Peluang Bisnis Berjualan Kue Kering Saat Lebaran Tiba

P

Peluang Bisnis Berjualan Kue Kering Saat Lebaran Tiba – Lebaran adalah perayaan hari besar umat islam seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha dan merupakan momen yang paling di tunggu-tunggu di seluruh dunia. Saat lebaran tiba, semua keluarga akan berkumpul bersama dan akan di suguhkan dengan aneka kuliner seperti kue kering dan itu merupakan momen lebaran yang paling membahagiakan karena pada.

Kue kering merupakan makanan yang biasanya di sajikan saat lebaran tiba. Biasanya kue ini di hidangkan untuk tamu, sebagai oleh-oleh, dan juga sebagai hantaran (ater-ater). Cara pembuatan kue kering merupakan hal yang mudah terlebih bagi ibu rumah tanggam dalam pembuatan kue kering ini yang terpenting ialah hasil kue yang enak. berjualan kue kering mempunyai banyak kendala dan kue kering sendiri, bentuk, dan rasa yang berbeda-beda. Biasanya rasa kue kering disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Kue kering cukup mudah dalam proses pembuatan dan memiliki masa waktu kadaluarsa yang relatif lebih lama dibandingkan dengan kue basah.

Saat ini peluang bisnis di Indonesia terutama bidang kuliner sangatlah menggiurkan, berpotensi besar, dan memiliki keuntungan yang cukup baik. Bisnis kuliner terus berkembang dan semakin inovatif dalam menyajikan hal-hal baru, baik itu dari jenis makanan, tampilan, dan nama yang dapat menarik minat orang. Usaha musiman berjualan kue kering bisa menjadi home industri yang menjanjikan untuk Anda yang ingin mencoba berbisnis kuliner, apalagi di saat lebaran tiba.

Bisnis kuliner yang satu ini memiliki potensi besar bagi Anda yang ingin berbisnis, dikarenakan permintaan konsumen yang cukup tinggi terhadap produk tersebut, apalagi disaat memasuki masa menjelang lebaran. Tidak hanya itu, omset yang akan didapatkan juga meningkat drastis.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan jika Anda akan memulai bisnis berjualan kue kering saat lebaran tiba. Berikut ini adalah penjelasannya.

Memilih Jenis Kue Kering

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan sebelum memasuki dunia bisnis berjualan kue kering ini ialah menentukan jenis kue kering seperti apa yang nanti akan Anda buat dan jual. Dalam pemilihan jenis kue kering yang akan dijual, Anda harus mencari jenis kue kering yang laku dan banyak dicari di pasaran. Anda perlu melakukan survey dengan bertanya ke beberapa orang mengenai kue kering seperti apa yang biasanya mereka suka dan sering dibeli.

Anda pun juga harus menyesuaikan kemampuan Anda dalam membuat kue kering yang dipilih, seperti resep membuat kue kering yang enak, mudah atau sulitnya dalam proses pembuatan, hingga harga jual yang terjangkau untuk kalangan masyarakat. Akan jauh lebih bagus lagi dan akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi bisnis kue kering Anda, jika Anda mampu menciptakan suatu resep kue kering yang enak, proses pembuatannya yang mudah, dan dengan harganya yang terjangkau.

Ciptakan Sesuatu yang Unik / Baru

Seperti yang Anda ketahui, saat ini sudah sangat banyak jenis kue kering yang dijual dengan berbagai model, bentuk, dan cita rasa yang berbeda-beda. Mungkin saja beberapa penikmat kue kering sudah mulai bosan dengan kue kering yang model, bentuk, dan rasa yang seperti itu-itu saja. Oleh karena itu, Anda dapat membuat peluang ini untuk berinovasi menciptakan kue kering yang benar-benar baru, baik dari resep, model, bentuk hingga cita rasa yang ditawarkan.

Salah satu inovasi dalam berjualan kue kering yang mungkin Anda bisa mencobanya adalah, membuat kue kering yang rendah gula. Nilai tambah yang dimiliki produk kue kering buatan Anda ini, akan membuat kue kering buatan Anda diburu oleh orang-orang yang memiliki masalah pada kadar gula dalam darah mereka, contohnya saja bagi penderita diabetes yang ingin memakan kue kering tetapi memiliki pantangan yang mengharuskan menjauhi berbagai kue / makanan yang mengandung gula tinggi. Dengan produk kue kering Anda ini, akhirnya mereka dapat memakan kue kering tanpa harus khawatir dengan penyakitnya.

