Tips Menjalankan Bisnis Dropship Hingga Mampu Menjadi Distributor

T

Tips Menjalankan Bisnis Dropship Hingga Mampu Menjadi Distributor – Jualan online memang menjadi salah satu model bisnis yang cukup populer di jaman sekarang. Salah satu alasan kenapa jualan online bisa menjadi bisnis yang populer adalah karena siapa saja bisa menjalankannya.

Menariknya lagi, jualan online sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang disebut sebagai reseller dan ada juga yang disebut sebagai dropshipper.

Dropshipper adalah jenis jualan online yang paling banyak digeluti di jaman sekarang. Pasalnya, bisnis dropship memang jauh lebih enteng untuk dijalankan oleh siapa saja.

Bisnis dropship hampir tidak membutuhkan modal sama sekali. Untuk menjalankan bisnis tersebut, anda hanya membutuhkan komputer/laptop, atau smartphone dan juga koneksi internet saja.

Tugas anda hanyalah menawarkan produk-produk dari suplier. Jika ada yang membeli, anda hanya perlu memesan produk tersebut dari suplier. Anda sama sekali tidak perlu modal sama sekali bukan?

Namun karena bisnis dropship adalah bisnis yang cukup mudah dan sama sekali tidak membutuhkan modal, peluangnya untuk bertahan dalam jangka waktu panjang juga sangat kecil jika dibandingkan dengan jenis jualan online lainnya.

Tertarik untuk mempelajari seluk beluk mengenai bisnis dropship? Mau tau bagaimana caranya mengembangkan bisnis dropship hingga bisa menjadi distributor? Anda bisa pelajari lebih lanjut di artikel ini.

Kenapa Bisnis Dropship Itu Tidak Bisa Bertahan Lama?

Sebagian besar dari anda mungkin masih belum paham mengenai kenapa bisnis dropship itu adalah bisnis yang usianya tidak bisa bertahan lebih lama dari jenis jualan online lainnya.

Sebenarnya kenapa bisnis dropship itu tidak bisa bertahan lama? Berikut adalah beberapa alasan kenapa bisnis dropship itu tidak bisa dijadikan mata pencaharian dalam jangka waktu yang lama:

Hidup anda bergantung pada suplier

Alasan pertama kenapa bisnis dropship itu kemungkinan besar tidak bisa bertahan lama adalah karena bisnis anda bergantung sepenuhnya pada suplier.

Jika suplier tempat anda mengambil barang mengalami masalah, bisnis anda secara otomatis akan langsung terkena imbasnya.

Padahal, jaman sekarang ini bisa dikatakan tidak ada yang bisa dipastikan. Buktinya banyak sekali perusahaan yang usianya sudah cukup tua harus mengakui bangkrut karena persaingan.

Anda sama sekali tidak mengontrol produk yang anda jual

Alasan kedua kenapa bisnis dropship tidak bisa dijadikan mata pencaharian dalam jangka waktu lama adalah karena anda sama sekali tidak memiliki kontrol pada produk-produk yang anda jual.

Anda sama sekali tidak mengetahui bagaimana kualitas produk yang anda jual kepada konsumen. Mungkin saja saat ini semua produk yang dibeli oleh konsumen anda diterima dalam kondisi memuaskan.

Namun apakah anda bisa menjamin bahwa selamanya suplier anda bisa menjaga kualitas produknya? Apakah anda juga bisa menjamin bahwa suplier anda selamanya akan selalu mengecek kondisi produk sebelum dikirim kepada konsumen anda?

Harga produk tidak bisa bersaing di pasar online

Karena anda hanya menjadi makelar dari suplier, secara otomatis harga produk yang anda tawarkan lama kelamaan tidak akan bisa bersaing di pasaran.

Kenapa? Karena harga produk yang anda tawarkan kepada konsumen pasti sudah lebih mahal setelah ditambahkan dengan keuntungan yang anda dapatkan.

Karena harga produknya menjadi terlalu mahal, secara otomatis bisnis dropship yang anda tekuni bisa jadi akan tergilas dengan toko-toko online yang mampu memberikan penawaran harga produk jauh lebih murah dari anda.

