Menemukan Ide dan Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

M

Menemukan Ide dan Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil – Anda yang sedang bingung mencari peluang dan ide bisnis rumahan ? Dibawah ini kami ulas mengenai 12 peluang bisnis rumahan dengan modal kecil menjadi pilihan utama bagi ibu rumah tangga, karyawan, atau pegawai negeri yang ingin mencari tambahan penghasilan.

Prinsip untuk menemukan peluang bisnis rumahan yang tepat bagi anda adalah sebagai berikut :

  • Carilah peluang bisnis rumahan yang sedang dicari oleh banyak orang, atau dengan kata lain sedang memiliki kebutuhan yang tinggi di masyarakat.
  • Carilah peluang bisnis rumahan yang sesuai dengan passion, kesenanganm dan potensi / kemampuan kita. Jika bisnis yang kita jalankan sesuai passion dan kesukaan kita, maka kita akan mengerjakan bisnis ini dengan semangat yang tinggi.
  • Carilah peluang bisnis rumahan yang sesuai dengan kemampuan modal anda. Ada jenis usaha yang hanya memerlukan modal relatif kecil, tetapi ada usaha yang memerlukan modal cukup besar untuk memulainya. Anda harus menghitung kekuatan modal anda, dan mulailah bisnis dengan modal yang anda miliki.

Jika modal yang anda miliki hanya kecil saja, jangan takut.. Masih ada banyak peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang dapat berjalan dan memiliki peluang untuk menjadi bisnis besar di kemudian hari.

Berikut ini kami akan membagikan ulasan 12 contoh peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjalankan menjadi salah satu bisnis anda.

12 Peluang bisnis rumahan Dengan Modal Kecil

Peluang bisnis rumahan dibawah ini relatif tidak membutuhkan modal besar, produk dan bahan bakunya juga tidak sulit  Anda dapatkan. Untuk lebih jelasnya, mari simak ide peluang-peluang bisnis tersebut dibawah ini.

Usaha Online Shop

Usaha Online Shop paling banyak diminati oleh Ibu-ibu rumah tangga saat ini, Anda bisa lihat adanya online shop dengan menggunakan di berbagai media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan lain-lainnya sebagainya. Hal ini karena perkembangan teknologi digital dewasa ini semakin maju, sehingga menjadi peluang besar bagi mereka yang ingin mempromosikan produk bisnisnya menggunakan media sosial.

Disisi lain sebagai konsumen, akan menjadi lebih efisien karena konsumen tidak perlu berkunjung sana sini untuk membeli produk-produk kebutuhannya. Oleh karena itu online shop ini dapat menjadi salah satu pilihan peluang bisnis rumahan yang tepat bagi anda.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Shop Dari Awal Bagi Pemula

Usaha Warung Makan

Usaha Warung Makan atau usaha Katering adalah peluang bisnis rumahan menduduki urutan kedua terbanyak yang dipilih oleh ibu-ibu rumah tangga, hal ini karena memiliki warung makan merupakan kebanggaan tersendiri mengingat usaha ini punya prospek menguntungkan terutama jika tempat tinggal  Anda berada di daerah strategis seperti berdekatan dengan pelabuhan, kompleks hotel, perkantoran, kampus / sekolah atau kos-kosan, di beberapa kota yang pernah kami datangi pasti banyak warung-warung makan  yang beroperasi dari pagi hingga malam hari.

Tidak sedikit dari mereka memiliki laba bersih dari usaha warung makan hingga Rp.15 juta/bln. Pada hal Peluang bisnis rumahan Usaha warung tersebut hanya memanfaatkan bagian depan rumahnya ditambah sedikit desain warung hingga nampak bersih dan menarik.

Jadi apabila Anda punya keterampilan memasak atau punya minat untuk membuka warung makan ini maka jangan terlalu lama berpikir, silahkan anda jalankan saja, karena usaha warung makan ini sangat mudah untuk menjalankannya dan tergolong usaha yang tidak membutuhkan modal besar.

Baca Juga :  Peluang Usaha Warung Angkringan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Laundry Pakaian

Usaha Laundry Pakaian sangat cocok jika posisi rumah anda berada di sekitar perguruan tinggi (Universitas) atau sekolahan maupun area perkantoran, nah biasanya juga terdapat banyak kos-kosan mahasiswa atau kos pegawai kantoran.  Jika demikian, maka usaha ini bisa berkembang menjadi usaha yang lebih besar karena mereka pasti  membutuhkan jasa laundry anda dalam jangka waktu yang panjang.

Kesibukan dalam beraktivitas menyebabkan mereka memiliki waktu yang terbatas untuk mencuci dan menyetrika pakaian sendiri, sehingga usaha ini bisa menjadi Peluang bisnis rumahan  yang sangat potensial.

Bagi anda yang kurang percaya diri dalam menjalankan bisnis laundry anda sendiri, anda bisa menjalankan bisnis laundry waralaba yang sudah terkenal. Selain itu tentunya masih ada banyak peluang bidang bisnis waralaba yang bisa anda jalankan selain laundry.

