Contoh Usaha Ternak Hewan yang Menguntungkan

C

Contoh Usaha Ternak Hewan yang Menguntungkan – Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai contoh usaha ternak hewan menguntungkan dan mudah dijalankan. Bagi anda yang hidup di desa usaha ternak hewan dapat anda jadikan sebagai pilihan untuk mengadu nasib dalam berbisnis. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali usaha ternak yang dijalankan didesa karena lingkungan didesa sangat cocok sekali digunakan sebagai tempat untuk Usaha Ternak Hewan Di Desa yang menguntungkan. Usaha ternak hewan menguntungkan biasanya akan dijadikan pilihan oleh masyarakat desa dengan membuat kandang disebelah rumahnya.

Usaha ternak hewan merupakan suatu bisnis yang tak pernah sepi pembeli, sehingga prospek usaha ternak hewan ini dapat dikatakan cerah. Peluang usaha ternak hewan dapat anda jadikan sebagai bisnis sampingan karena mudah sekali untuk dijalankan.

Tips menjalankan Usaha Ternak Hewan Menguntungkan

Untuk menjalankan usaha ternak hewan menguntungkan dan mudah dijalankan, terdapat beberapa tips yang harus anda ketahui agar usaha ternak yang anda jalankan sukses besar. Hal ini wajib anda lakukan demi kelancaran usaha ternak hewan anda. Secara umum, tips menjalankan usaha ternak hewan agar sukses besar adalah sebagai berikut :

  • Dekat dengan Sarana Produksi dan Pihak Pemasaran

Bagi anda yang ingin menjalankan usaha ternak, sebisa mungkin lahan usaha ternak hewan anda harus berada dekat dengan sarana produksi dan juga pihak pemasaran. Hal ini berguna untuk memudahkan anda dalam penyaluran hewan dan membeli keperluan produksi dari ternak yang anda jalankan. Dengan melakukan hal ini, anda akan lebih efisien dan efektif dalam hal waktu dan biaya transportasi sehingga biaya operasional yang keluarkan lebih minim.

  • Jauh dari Keramaian

Tips untuk menjalankan usaha ternak yang kedua adalah akan lebih baik jika anda menjalankan bisnis ini di tempat yang jauh dari keramaian. Desa merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat untuk menjalankan usaha ternak hewan ini. Area yang jauh dari pemukiman akan membantu anda dalam kelancaran bisnis ini, hal ini karena biasanya banyak orang yang tidak suka dengan usaha ternak yang anda jalankan, sebab usaha ternak dirasa mengganggu entah karena baunya yang cukup mengganggu atau kebisingan suaranya.

  • Pilih Area yang Sesuai dengan Peruntukannya

Area atau lahan tempat anda beternak harus disesuaikan dengan peruntukannya. Untuk bisa mengetahui hal ini, anda bisa menanyakannya kepada pemerintah daerah setempat. Hal ini untuk mengantisipasi tempat usaha ternak hewan anda aman dan dapat dijalankan tanpa ada gangguan.

  • Dekat dengan Sumber Air

Air merupakan suatu hal yang sangat diperlukan pada saat melaksanakan usaha ternak hewan, selain digunakan untuk minum hewan, air juga dibutuhkan untuk membersihkan kandang hewan. Oleh karena itu, pilihlah lahan untuk beternak yang dekat dengan sumber air seperti sumur atau sungai.

Contoh Usaha Ternak Hewan Menguntungkan dan Mudah Dijalankan

Setelah anda mengetahui mengenai beberapa tips dalam menjalankan usaha ternak hewan menguntungkan. Berikut beberapa contoh usaha ternak hewan yang dapat anda jadikan pilihan untuk berbisnis.

  • Usaha Ternak Sapi

Salah satu contoh usaha ternak hewan yang menguntungkan yang dapat anda jalankan adalah usaha ternak sapi. Permintaan akan daging sapi semakin hari semakin meningkat di Indonesia. Bahkan pemasok daging sapi terkadang lebih banyak yang berasal dari luar negeri seperti Australia dan India. Kebutuhan akan daging sapi yang masih belum cukup memenuhi ini menyebabkan harga daging sapi terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan negara tetangga yang ada di Asia Tenggara.

Dalam mengatasi masalah harga daging sapi yang semakin hari semakin tinggi, pemerintah Indonesia menggalakkan berbagai usaha ternak sapi di tingkat pedesaan ataupun di perkotaan. Subisidi pemerintah berupa pemberian sapi unggul baik ke warga desa dan daerah terpencil lainnya diharapkan dapat memecahkan masalah tingginya harga daging sapi di Indonesia.

