Cara Membangun Usaha Rumahan Bagi Pensiunan yang Menguntungkan

C

Cara Membangun Usaha Rumahan Bagi Pensiunan yang Menguntungkan – Pensiunan adalah pegawai yang tidak lagi bekerja dikarenakan faktor usia. Usia yang sudah lanjut membuat para pensiunan tidak memiliki cukup tenaga untuk melakukan pekerjaan yang selayaknya dilakukan oleh anak muda. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kegiatan yang menghasilkan pendapatan yang dapat digeluti oleh para pensiunan karena tidak memerlukan banyak tenaga dan waktu. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai macam-macam usaha yang dapat dirintis oleh para pensiunan.

Macam-Macam Usaha yang Dapat Dirintis Pensiunan

Franchise (Waralaba)

Usaha pertama yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah franchise (waralaba). Franchise adalah usaha dengan menggunakan merek dagang yang telah ada. Calon frachise hanya perlu membayar uang merek dagang dalam jumlah yang telah disepakati untuk dapat menggunakan sistem dan nama merek produk franchise tersebut.

Usaha ini sangat cocok untuk dikembangkan para pensiunan karena tidak memerlukan banyak tenaga dan waktu. Bidang yang biasanya dijalankan dengan sistem franchise ini biasanya adalah makanan cepat saji seperti pizza, burger, minuman cokelat, teh, dll. Namun, untuk memulai usaha ini diperlukan modal yang cukup besar untuk menyewa merek dagang, membeli peralatan berdagang, serta menyewa lokasi untuk usaha franchise.

Budidaya Tanaman

Usaha kedua yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah budidaya tanaman. Jika anda adalah seorang pensiunan yang memiliki rasa sabar dan telaten yang tinggi, maka usaha budidaya tanaman ini sangat cocok untuk anda geluti. Pasalnya usaha ini memerlukan ketelatenan dalam menanam dan merawatnya agar dapat tumbuh dengan baik.

Sebelum memulai usaha ini, alangkah lebih baiknya jika anda belajar terlebih dahulu mengenai ilmu dalam bercocok tanam dan perdagangan tanaman. Pasalnya, tanaman yang laku untuk dijadikan barang dagangan adalah tanaman yang memiliki kualitas penampilan baik dan khasiat yang tinggi.

Usaha budidaya tanaman ini tidak memerlukan biaya yang besar, karena hanya memerlukan modal untuk membeli bibit dan pupuk. Untuk menghemat biaya, anda dapat menggunakan pekarangan rumah sebagai tempat berkebun.

Membuka Toko Kelontong

Usaha ketiga yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah membuka toko kelontong. Toko kelontong adalah usaha yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti sabun, odol, beras, sayuran, telur, dll. Usaha ini juga sangat cocok untuk digeluti para pensiunan, karena tidak memerlukan banyak tenaga. Anda hanya perlu duduk menunggu toko, kemudian melayani bila ada pelanggan.

Namun, untuk membuka usaha toko kelontong diperlukan modal yang cukup besar yaitu untuk membeli barang persediaan yang cukup banyak macamnya. Kendala lain dalam menjalankan usaha toko kelontong ini adalah manajemen uang yang buruk. Agar usaha anda tetap lancar dan tidak terkendala atas masalah uang, sebaiknya anda melakukan pemisahan antara uang toko dan uang pribadi agar tidak tercampur. Selain itu, sebaiknya anda menyiapkan cadangan piutang tidak tertagih agar usaha anda tidak bergantung pada piutang yang berada di tangan para pelanggan. Hal tersebut dikarenakan toko kelontong adalah usaha yang paling sering menerima transaksi dengan cara pembayaran dengan berhutang.

Beternak

Usaha keempat yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah beternak. Untuk memulai usaha ini sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu mengenai hewan apa yang paling diminati oleh pelanggan. Hewan yang cocok diternak oleh para pensiunan adalah ayam dan kucing. Pasalnya untuk merawat dua hewan tersebut tidak memerlukan biaya dan tenaga yang banyak.