Usaha Jualan Kue

Nah, ini dia peluang bisnis rumahan yang paling banyak dijalankan oleh orang-orang yang suka membuat kue atau memiliki hobby membuat kue. Tentunya jika anda yakin bahwa kue yang anda hasilkan rasa yang enak dan mantap, anda bisa memulai membuka usaha jualan kue anda, dengan mulai menawarkan kue produk anda kepada teman-teman anda, atau bisa juga melalui media sosial. Jika anda hanya menjual kue yang merupakan pesanan dari seseorang, maka modal yang dibutuhkan tentunya relatif kecil.

Usaha Jahit Pakaian

Bagi anda yang memiliki keahlian menjahit, anda bisa membuka bisnis yang cukup potensial ini. Bisnis jahit pakaian cukup menguntungkan jika anda benar-benar fokus menjalankannya. Apalagi jika anda juga memiliki keahlian dan ide kreatif dalam mendesain pakaian. Pastikan anda mengikuti trend yang sudah ada pada saat ini agar bisnis jahit pakaian anda lebih kekinian dan laris.

Di musim-musim tertentu menjadi puncak keuntungan bisnis rumahan ini, seperti saat hari raya dan tahun ajaran baru. Kami sarankan anda untuk mencoba membuka usaha ini, karena usaha ini termasuk usaha yang bisa bertahan sepanjang waktu dan tidak terlalu berpengaruh terhadap gejolak ekonomi yang kadang menjadi penghambat terhadap perkembangan suatu usaha.

Usaha Kos-Kosan

Peluang bisnis rumahan lainnya berupa Kos-Kos-an adalah usaha menyewakan ruangan/ kamar berukuran standart lengkap dengan segala fasilitas seperti, PAM, listrik dan kamar mandi, durasi sewa atau kontrak kamarnya Anda bisa buat bervariasi, ada yang bulanan dan ada yang tahunan.

Jika Anda punya rumah terdiri dari beberapa kamar yang menganggur alias tidak terpakai lengkap dengan fasilitas seperti diatas, maka lebih baik Anda lengkapi menjadi kamar kos. Adapun tarif sewa kamar kos berbeda-beda ditiap-tiap kota, kalau di Jakarta 1 bilik kamar kos dengan fasilitas lengkap sekitar Rp. 500.000 sampai Rp.1 Juta/ Bulan, sedangkan yang sewa tahunan harganya berkisar Rp. 7 juta-Rp. 10 Juta/Tahun.

Usaha Jualan Sembako

Usaha jualan sembako salah satu Peluang bisnis rumahan yang paling banyak diminati oleh Ibu-Ibu rumah tangga, dimana-mana usaha ini selalu ada di sepanjang jalan beberapa diantaranya jualan sembako dan Elpiji, hanya butuh tempat di kamar depan untuk menampung bahan-bahan kebutuhan pokok yang setiap hari disediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Modal yang tidak besar dan kebutuhan pasar yang cukup besar, menjadi nilai plus bagi usaha jualan sembako ini.

Usaha Jualan Fashion

Produk Fashion adalah salah satu produk yang sangat tinggi kebutuhan pasanya, oleh sebab itu Peluang bisnis rumahan Jualan Busana/Fashion termasuk usaha yang cukup berkembang saat ini, Ibu-Ibu rumah tangga di berbagai kota besar di Indonesia khususnya di kota Bandung, Jakarta, Makassar, dan kota-kota besar lainnya banyak yang berjualan Busana atau Fashion dengan menawarkan model-model terbaru. Usaha ini masih bisa dijalankan secara konvensional maupun dijalankan secara online. Pangsa pasar dari usaha ini juga luas, karena tidak terbatas pada wanita saja tapi juga para pria, bahkan anak-anak.

Peluang bisnis rumahan semacam ini paling cocok jika ada jalinan kemitraan dengan para suppliers seperti di Pasar Tanah Abang dan beberapa tempat outlet di kota Bandung, disana harga busana dan fashionnya tergolong sangat murah, Anda bisa memesannya secara online dengan harga grosir jika membeli dalam jumlah besar.

Baca Juga : Rahasia Sukses Berbisnis di Bidang Fashion, Pebisnis Pemula Wajib Tahu!

Usaha Tanaman Bunga Plastik

Bentuk Peluang bisnis rumahan yang menarik lainnya adalah berupa Usaha Tanaman Bunga Plastik sangat efektif dijalankan bilamana rumah Anda mempunyai dimensi pekarangan yang mamadai untuk meletakkan pot-pot bunga atau tanaman hias. Bibit tanaman hias bisa dibeli dipenjual bibit tanaman hias dikota Anda, lalu Anda sediakan pot-pot yang didesaign dengan unik. Ketika tanaman hias Anda sudah mencapai umur tentu baru dijual dengan harga yang menguntungkan.

Usaha tanaman hias ini tidak terlalu membutuhkan biaya promosi seperti bisnis lainnya, karena tanaman hias ini diletakkan dipinggir jalan halaman depan rumah Anda, sehingga secara automatis calon pembeli senantiasa melihatnya secara langsung. Keindahan dari tanaman hias ini bukan hanya mampu menarik perhatian bagi siapa saja yang melihatnya tetapi juga bisa menjadi hiburan tersendiri bagi penghuni rumah Anda. Jadi selain Anda bisa mendapatkan keuntungan financial, Anda juga mendapatkan rasa nyaman berada dihalaman rumah Anda dari keindahan tanaman hias Peluangbisnis rumahan yang Anda manfaatkan.

