Peluang Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata

P

Peluang Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata – Anda pasti pernah mengunjungi suatu daerah atau tempat wisata, baik itu sendiri, bersama teman maupun bersama keluarga. Untuk pulang dari suatu daerah atau tempat wisata yang Anda kunjungi, Anda pasti ingat untuk membeli oleh-oleh atau sekedar souvenir. Biasanya oleh-oleh berupa makanan khas dari daerah tersebut dan Anda berikan kepada keluarga atau teman dekat Anda.

Adanya Peluang Bisnis Oleh-Oleh

Indonesia merupakan salah satu satu negara yang memiliki banyak daerah dan tempat wisata yang potensial. Tidak hanya wisatawan lokal maupun non lokal, peminatnya juga dari wisatawan mancanegara. Peningkatan jumlah perjalanan wisatawan tentu dapat membawa dampak positif bagi industri pariwisata. Tidak hanya meningkatkan pendapatan negara, tetapi para pelaku usaha yang bergerak di bidang pariwisata juga mendapatkan efek positifnya. Salah satu yang diincar oleh para wisatawan yaitu oleh-oleh. Oleh-oleh tersebut bisa berupa benda kerajinan tangan atau makanan khas daerah. Diincarnya oleh-oleh khas daerah dan wisata, membuat permintaan oleh-oleh khas daerah wisata menjadi meningkat.

Meningkatnya permintaan membuat oleh-oleh khas daerah dan wisata menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Bisa Anda lihat saat ini, banyak toko yang menjual oleh-oleh khas daerah dan menjamur di beberapa daerah atau kota yang menjadi destinasi wisata populer. Masing-masing daerah atau kota wisata memiliki oleh-oleh yang spesial. Bisnis ini bisa Anda mulai sesuai modal yang ada dan tidak harus besar. Namun semakin banyak modal maka akan semakin baik tentunya. Dengan memperhatikan lokasi usaha Anda, Anda dapat mengetahui lokasi usaha tersebut termasuk kategori tujuan wisata atau daerah budaya.

Tips Memulai Bisnis Oleh-Oleh

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuka usaha bisnis makanan oleh-oleh khas daerah atau wisata. Berikut ulasannya.

Inovasi untuk Bersaing

Di suatu daerah destinasi wisata, pasti ada banyak toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas daerahnya. Seperti contohnya penjual Bakpia di Yogyakarta yang jumlahnya tak terhitung dan secara tidak langsung ini menandakan adanya persaingan bisnis oleh-oleh yang sangat ketat. Supaya bisnis makanan oleh-oleh khas daerah dan wisata Anda tidak berhenti ditengah jalan, dan justru menghasilkan keuntungan yang besar, maka Anda memerlukan inovasi khusus. Inovasi dapat dilakukan dalam bentuk tampilan, rasa, maupun kemasan yang berbeda dan memiliki ciri khas daripada yang lain. Hal-hal sederhana seperti ini sangat berpengaruh pada minat para pembeli.

Ciptakan Tren Baru

Peluang bisnis oleh-oleh khas daerah tidak melulu berkutat pada produk yang sama atau yang biasa saja. Dapat Anda amati juga bahwa saat ini banyak artis yang berhasil memperkenalkan produk oleh-oleh baru dari suatu daerah. Berikut ini sebagian contohnya :

  • Teuku Wisnu : Teuku Wisnu merupakan orang yang menciptakan produk bisnis oleh-oleh Malang Strudel.
  • Dude Herlino : Dude Herlino merupakan orang yang menciptakan produk bisnis oleh-oleh Jogja Scrummy.

Sebelum Anda membuat produk baru, terlebih dahulu Anda harus mempertimbangkan keterkaitan produk tersebut dengan kekhasan daerah yang diwakilinya. Sebagai contoh adalah jika Anda membuka bisnis di kota Malang, kita kenal bahwa kota Malang merupakan daerah penghasil buah apel, oleh karena itu Anda dapat menciptakan produk baru yang berbahan dasar buah apel.

Manfaatkan Daerah Destinasi Wisata

Perlu Anda ketahui, tidak semua daerah dapat mengembangkan potensi wisatanya dengan baik. Tetapi bagi Anda yang suka tantangan, Anda dapat mengembangkan oleh-oleh baru dari daerah yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Dalam suatu tantangan, pasti selalu ada kelemahan juga. Kelemahan dari mengembangkan bisnis oleh-oleh dari daerah yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas ialah pengunjung yang datang ke daerah tesebut biasanya tidak sebanyak  pengunjung yang datang ke daerah destinasi wisata terkenal..

Sediakan Produk Lainnya

Selain menyediakan produk makanan khas dari daerah Anda, Anda juga harus menyediakan juga produk-produk khas daerah tetangga Anda. Hal ini bertujuan agar orang-orang yang lupa berbelanja oleh-oleh khas daerah yang didatanginya dapat berbelanja di toko Anda.

