang paling cocok dicoba apabila anda tidak ingin melakukan pekerjaan berat, namun dapat menghasilkan pendapatan.

Usaha Catering Rumahan

Bisnis keenam yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka usaha catering rumahan. Satu lagi bisnis kuliner yang patut anda coba yaitu bisnis catering. Sama halnya dengan usaha rumah makan, apabila anda memiliki kemampuan di dalam bidang memasak, maka akan mengurangi biaya produksi. Apabila anda berniat untuk memperbesar atau mengembangkan usaha catering, anda dapat merekrut beberapa pekerja untuk mempermudah pekerjaan.

Usaha Laundry

Bisnis ketujuh yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah usaha laundry. Sudah menjadi kodrat bagi wanita untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, memasak, dan membersihkan rumah. Namun ternyata melalui tugas-tugas yang wajib dilakukan oleh ibu rumah tangga tersebut, anda dapat menghasilkan rupiah dengan membuka usaha laundry.

Agar usaha laundry anda cepat dikenal oleh banyak orang, anda dapat melakukan pemasaran melalui media social seperti Instagram, facebook, dll. Selan itu, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, anda dapat memberikan voucher atau bonus apabila pelanggan tersebut sering menggunakan jasa laundry anda.

Rental PS

Bisnis kedelapan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah rental PS. Apabila suami atau anak anda memiliki PS di rumah, maka hal tersebut dapat menjadi peluang untuk membuka usaha. Anda dapat membuka usaha rental PS dan anda bertugas untuk mengawasi. Apabila dirasa usaha rental PS semakin maju, anda dapat membeli beberapa PS lagi untuk mengembangkan usaha rental PS anda.

Konveksi

Bisnis kesembilan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka usaha konveksi. Untuk mengawali usaha konveksi, anda dapat membuka usaha jahit terlebih dahulu untuk mengetahui minat pelanggan dan mengasah kemampuan jahit anda. Jika dirasa usaha jahit anda semakin maju, anda dapat merekrut pekerja dan membeli peralatan konveksi seperti mesin jahit, gunting, meteran, dll.

Membuka Konter

Bisnis kesepuluh yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka konter. Konter adalah usaha yang sangat cocok untuk digeluti ibu rumah tangga. Pasalnya dengan membuka usaha konter, anda akan menggunakan waktu kosong anda setelah melakukan pekerjaan rumah. Di dalam usaha koter ini, anda dapat menjual berbagai barang yang dibutuhkan pelanggan seperti pulsa, handphone, casing, jasa service, dll.

Menjadi Blogger atau Youtuber

Bisnis kesebalas yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah menjadi blogger atau youtuber. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk digelutih oleh anda yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Apabila anda merasa kehidupan sehari-hari anda menarik, anda dapat menuliskannya di blog atau meliputnya menjadi video dan diupload ke youtube. Selain kehidupan sehari-hari, anda juga dapat melakukan video tutorial mengenai beberapa hal seperti make up, fashion, ataupun hal lain yang sesuai dengan passion anda.

Membuka Kos-Kosan

Bisnis keduabelas yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka kos-kosan. Apabila rumah anda berdekatan dengan lokasi keramaian seperti kampus atau sekolah, bisnis kos-kosan adalah salah satu bisnis yang wajib untuk dicoba. Pasalnya pelajar atau mahasiswa yang berasal dari luar kota, pasti membutuhkan tempat tinggal. untuk itu, bisnis kos-kosan adalah bisnis yang sangat menguntungkan untuk dicoba. Anda dapat berperan menjadi ibu kos dengan tugas mengawasi kelangsungan kehidupan di dalam kos-kosan yang anda miliki. untuk memberikan kenyamanan, anda dapat menambahkan fasilitas tambahan seperti kamar mandi dalam, wifi, dan TV.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan bisnis apa yang cocok untuk anda rintis.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.