Ini Strategi Pemasaran Online dengan Budget Minimal

I

Agar penjualan produk sukses, baik produk barang maupun produk jasa, diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Dengan semakin besarnya pengguna internet di indonesia, salah satu tempat pemasaran adalah dengan cara online. Agar merk bisa sukses dikenal secara online, diperlukan strategi pemasaran online yang efektif.

Meskipun biaya promosi online cenderung lebih murah daripada biaya promosi langsung, akan tetapi untuk pemilik usaha dengan budget minimal masih terasa besar. Terutama bila menggunakan iklan berbayar untuk melakukan pemasaran secara online. Agar biaya dapat ditekan seminimal mungkin, strategi pemasaran online secara organik yang harus dioptimasi.

Seperti disebutkan sebelumnya, biaya iklan membutuhkan biaya yang cukup besar. Akan tetapi iklan online sedikit berbeda dengan iklan di koran atau televisi yang memasang harga tetap. Iklan melalui online seperti iklan sosial media bisa menjadi lebih murah apabila sudah mempelajari cara optimasi iklan.

Marketing Budget
Marketing Budget

Beberapa cara efektif untuk menekan budget pemasaran online, tetapi tetap bisa efektif pemasarannya:

Sosial Media

Karena membuat akun sosial media itu gratis. Terutama sosial media yang banyak dipakai oleh para netizen di Indonesia, seperti Instagram dan Facebook. Pastikan membuat akun bisnisnya, sehingga pergerakan akun bisa dimonitor dengan lebih detail.

Dalam sosial media, semakin banyak follower, semakin besar pasar untuk produknya. Agar follower akun sosial media bertambah, lakukan optimasi sebagai berikut :

  • Membuat kiriman secara rutin

Salah satu hal yang wajib dilakukan sebagai pemilik akun media sosial adalah rutin membuat kiriman ke sosial medianya. Kiriman bisa berupa tulisan, gambar, video atau gabungan di antara ketiganya.

  • Hashtag

Selalu sisipkan hashtag di setiap kiriman ke sosial media. Berbeda dengan mesin pencarian seperti Google, cara sosial media mengenali sebuah kiriman adalah melalui hashtag. Hashtag yang tepat untuk sebuah kiriman adalah mencerminkan kiriman tersebut dan pengguna hashtag di sosial media belum terlalu banyak.

  • Desain kiriman yang menarik

Untuk menarik akun sosial media lain mengikuti sebuah akun sosial media lain salah satunya adalah dengan desain yang menarik. Untuk membuat desain yang menarik, bisa dibuat di aplikasi online gratis yang sudah mempunyai template – template desain, sehingga mudah untuk dibuat

Selain desain gambar atau video yang menarik, kiriman tulisan juga harus dibuat menarik, misalnya dengan kata – kata yang menyentuh hati, kata – kata lucu. Dan harus dipastikan kiriman tidak menyinggung salah satu pihak karena akan menjadi bumerang.

  • Berinteraksi dengan akun sosial media lain

Terutama untuk akun sosial media yang baru dibuat, sebaiknya aktif untuk berinteraksi dengan akun sosial media lain, misalnya follow akun lain, memberikan komen, menyukai sebuah kiriman akun sosial media lain. Dengan aktif berinteraksi dengan akun lain, akun sosial media jadi dikenal pengguna lain dan balik mengikuti akun sosial medianya (following back)

Yang harus dipastikan dalam berinteraksi adalah tidak melakukan spam. Spam bisa berupa private message ke banyak akun, komentar – komentar pendek tanpa melihat isi kiriman yang dikomentari. Perilaku spam bisa menjadi bumerang untuk sebuah akun sosial media.

  • Membuat Promo

Promo bisa dilakukan di mana saja, di sosial media, marketplace atau website. Sebaiknya membuat promosi yang membuat perilaku konsumen untuk kembali membeli atau menggunakan produk lain dari merk yang sama.

Sedangkan waktu – waktu promo, bisa dibuat mengikuti hari – hari besar atau event – event tertentu. Misalnya promosi hari raya idul fitri, hari ulang tahun merk yang dijual, harbolnas (hari belanja online nasional) dan lain sebagainya.

  • Beri giveaway

Hadiah atau giveaway adalah salah satu hal yang menarik buat netizen mengikuti sebuah akun sosial media. Tentu saja hadiah diberikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, misalnya sudah mengikuti akun sosial media, menyukai sebuah kiriman, menonton video hingga tuntas, mention akun sosial media dan banyak hal kreatif lain sebagai persyaratannya.

Marketplace

Seperti halnya sosial media, membuat akun di marketplace juga gratis. Sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan penjualan. Di marketplace agar penjualan meningkat, yang perlu dipertahankan adalah reputasi. Bila reputasi turun, kemungkinan untuk muncul di halaman pertama pencarian marketplace menjadi kecil.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi toko di marketplace :

  • Waktu respon yang singkat

Di marketplace, waktu untuk menjawab pesan dari calon konsumen direkam oleh pihak marketplace. Semakin cepat waktu respon, semakin baik. Waktu respon ini biasanya terlihat di halaman depan toko, yang bisa dilihat oleh siapa saja.

  • Kualitas Produk

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, di marketplace, reputasi sangat penting. Termasuk reputasi dari sebuah produk yang dijual di toko. Pembeli bisa memberi ulasan negatif bila produk yang dibeli tidak memuaskan.

  • Foto atau gambar produk yang menarik

Hasil pencarian di marketplace menampilkan deretan gambar produk sesuai dengan kategori yang dicari. Foto atau gambar produk yang menarik, membuat calon konsumen tertarik untuk melihat detail produk lebih lanjut.

  • Optimasi kata kunci

Kata kunci sangat penting di marketplace. Dengan menggunakan aplikasi riset kata kunci, bisa dicari kata kunci apa yang banyak digunakan dalam pencarian, tetapi belum banyak kompetitor. Alat riset yang digunakan bisa aplikasi gratis riset keyword di internet, misalnya keyword planner yang dimiliki Google.

Kata kunci diikutsertakan dalam judul, isi deskripsi produk secara natural. Sehingga saat ada pencarian dengan kata kunci tertentu, produk akan tampil di halaman marketplace.

  • Beri harga diskon

Ada beberapa marketplace yang memprioritaskan produk dengan harga diskon pada hasil pencarian untuk ditempatkan di halaman teratas. Untuk itu, perlu bereksperimen dengan memberi harga diskon pada beberapa produk.

  • Tautkan dengan sosial media

Marketplace mempunyai beberapa kelebihan, misalnya kepercayaan pembeli karena uang untuk membayar ditahan oleh marketplace hingga barang sampai, gratis ongkos kirim tanpa ada biaya lain dari konsumen, bayar di tempat. Dengan kelebihan – kelebihan tersebut, beberapa konsumen lebih nyaman berbelanja di marketplace.

Dengan ditautkannya link marketplace ke kiriman atau profil sosial media, follower sosial media mempunyai kebebasan melakukan transaksi melalui sosial media langsung atau toko di marketplace.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.