Mengetahui Berbagai Resiko Menjalankan Bisnis Bersama Teman

M

Mengetahui Berbagai Resiko Menjalankan Bisnis Bersama Teman

Sudah benar-benar yakin 100% ingin berbisnis dengan temanmu?

Tapi, kira-kira Anda sudah tahu belum sih, bahwa ternyata ada beberapa resiko yang akan Anda hadapi jika Anda menjalankan bisnis bersama teman?

Pada dasarnya memang terbilang cukup berat sih untuk memulai sebuah bisnis seorang diri. Sebab, nanti Anda tak hanya akan menemukan banyak sekali kesulitan pada saat pertama kalinya menjalankan bisnis, selain itu pastinya segala permasalahan yang terjadi harus Anda pikirkan seorang diri. Atau, Anda tak memiliki cukup budget untuk modal berbisnis, sehingga pada akhirnya Anda memutuskan untuk mengajak teman untuk membuka sebuah bisnis atau usaha bersama. Disamping itu, Anda sudah mengenalnya sejak lama, lalu Anda begitu merasa sangat dekat dan percaya padanya, sehingga tak canggung lagi jika berbisnis bersama. Bahkan berbisnis bersama dengan teman bisa jadi sebagai ide yang paling tepat dan menarik sekali bagi Anda.

Tapi kami ingatkan lagi, bahwa sebelum Anda benar – benar memutuskan untuk menjalankan bisnis bersama teman, silakan Anda pikirkan pula resiko – resiko yang mungkin saja muncul. Sehingga, Anda pun bisa lebih siap lagi dalam menanggung setiap masalah yang mungkin saja akan terjadi ke depannya. Atas dasar itulah, pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda tentang berbagai resiko pada saat Anda memutuskan menjalankan bisnis bersama teman yang pastinya harus Anda tahu terlebih dulu. Yuk, di simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

Mengetahui Berbagai Resiko Menjalankan Bisnis Bersama Teman

Sisi Terburuk Temanmu

Kadang kalanya karena Anda memang sudah terlalu lama mengenal teman, Anda lebih cenderung memaklumi sisi – sisi buruk, bahkan sisi terburuknya pula. Padahal, apabila yang demikian ini Anda pendam dalam waktu yang cukup lama, justru hal tersebut sangat tidak baik bagi bisnis yang sedang Anda jalankan berdua. Bahkan yang demikian ini bisa jadi pemicu konflik berkepanjangan, yang pada akhirnya malah menghancurkan bisnis yang sedang dijalankan. Memaklumi sisi terburuk teman memang boleh – boleh saja, akan tetapi Anda juga harus dingat bahwa Anda tidak boleh terlalu percaya yang berlebihan yang pada akhirnya bisa mematikan sikap kritismu.

Sangat Percaya dengan Teman

Apabila Anda memang berniat untuk menjalankan sebuah bisnis bersama teman, kami sangat yakin sekali nanti Anda juga akan sangat percaya secara berlebihan, dan bahkan yang demikian tersebut bisa mematikan sikap kritismu. Padahal yang demikian ini sebetulnya sangat tidak baik dan tidak sehat bagi bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut. Apabila memang ada beberapa hal yang menyimpang, ada baiknya segera melakukan evaluasi dan memperbaiki hal tersebut. Jangan terlalu lama menunda – nunda, sebab yang demikian ini hanya akan mematikan bisnismu.

Sudah Terlalu Percaya, sehingga Kurang Rencana

Karena Anda sudah berteman cukup lama, hingga akhirnya tidak dicantumkan beberapa ketentuan kerjasama yang lebih mendetail dan jelas. Lalu bagaimana jika suatu saat nanti ada yang membocorkan rahasia dalam berbisnis Anda, dan bagaimana apabila salah satu pihak membuka jenis bisnis yang sama, dan hal – hal lainnya tidak dipertimbangkan dengan baik dan bijak. Dengan modal percaya dan asal dalam membuka bisnis bersama teman, hingga akhirnya terjadilah kesalahpahaman dalam sebuah perjanjian bisnis yang kemudian jadi pemicu dari berbagai masalah dan perpecahan. Bahkan yang demikian tersebut bukan tak mungkin jika menjadikan hubungan pertemanan Anda bersamanya hancur.