Meskipun memang bisnis dropship tidak bisa dijadikan mata pencaharian dalam jangka waktu lama, namun bisnis tersebut masih sangat layak untuk dijalankan.

Jika anda bisa menjalankan bisnis dropship secara maksimal, anda sebenarnya masih memiliki kesempatan untuk naik level dari seorang makelar online menjadi seorang distributor sebenarnya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Bisnis Dropship Hingga Menjadi Distributor?

Ya, memang bisnis dropship sebenarnya bisa ditingkatkan potensinya. Anda bahkan memiliki potensi menjadi seorang distributor dari bisnis dropship.

Lalu bagaimana caranya agar bisnis dropship yang saat ini anda geluti lama kelamaan bisa membuat anda menjadi seorang distributor dari produk yang saat ini anda promosikan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus mulai anda lakukan agar bisnis dropship yang anda geluti bisa naik level hingga menjadi distributor dari produk yang sekarang anda jual:

Kembangkan brand toko online anda

Hal pertama yang wajib anda lakukan jika ingin bisnis dropship bisa berkembang hingga menjadi distributor adalah kembangkan brand toko online anda.

Banyak sekali dropshipper yang sebenarya memiliki potensi untuk naik level. Sayangnya, mereka terlena dengan kenyamanan menjadi seorang dropshipper dan akhirnya harus merasakan pahitnya tergerus penjual tangan pertama atau bahkan dropshipper lain.

Jika memang anda ingin bisnis dropship yang anda geluti bisa berkembang hingga membuat anda menjadi seorang distributor, mulailah kembangkan brand toko online anda.

Jangan hanya fokus mempromosikan produk-produk yang anda jual saja. Namun sekaligus tingkatkan brand awareness toko online anda di kalangan konsumen.

Miliki situs toko online sendiri

Ya, memang dropship itu adalah model bisnis yang paling murah meriah. Namun jika anda ingin berkembang, jelas anda harus mengeluarkan modal.

Jika anda tidak ingin bisnis dropship yang saat ini anda geluti tergerus dengan persaingan, pastikan juga untuk segera membuat situs toko online anda sendiri.

Dengan memiliki situs toko online sendiri, anda tidak hanya bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap anda. Namun andapun sekaligus bisa meningkatkan jangkauan promosi produk dengan menggunakan situs toko online sendiri.

Mulailah stok beberapa produk yang paling laku

Jangan terlena dengan keuntungan yang anda dapatkan dari bisnis dropship yang anda tekuni. Gunakan keuntungan tersebut untuk mulai stok beberapa produk yang memang masuk kategori paling laku.

Apa untungnya memiliki stok barang? Jika anda bisa mulai stok produk dari suplier, secara otomatis anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari pembelian produk dalam kuantiti tertentu.

Selain keuntungan yang lebih besar, andapun bisa lebih cepat dalam memproses pesanan dari konsumen. Keuntungan terakhir dari memiliki stok produk adalah anda bisa mulai mengontrol produk yang anda kirimkan kepada konsumen.

Kurangi produk yang anda promosikan di toko online

Jika bisnis dropship anda sudah mulai stabil, mulailah mengurangi produk yang anda tawarkan secara online.

Ya, sekilas memang hal ini tampak bertolak belakang dengan kebanyakan saran yang anda dapatkan di internet mengenai menjalankan bisnis dropship.

Namun jika anda memang ingin bisa naik level hingga menjadi seorang distributor, sebaiknya mulailah kurangi produk yang anda jual, terutama produk-produk yang kurang laku.

Kenapa anda harus mengurangi produk yang anda jual? Karena dengan semakin sedikitnya produk yang anda jual, maka anda bisa lebih fokus baik dalam menyediakan stok produknya hingga mencari suplier yang bisa memberikan harga lebih murah dari suplier anda sekarang.

Bagaimana? Sebenarnya bisnis dropship punya potensi yang cukup besar bukan jika anda mengetahui bagaimana cara mengembangkannya? Jadi sekarang anda masih mau menikmati semua keuntungan yang anda dapatkan dari bisnis dropship atau mau mulai investasi untuk mengembangkan usaha anda?

Artikel Menarik Lainnya :

About the author

Autobild

2 Comments

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.