Jika anda memilih usaha ternak hewan sapi ini, biasanya anda akan mengalami masa panen dari penjualan yang laris manis pada saat menjelang hari raya Idul Adha. Pada masa Idul Adha tentunya permintaan hewan sapi akan naik, karena banyak orang yang mencari sapi untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

  • Usaha Ternak Kambing

Contoh usaha ternak hewan menguntungkan lainnya yang dapat anda pilih selanjutnya adalah usaha ternak kambing. Anda dapat dengan cepat mendapatkan keuntungan dengan melakukan usaha ternak hewan yang satu ini. Biasanya warga Indonesia yang berada di desa akan membuat kandang kambing sebagai tempat usaha ternak hewan di samping rumahnya, dikarenakan lahan di desa rata-rata masih cukup luas.

Walaupun usaha ternak kambing merupakan usaha sampingan namun keuntungan yang akan anda dapatkan cukup besar. Saat ini harga kambing cukup mahal, apalagi jika sudah menjelang hari raya Idul Adha maka harga kambing dapat mencapai dua kali lipat dari harga normalnya.

  • Usaha Ternak Ayam Pedaging

Contoh usaha ternak hewan menguntungkan lainnya yang dapat anda jalankan dan menjanjikan adalah usaha ternak ayam pedaging. Usaha ternak ayam pedaging atau biasa disebut sebagai ayam boiler biasanya dapat anda jumpai di pedesaan. Kebutuhan akan daging ayam di Indonesia masih dirasa kurang memenuhi, hal ini bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis usaha ternak. Meningkatnya harga ayam pedaging pada saat ini, dapat anda jadikan sebagai peluang usaha bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

  • Usaha Ternak Bebek

Usaha ternak hewan unggas lainnya yang dapat anda jadikan sebagai peluang usaha bisnis adalah usaha ternak bebek. Anda bisa memilih apakah anda akan membudidayakan bebek pedaging atau bebek petelur. Menurut pengalaman dari peternak bebek, mereka membutuhkan modal Rp. 1,5 juta untuk pembelian bibit bebek, pembuatan kandang bebek, dan pembelian pakan bebek.

Menurut para peternak bebek petelur yang memiliki seribu bebek, dalam sehari ia bisa menghasilkan 1000 telur bebek. Satu butir telur bebek dibanderol dengan harga Rp. 2.000,-. Jadi jika anda mampu menjual semua telur bebek yang dihasilkan, anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 2 juta . Jika secara rutin anda bisa menjual telur bebek dengan jumlah yang sama, maka sebulan anda bisa mendapatkan penghasilan rata-rata Rp. 2 juta x 30 hari = Rp. 60 juta. Tentunya dengan penghasilan seperti ini, akan sangat menarik sekali untuk dijalankan bukan?

  • Bisnis Ternak Burung Puyuh

Bisnis ternak burung puyuh merupakan salah satu contoh usaha ternak hewan menguntungkan yang dapat dijalankan sebagai usaha bisnis sampingan. Keuntungan dalam menjalankan bisnis ternak burung puyuh ini dapat dibilang cukup besar. Anda bisa menjual telur daging puyuh saat burung puyuh masih aktif mereproduksi, jika burung puyuh sudah berada pada masa menopause atau sudah tidak aktif untuk memproduksi telur, maka anda bisa menjual dagingnya karena daging burung puyuh juga cukup diminati.

Permintaan akan telur puyuh di masyarakat cukup tinggi, dan harga yang ditetapkan juga tinggi yakni sekitar Rp. 25 ribu per kilogramnya. Anda bisa langsung menjualnya ke masyarakat langsung atau menitipkannya untuk menjual. Selain dapat melakukan budidaya burung puyuh, anda juga bisa mengembangkan usaha ini dengan menjual bibit burung puyuh.

  • Bisnis Ternak Belut

Ternak belut merupakan salah satu usaha ternak hewan yang dapat anda jalankan. Kebanyakan para peternak belut berada di desa karena kondisi lingkungan di desa yang mendukung. Bisnis ternak belut merupakan usaha ternak hewan yang mudah dijalankan, anda juga tidak membutuhkan modal yang banyak dalam menjalankan usaha ternak hewan yang satu ini.

Lahan sempit yang ada disekitar rumah anda bisa anda manfaatkan sebagai tempat untuk membudidayakan belut, banyak media yang dapat anda gunakan sebagai tempat untuk memulai usaha ternak belut seperti terpal, drum ataupun kolam.

Baca Juga : Peluang Bisnis Usaha Budidaya Jamur Tiram

Itulah beberapa contoh usaha ternak hewan mneguntungkan yang dapat anda jadikan sebagai referensi untuk memulai bisnis atau  berwirasaha. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih.

About the author

Autobild

1 Comment

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.