Gunakan Bahan yang Berkualitas

Apabila Anda akan membuat resep kue kering, gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi, karena ini akan juga berpengaruh terhadap cita rasa yang dihasilkan. Jangan sampai Anda menggunakan bahan pengawet berlebihan atau bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Hasilkan Kue yang Enak

Semakin enak kue kering yang Anda buat, juga tentu akan semakin baik. Berjualan kue kering dengan rasa yang enak, akan berpengaruh pada penikmat kue kering untuk membeli dan memakan lagi kue tersebut dan bisa saja menjadi langganan tetap bisnis kue kering anda.

Membuat Penampilan Kue yang Menarik

Tampilan kue kering yang menarik untuk dilihat saja sudah dapat membuat kue kering buatan Anda terlihat unik dibanding kue kering lainnya. Bentuk yang unik dan menggemaskan, akan membuat mata konsumen akan langsung tertuju ke kue kering buatan Anda dan pasti ingin membelinya.

Perhatikan Masa Kadaluarsa Kue

Semua makanan pasti memiliki masa kadaluarsa, contohnya saja kue kering. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan masa kadaluarsa kue kering yang Anda buat dan mencantumkan label kadaluarsa di setiap produk kue. Hal ini bertujuan untuk menjauhkan kerugian di pihak konsumen dan mengurangi masalah yang mungkin saja timbul di kemudian hari yang disebabkan kue kering yang sudah kadaluarsa.

Harga yang Terjangkau

Semua orang pasti suka dengan sesuatu yang murah, termasuk harga jual kue kering ini. Pastikan harga kue kering yang Anda jual itu terjangkau dan bersaing di pasaran, tetapi jangan sampai Anda rugi juga.

Kemas Dalam Toples atau Wadah Cantik

Agar produk kue kering anda selalu dikenal dan diingat, kemas kue Anda dalam toples cantik atau wadah cantik. Gunakan toples dengan nama brand atau nama usaha Anda. Lengkapi juga dengan alamat, nomor telepon dan juga informasi jenis kue kering yang bisa di pesan.

Lakukan Promosi

Promosi bertujuan untuk mengenalkan produk Anda ke masyarakat luas. Promosi dapat di lakukan dengan cara membawa contoh kue kering ke saudara, tetangga, teman kerja, maupun orang-orang yang ada di sekitar Anda. Apabila promosi yang Anda lakukan berhasil, pasti Anda akan mendapat banyak pesanan kue kering.

Aktif Memasarkan Melalui Media Online

Anda juga dapat menawarkan dan memasarkan produk kue kering Anda dengan cara online. Sudah banyak pengusaha-pengusaha sukses yang meraup untung dari jualan menggunakan media online seperti facebook, instagram, twitter maupun membuka beberapa toko online di marketplace lokal yang populer. Aktif di berbagai media online, merupakan salah satu strategi yang sangat mampu untuk membuat bisnis jualan kue kering Anda sukses, apalagi untuk Anda yang tidak memiliki cukup banyak modal untuk membuat sebuah website toko online sendiri.

Jujur dalam Usaha

Tips terakhir bagi Anda yang akan berbisnis kue kering ialah tentang sebuah kejujuran dalam berbisnis. Terkadang demi meraup untung yang berlimpah, banyak para pelaku bisnis kuliner yang meminimalisir pengeluaran melalui bahan baku. Misalkan saja penggunaan bahan baku yang berkualitas kurang bagus, mengurangi resep, maupun penggunaan bahan pengawet berbahaya. Hal tersebut justru malah menurunkan kualitas dari kue. Selain rasa bersalah yang akan menghantui Anda dan merupakan perbuatan yang berdosa, konsumen pun juga akan dirugikan. Berbuatlah jujur dalam berbisnis dan pasti nantinya bisnis Anda akan selalu berkah.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Itulah beberapa informasi mengenai peluang bisnis berjualan kue kering saat lebaran tiba. Selamat mencoba bagi Anda yang ingin mulai bisnis jualan kue kering ini. Semoga bermanfaat.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.