Sediakan Display yang Menarik.

Penggunaan display bertujuan agar orang-orang yang berlalu lalang di wilayah sekitar toko Anda, dapat lebih mudah melihat produk-produk yang Anda jual. Dengan adanya display yang menarik, akan membuat orang yang berlalu lalang akan tertarik untuk datang dan membeli produk Anda. Usahakan semua jenis makanan khas yang Anda jual bisa terlihat dari luar, dari jarak pandangan mata.

Mencari Stok yang Cukup

Jika Anda ingin mudah dalam mencari stok produk jualan Anda, memang bisa Anda lakukan dengan cara membeli di distributor makanan khsa tersebut. Tentunya jika ingin harga yang paling murah, Anda dapat membeli langsung ke produsen pusat, dikarenakan harga akan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli di distributor. Dengan membeli di produsen pusat juga, keuntungan Anda akan bisa lebih besar dan maksimal.

Kerjasama dengan Biro Perjalanan

Jika ingin memaksimalkan penghasilan dari suatu bisnis, akan sangat baik jika Anda melakukan kerjasama dengan pihak agen biro perjalanan. Salah satu contoh kerjasamanya adalah dengan memberikan bonus-bonus tertentu kepada pihak biro perjalanan karena telah mengistirahatkan para penumpang di toko milik Anda. Dengan begitu, keuntungan Anda akan bisa lebih besar dan maksimal.

Lengkapi Produk

Tersedianya produk yang lengkap pada suatu toko, membuat pengunjung akan merasa tertarik untuk membeli lebih banyak dan pengunjung akan merasa puas hanya dengan berbelanja di toko Anda, tanpa perlu ke toko lainnya. Selain itu, suatu saat apabila pengunjung tersebut datang berkunjung ke daerah Anda, toko Anda pasti akan menjadi tujuan utama ketika akan membeli oleh-oleh. Bahkan mungkin juga akan merekomendasikan kepada keluarga, teman, ataupun rekan kerjanya untuk berbelanja oleh-oleh di toko Anda ketika mereka akan berkunjung ke daerah Anda.

Baca Juga : Lokasi Usaha Cafe Yang Tepat Agar Pengunjung Ramai Terus

Hal yang Perlu di Perhatikan saat Memulai Bisnis Oleh-Oleh

Jika Anda ingin memulai bisnis oleh-oleh khas daerah dan wisata, maka Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

Lokasi Usaha

Lokasi usaha sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung yang akan datang ke toko Anda. Untuk menjual makanan dengan latar belakang kuliner khas daerah Anda, Anda perlu menentukan lokasi usaha yang benar-benar strategis. Jika Anda berada di daerah wisata tertentu, maka Anda harus sanggup berjualan di lokasi strategis seperti : di pinggir jalan raya, di lokasi tempat wisata terkait, di terminal bus, dan beberapa tempat lain yang strategis.

Jenis Makanan

Jenis makanan yang Anda jual haruslah merupakan makanan khas dari daerah dimana Anda membuka usaha ini. Sebagai contoh, apabila anda membuka usaha makanan oleh-oleh ini di daerah Yogyakarta, maka Anda harus sanggup menjual aneka makanan oleh-oleh khas seperti Bakpia Pathok, Yangko, dan Geplak. Banyaknya pembeli di toko Anda biasanya ditentukan juga oleh berapa banyak jenis makanan oleh-oleh yang tersedia. Dengan kata lain, bila semakin banyak jenis makanan oleh-oleh yang anda jual, maka pembeli bisa membeli dalam jumlah yang semakin banyak.

Harga Makanan

Toko makanan oleh-oleh khas daerah dengan harga yang dibandrol murah meriah akan diserbu banyak pembeli. Pada saat membeli makanan oleh-oleh khas daerah, biasanya para pembeli mencari toko makanan oleh-oleh yang harganya paling murah. Jika Anda menjual makanan oleh-oleh khas daerah dengan harga yang murah atau sesuai harga pasaran, tentu akan sangat berpengaruh kepada daya beli pembeli

Promosi

Dengan berpromosi, tentu pembeli akan mengenal produk oleh-oleh Anda lebih gampang. Promosi dilakukan untuk menginformasikan toko makanan oleh-oleh khas daerah milik Anda kepada sebanyak-banyaknya orang. Cara promosi yang sangat efektif salah satunya adalah melalui media sosial. Saat ini promosi dapat dilakukan secara online dengan memakai media social seperti facebook, twitter, dan instagram bahkan sebuah website.

Baca Juga : Tips Membuat Website Toko Online Praktis Bagi Pemula

Itulah beberapa informasi mengenai peluang bisnis oleh-oleh khas daerah dan wisata. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, dan selamat mencoba, dan tentunya Semoga Sukses.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.