Baca Juga : Aneka Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar

Usaha Ayam Petelur

Usaha kelima yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah usaha ayam petelur. Selain beternak kucing, usaha ayam petelur adalah salah satu bidang bisnis rumahan yang cocok untuk digeluti para pensiunan. Namun, untuk membuka usaha ayam petelur ini diperlukan modal yang cukup besar. Anda harus menyiapkan uang untuk membuat kandang yang besar dan memadai, membeli bibit ayam petelur, biaya pakan ayam, vitamin untuk unggas, dan mempekerjakan karyawan. Pasalnya usaha ayam petelur ini memerlukan banyak tenaga dan waktu, yang tidak mungkin dilakukan oleh pensiunan yang sudah memasuki usia lanjut.

Namun, anda tidak perlu khawatir mengenai modal yang besar tersebut. Pasalnya, ayam petelur yang anda pelihara, setiap harinya akan menghasilkan telur yang dapat anda jual. Selain itu, ayam yang sudah berusia tua dan tidak mampu bertelur, dapat anda jual sebagai ayam potong.

Properti

Usaha keenam yan dapat dirintis oleh pensiunan adalah properti. Apabila anda adalah pensiunan yang memiliki tabungan dan uang pensiunan yang cukup banyak, bisnis properti adalah salah satu bidang bisnis yang patut anda coba. Pasalnya untuk memulai usaha ini diperlukan modal yang sangat besar untuk membeli properti tersebut. Properti yang dapat dijadikan investasi adalah apartemen, rumah, tanah, dll. Mungkin usaha ini memerlukan modal yang cukup besar. Namun, keuntungan yang mungkin anda peroleh akan berlipat-lipat di masa depan. Pasalnya harga properti seperti tanah, rumah, apartemen, dll akan semakin mahal setiap tahunnya.

Rental PS

Usaha ketujuh yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah rental PS. Usaha ini sangat cocok untuk digeluti para pensiunan karena tidak memerlukan tenaga yang banyak. Pasalnya anda hanya perlu untuk menunggu dan mengawasi orang-orang yang menggunakan jasa PS anda. Untuk membuka usaha ini, anda hanya perlu membeli peralatan PS beberapa unit. Pendapatan yang didapatkan dari usaha ini tidak banyak, namun rutin setiap harinya sehingga mampu untuk menutupi kebutuhan anda sehari-hari.

Usaha Warnet

Usaha kedelapan yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah usaha warnet, khususnya ini dapat diterapkan di daerah pedesaan. Internet saat ini telah menjadi kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat, terutama kalangan anak muda. Bagi mereka yang tidak mau mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket data atau memasang wifi, salah satu pilihannya adalah mendatangi warung internet terdekat. Selain itu, dalam usaha ini tidak diperlukan tenaga yang cukup banyak seperti beternak. Pasalnya di dalam usaha ini, anda hanya perlu menunggu dan mengawasi para pelanggan yang menggunakan jasa warnet anda.

Usaha ini memerlukan biaya yang cukup besar yaitu untuk membeli beberapa unit computer dan jaringan internet. Sama halnya dengan usaha rental PS, usaha warnte ini juga tidak memiliki pendapatan yang melimpah, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anda.

Membuka Konter Pulsa

Usaha kesembilan yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah membuka usaha konter pulsa atau konter HP. Pasalnya usaha ini tidak memerlukan tenaga yang banyak. Anda hanya perlu duduk dan melayani ketika ada pelanggan yang datang. Untuk menghemat biaya, anda dapat menggunakan sebagian dari bagian rumah menjadi konter. Untuk melengkapi usaha konter anda, anda dapat menjual pulsa, jual beli handphone baru atau bekas, casing, dll.

Membuka Bimbingan Belajar

Usaha kesepuluh yang dapat dirintis oleh pensiunan adalah membuka bimbingan belajar. Apabila anda adalah pensiunan guru, membuka usaha bimbingan belajar adalah bisnis yang paling cocok untuk anda geluti. Pasalnya, anda tidak perlu bekerja keras karena hanya perlu mengajari anak-anak yang datang ke tempat bimbel dengan ilmu yang anda ajarkan di sekolah. Usaha bimbel ini sangat menguntungkan karena tidak memerlukan biaya apapun, namun mendapatkan penghasilan yang cukup besar dan rutin setiap harinya.

Nah, demikianlah sedikit pembahasan mengenai macam-macam usaha yang dapat digeluti oleh para pensiunan. Semoga artikel ini dapat membantu para pensiunan untuk memahami usaha apa yang cocok untuk dikembangkan. Semoga bermanfaat.

About the author

Autobild

Add Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.