Yang demikian ini adalah yang pasti terjadi pada saat Anda bekerjasama atau pun berbisnis bersama teman. Anda tidak rinci dalam membuat sebuah kesepakatan, dan belum benar – benar siap untuk kemungkinan terburuk yang bakal terjadi suatu saat nanti.

Sulit Menentukan Peran karena Pertemanan

Yang pasti tak akan pernah ada peran khusus dalam hubungan pertemanan. Jika pun hal tersebut ada, yang demikian pastinya terbentuk secara alami. Tetapi berbeda halnya dengan bisnis yang tiap peran ada di dalamnya harus jelas di awal. Siapa yang bertugas mengerjakan apa, dan bagaimana cara mengerjakannya, juga berapa hasil yang akan didapatkan untuk tiap modal yang sudah dikeluarkan, atau pun tentang pembagian tugas tersebut memang sudah semestinya jelas sejak awal. Tapi sangat disayangkan sekali, ada banyak yang sungkan untuk membagi peran, maupun ketentuan hasil dari awal dengan alasan tidak enak sama teman sendiri.

Sulitnya Mengatur Waktu untuk Kepentingan Pribadi

Masalah yang seperti ini memang bisa saja terjadi pada saat Anda memutuskan untuk berbisnis bersama teman. Di perjalanan berbisnis bersama teman, bisa jadi Anda malah merasa sungkan sendiri tiap kali Anda ingin berpamit untuk liburan, atau saat ada urusan bersama keluarga maupun teman Anda yang lain. Bisa – bisa nanti teman bisnis Anda justru mengira jika Anda kurang serius dalam menjalankan bisnis bersama. Tiap Anda memiliki keperluan pribadi, Anda dianggapnya telah meninggalkan tugas dan tidak bertanggung jawab.

Isu Mengenai Keuangan Bisa Jadi Penyebab Konflik

Ya, masalah keuangan sampai kapan pun pastinya akan jadi sangat sensitif sekali. Akan tetapi, apabila yang demikian tersebut tidak dibicarakan sejak awal, malah akan jadi penyebab atau pun pemicu utama konflik yang hebat antara Anda dengan teman berbisnis. Makanya perlu sekali pembukuan untuk setiap pengeluaran maupun pemasukan. Selain hal tersebut, audit internal atau pun eksternal pun sangat perlu untuk dilakukan.

Hubungan Pertemanan Pasti Dipertaruhkan

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada teman dalam berbisnis, sepertinya yang demikian tersebut cukup melekat erat bagi para pebisnis, sehingga tidak sedikit pula dari mereka yang menghindarinya. Sebab, tidak selamanya hubungan pertemanan itu akan langgeng – langgeng saja, apalagi jika ada masalah dengan bisnis yang sedang Anda jalankan bersama, perselisihan tentu tidak bisa terhindarkan. Bahkan tidak sedikit akibat pertengkaran tersebut, bisnis jadi bubar, modal bisa saja tidak kembali, dan hubungan pertemanan tentu saja juga dipertaruhkan dalam hal ini.

Pendapatan atau Penghasilan Akan Terbagi

Dikarenakan pada awalnya Anda menjalankan bisnis ini dari hasil patungan, sudah pasti harus ada bagi hasil, baik itu untuk urusan kerugian atau pun keuntungan berbisnis. Biasanya penghasilan atau pendapatan akan dibagi menjadi dua, maupun disesuaikan pula dengan kesepakatan yang sudah dibuat di awal.

Pengambilan Keputusan Tidak Bisa Dilakukan Sendiri

Tak hanya mengenai penghasilan atau pendapatan saja, ternyata pengambilan keputusan juga harus dibicarakan berdua, sebab tidak bisa diambil sendiri. Kadang kalanya pada saat mengambil keputusan, akan ada perbedaan pemikiran, dan yang demikian ini tak jarang pula membuat masalah jadi semakin besar. Bahkan kadang kalanya karena adanya berbeda pendapat atau pandangan, banyak pelaku bisnis yang menjalankan bisnisnya dengan temannya sendiri mengambil keputusan untuk bubar.

Kekuasaan Pada Bisnis Akan Jadi Berkurang

Walaupun Anda membangun bisnis tersebut mulai dari nol, tetapi karena Anda menjalankannya bersama teman maka kekuasaan Anda tidak sepenuhnya sebab separuhnya ada di teman Anda.

Baca Juga : Menemukan Ide dan Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

 

Nah, itu tadi berbagai resiko menjalankan bisnis bersama teman yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.