Tips Membuat Website Toko Online Praktis Bagi Pemula

T

Tips Membuat Website Toko Online Praktis Bagi Pemula – Jualan online memang merupakan bisnis yang sangat berpotensi untuk ditekuni di jaman sekarang. Hal tersebut dikarenakan mulai banyak orang yang lebih memilih membeli berbagai macam produk secara online.

Berbicara mengenai jualan produk secara online, ada beberapa macam jenis platform yang bisa anda gunakan. Anda bisa menggunakan marketplace yang memang dibuat untuk mendukung jual beli online, anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menjual produk secara online.

Namun dari sekian banyak platform, anda lebih disarankan untuk menggunakan website toko online sendiri. Kenapa? Karena anda tidak terikat dengan berbagai macam aturan dari pihak lain.

Namun masalahnya, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara membuat website toko online. Jikalaupun mengetahui bagaimana caranya membuat website toko online, masih banyak yang belum bisa memaksimalkan penggunaan website tersebut untuk menarik konsumen.

Sebenarnya bagaimana cara membuat website toko online yang bisa menghasilkan omset jutaan Rupiah atau bahkan puluhan juta Rupiah? Jika anda ingin mengetahui apa rahasia sukses membuat dan juga mengelola website toko online, anda bisa membaca penjelasannya lebih lanjut di artikel ini.

Contoh online shop: Nielshop Toko Muslimah

Faktor Penentu Sukses Tidaknya Dalam Membuat Website Toko Online yang Belum Banyak Diketahui Orang

Ada banyak sekali faktor yang memang harus anda perhatikan dalam membuat website toko online. Faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi persentase sukses tidaknya website toko online anda nantinya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang biasanya sering dianggap remeh namun sebenarnya merupakan penentu sukses tidaknya website toko online anda nanti:

Jenis produk yang anda jual

Faktor pertama yang perlu anda perhatikan sebelum membuat website toko online adalah jenis produk apa yang nantinya akan anda jual.

Bukankah semua produk bisa dijual di dalam website toko online anda? Ya, memang semua produk bisa dijual secara online menggunakan website. Namun jika anda ingin toko online yang anda miliki ramai pembeli, pastikan terlebih dahulu bahwa produk yang akan anda jual memang banyak dicari orang.

Banyak sekali orang yang langsung membuat website toko online tanpa memikirkan mengenai apa produk yang nanti akan dijual di dalam website.

Karena produk yang dijual tidak dipilih dengan tepat, secara otomatis website toko online juga terasa tidak bisa dimaksimalkan karena sepi dari pengunjung.

Lalu bagaimana cara menentukan produk yang tepat untuk dijual di website toko online milik anda sendiri? Caranya sebenarnya cukup mudah. Anda bisa cek langsung produk apa saja yang paling laris di beberapa marketplace.

Reseller atau dropship

Setelah anda menentukan produk apa yang akan anda jual di website toko online milik anda sendiri, selanjutnya yang perlu anda tentukan sebelum membuat website toko online adalah anda akan berperan sebagai reseller atau dropshipper.

Apakah reseller dan dropshipper itu membutuhkan website toko online yang berbeda? Jelas kedua jenis penjual online tersebut membutuhkan website yang berbeda. Yang paling membedakan antara website reseller dan dropshipper adalah templatenya.

Mayoritas website reseller tidak menjual banyak jenis produk seperti website dropshiper. Karena tidak banyak produk yang dijual, umumnya website reseller lebih sering menerangkan satu produk dalam satu halaman website.

Memilih Platform Untuk Membuat Website Toko Online Anda Sendiri

Jika anda sudah menentukan apa jenis produk dan jenis penjual online apa yang akan anda tekuni, selanjutnya anda bisa mulai memilih platform apa yang akan anda gunakan untuk membuat website toko online.

Ada cukup banyak pilihan platform yang bisa anda gunakan untuk membuat website toko online sendiri. Ada yang berbayar, dan ada juga yang gratis. Berikut ini adalah beberapa pilihan platform yang bisa anda gunakan untuk membangun website toko online sendiri:

1.      Jarvis

Jarvis adalah platform pertama yang sangat disarankan untuk anda gunakan dalam membuat website toko online sendiri.

Ya, memang untuk bisa membuat website toko online dengan menggunakan platform Jarvis ini tidak gratis. Ada biaya bulanan yang harus anda bayar.

Namun demikian, Jarvis ini akan sangat memudahkan anda dalam membuat toko online. Anda sama sekali tidak perlu mengetahui apapun mengenai kode-kode CMS yang membingungkan untuk bisa membuat toko online sendiri.

Menariknya lagi, Jarvis ini juga sudah memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap seperti diskon, member, reseller, integrasi dengan ekspedisi pengiriman barang, dan masih banyak lagi.

Lalu berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk bisa menggunakan platform Jarvis dalam membuat website toko online? Biaya bulanan paling murah untuk menggunakan platform Jarvis ini adalah Rp 100.000.

2.      Shopify

Selain Jarvis, anda juga bisa menggunakan Shopify untuk membuat website toko online sendiri.

Sama halnya seperti Jarvis, anda juga dikenakan biaya. Namun untuk masalah biaya, Shopify memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Jarvis.

Namun demikian, fitur yang bisa anda gunakan juga jauh lebih lengkap. Sayangnya, Shopify masih mengenakan fee tambahan dari setiap transaksi.

Meskipun sedikit lebih mahal dari Jarvis, namun Shopify memberikan kesempatan bagi anda yang ingin merasakan fiturnya secara gratis selama 14 hari.

Jika memang anda puas dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh Shopify, anda bisa mulai membuat website toko online dengan biaya per bulan mulai dari $29.

3.      WordPress

Jika anda merasa platform Jarvis dan Shopify masih terlalu mahal, anda bisa memilih membuat website toko online dengan menggunakan wordpress sebagai platformnya.

Untuk bisa membuat toko online dengan menggunakan CMS dari wordpress, anda membutuhkan hosting dan juga domain. Selain itu, anda juga perlu menggunakan plug in seperti Woo Commerce.

Total biaya yang anda butuhkan untuk membuat website toko online dengan menggunakan platform WordPress ini memang jauh lebih murah yaitu sekitar $50 saja per tahunnya.

4.      Blogspot custom domain

Jika memang dana anda sangat terbatas, anda bisa memilih menggunakan Blogspot sebagai platform website toko online.

Namun untuk memoles Blogspot agar memiliki tampilan sebuah website toko online profesional, anda juga perlu mengeluarkan sedikit dana untuk membeli template premium e-commerce dan juga menyewa domain.

Jika sudah dilengkapi dengan template dan domain khusus, sebuah Blogspot juga sudah memiliki tampilan yang tidak kalah dengan platform website toko online lainnya.

Lalu berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk membuat website toko online dengan menggunakan platform Blogspot? Anda hanya perlu mengeluarkan sekitar $20 per tahun untuk biaya sewa domain per tahun dan juga membeli template premium (sekali beli).

Artikel menarik lainnya : Jualan Online di Marketplace atau Media Sosial ?

Bagaimana? Sebenarnya cukup mudah bukan membuat website toko online sendiri itu? Selain cukup mudah, sebenarnya membuat website toko online itu juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar bukan?

Lalu kapan anda akan mulai membuat website toko online sendiri? Produk apa saja yang akan anda jual di dalam website toko online anda tersebut?

About the author

Autobild

4 Comments

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.