Usaha Salon

Usaha Salon juga merupakan salah satu Peluang bisnis rumahan yang banyak kita temukan di beberapa kota di tanah air, usaha ini tidak memerlukan tempat atau ruangan yang terlalu luas, peralatan-peralatan yang dibutuhkan pun tergolong tidak terlalu mahal harganya, Anda bisa melengkapi segala kebutuhan perlengkapan salon secara bertahap seiring dengan perkembangan usaha salon anda.

Investasi dana untuk melengkapi peralatan salon bukanlah hal yang merugikan bagi Anda, karena dalam jangka waktu yang panjang usaha salon ini pasti akan berkembang. Kebutuhan akan jasa salon bukan hanya terbatas pada pelayanan untuk wanita saja, tetapi juga untuk pria. Selain itu bentuk pelayanan usaha Salon bukan hanya gunting rambut, tetapi bisa dikembangkan lebih luas lagi seperti merias pengantin, menyewakan baju pengantin.

Biasanya, usaha jasa Salon ini sangat dibutuhkan ketika musim-musim perkawinan, acara-acara keluarga yang membutuhkan partisipasi jasa salon, seperti dekorasi tempat acara, Merias pengantin dan lain-lain sebagainya. Nah, apakah Anda punya keahlian tata rias? Jika iya silahkan Anda buka Bisnis rumahan Usaha Salon ini.

Usaha Kosmetik

Peluang bisnis rumahan yang banyak diminati oleh Ibu-Ibu rumah tangga muda adalah Usaha Kosmetik.  Usaha ini dapat memberikan penghasilan tambahan dengan cukup mudah jika mereka menjalankan bisnis ini secara online melalui facebook, Instagram, dan media sosial media lainnya. Produk kosmetik luar negeri pada umumnya berkualitas, bahkan merknya pun merupakan merk-merk terkenal semuanya, makanya jangan heran kalau harganya lebih mahal daripada produk kosmetik lokal.

Oleh karena itu, Jika Anda ingin menekuni bisnis kosmetik pilih produk yang berkualitas dan legalitasnya terjamin karena produk kosmetik sangat berpengaruhi terhadap penampilan fisik seseorang. Ini tentunya akan menjadi nilai tambah dalam usaha kosmetik anda, karena pelanggan akan merasakan kepuasan terhadap produk kosmetik yang anda jual.

Usaha Jasa Penitipan Anak

Peluang bisnis rumahan lainnya adalah berupa usaha jasa penitipan anak. Usaha ini merupakan jenis usaha multifungsi. Kami katakan usaha multifungsi dikarenakan anak yang akan dititipkan oleh para orang tuanya tidak selalu usia anak sekolah, tetapi juag anak yang masih usia bayi atau balita. Oleh karena itu Anda nantinya bukan hanya bertugas menjaga dan merawat anak tapi juga mengajak anak untuk belajar bermain.

Jika demikian maka Anda harus memiliki alat-alat permainan anak yang relevan dengan usia anak yang Anda akan asuh. Selain itu, Anda juga harus memiliki keterampilan mengasuh anak yang baik dan benar, memiliki tempat yang ideal sesuai dengan perkiraan jumlah calon anak asuh Anda.

Dan akan lebih baik lagi seandainya Anda mampu mendesain halaman dan rumah Anda dengan dekorasi sebagaimana layaknya sebuah taman kanak-kanak (TK) yang memiliki alat permainan bayi dan balita yang merangsang kecerdasan anak.

Usaha Jasa Penitipan Anak diawal perkembangannya mungkin tidak begitu maju, tetapi seiring dengan berjalannya waktu maka tingkat kepercayaan dari para orang tua anak yang telah atau sedang menitipkan anaknya akan meningkat, maka pasti usaha Anda semakin sukses. Karena hal ini, sudah tentu para orang tua anak tersebut mempromosikan usaha Anda dari mulut ke mulut sehingga usaha Anda semakin dikenal dan perkembangannya akan lebih maju.

Baca Juga : Takut Saat Memulai Bisnis? Terapkan Tips Berbisnis Ini, Yuk!

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk membuka salah satu bisnis rumahan dengan modal kecil yang sudah dijelaskan diatas. Segera jalankan bisnis yang anda sukai dan raihlah kesuksesan dengan bisnis rumahan modal kecil yang sudah dijelaskan.

Sekian artikel mengenai 12 peluang bisnis rumahan dengan modal kecil yang dapat kami sampaikan. Informasi peluang usaha juga bisa Anda dapatkan melalui berbagai media, seperti di youtube, google, yahoo, wikipedia Indonesia dengan mengetikkan kata kunci Peluang bisnis rumahan dengan modal kecil.

Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang bingung mencari referensi ide dan peluang bisnis rumahan dengan modal yang kecil. Terimakasih.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.