Aneka Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar

A

Aneka Usaha Ternak dengan Modal Kecil Untung Besar – Usaha ternak hewan dengan modal kecil dapat menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Bagi anda yang memiliki modal kecil, anda dapat memulai usaha ternak hewan baik di lahan yang sempit. Bagi anda yang memiliki modal yang kecil dan sangat terbatas tentunya anda harus selektif dalam memilih usaha ternak modal kecil apa yang cocok dijalankan atau budidaya ternak jenis apa yang paling ideal.

Usaha ternak dengan modal kecil dipilih oleh orang yang tidak memiliki dana yang cukup. Selain itu, bagi orang yang memiliki lahan sempit juga dapat menjalankan usaha ternak dengan modal kecil. Lalu aneka usaha ternak modal kecil apa saja yang sangat menguntungkan dan mudah untuk dijalankan. Berikut ulasannya, yuk simak.

Jenis Usaha Ternak Modal Kecil Untung Besar yang Dapat Ditekuni

Hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan dan dijalankan adalah hobi yang dapat menghasilkan keuntungan. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis usaha ternak modal kecil namun memiliki keuntungan yang besar yang dapat anda jalankan :

  • Beternak kelinci
  • Ternak belut dalam drum
  • Ternak burung kicau
  • Ternak ikan hias
  • Ternak hewan reptile hias
  • Budidaya jangkrik pakan burung
  • Beternak kucing ras
  • Beternak Kelinci Potong dan Kelinci Hias

Bagi anda yang memiliki keterbatasan dana salah satu usaha ternak modal kecil yang cocok untuk anda coba adalah usaha ternak dan budidaya kelinci potong dan kelinci hias. Kelinci hias dan kelinci potong memiliki pasar yang berbeda.

Bagi para pecinta kelinci hias tentunya akan mengutamakan ras kelinci yang baik sebagai perlombaan atau sekedar untuk dipelihara dirumah. Sedangkan, untuk kelinci potong juga memiliki potensi pasar yang cukup tinggi dengan banyaknya orang yang menyukai daging kelinci dan sudah banyak rumah makan atau restoran yang membutuhkan pasokan daging kelinci sebagai olahan menunya.

Dalam segi harga, harga kelinci hias cukup menggiurkan dibandingkan dengan kelinci potong. Namun, kedua jenis kelinci ini sangat mudah sekali untuk dibudidayakan di lahan sempit.

  • Budidaya Belut dalam Drum

Dengan modal yang terbatas dan lahan yang sempit, usaha ternak modal kecil lainnya yang bisa anda coba adalah Peluang Usaha Budidaya Belut. Budidaya belut merupakan usaha ternak yang mudah untuk dilakukan karena pada saat ini telah banyak sumber yang memberikan pengetahuan cara budidaya ternak belut dengan menggunakan media drum.

Potensi penghasilan dari usaha ternak modal kecil belut ini juga cukup menjanjikan karena banyak sekali olahan makanan yang berbahan dasar belut. Belut juga terkenal dengan kandungan gizinya yang sangat tinggi sekali, hal inilah yang membuat belut laris di pasar. Bagi anda yang memiliki lahan sempit, anda dapat mencoba usaha ternak belut dalam drum.

  • Beternak Burung Kicau yang Tidak Ada Matinya

Bagi anda yang memiliki hobi mengoleksi burung kicau, anda dapat mencoba peluang usaha ternak modal kecil ini. Selain untuk dinikmati karena merupakan hobi sendiri dan biaya yang kecil, anda juga memiliki potensi dapat menghasilkan keuntungan dengan melakukan budidaya burung kicau ini.

Bagi para pemula sudah pasti akan menelan biaya yang cukup besar untuk belajar usaha ternak ini, namun setelah anda berhasil melakukan usaha ternak burung kicau ini selanjutnya anda bisa panen keuntungan karena jenis usaha ternak burung kicau non lokal memiliki harga yang cukup tinggi dan peminatnya pun tidak ada matinya.

  • Ternak Ikan Hias

Usaha ternak hewan modal kecil lainnya yang dapat memberikan penghasilan besar adalah usaha ternak atau budidaya ikan hias. Bagi anda yang suka mengoleksi ikan hias, anda dapat menghasilkan uang dengan hobi anda tersebut. Banyak sekali jenis ikan yang memiliki prospek dan potensi keuntungan yang sangat menjanjikan karena harga jualnya cukup tinggi, bahkan dapat mencapai jutaan untuk setiap ekor ikan hias.

Beberapa jenis ikan hias yang bisa anda jadikan usaha ternak modal kecil adalah:

  • Ikan arwana
  • Ikan berta
  • Budidaya ikan mas
  • Ikan koi dan masih banyak jenis yang

Hobi yang satu ini dapat dikatakan paling fantastis karena telah banyak yang dibuktikan dengan adanya kisah sukses beternak ikan hias yang mampu menembus pasar internasional.

  • Ternak Hewan Reptil Hias

Hobi merupakan salah satu hal yang bisa disambi dengan berbisnis. Bagi anda pecinta reptil hias anda dapat menjadikan hobi anda sebagai lahan untuk menghasilkan uang. Beberapa jenis reptile hias yang unik, langka ataupun non lokal ternyata juga memiliki peminat yang cukup banyak karena keunikannya. Misalnya berbagai jenis reptil ular, tokek, dan kura-kura. Hewan reptil hias seperti ternyata sangat potensial untuk dijadikan usaha ternak rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan untuk anda tekuni karena peminatnya yang cukup banyak.

  • Budidaya Jangkrik Pakan Burung Kicau

Usaha ternak modal kecil lainnya yang bisa anda coba adalah dengan membudidayakan jangkrik. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya peminat dari burung kicau tidak ada habisnya dan tidak ada matinya, maka pasokan pakan burung kicaupun sudah pasti tidak akan ada hibisnya dan terus dibutuhkan untuk dijadikan pakan burung kicau.

Bukan hanya bagi panggemar burung kicau yang membutuhkan pasokan makanan, namun untuk menggerakkan usaha burung ternak pun sudah pasti membutuhkan pasokan pakan yang harus tercukupi. Anda dapat mencoba usaha ternak jangkrik sebagai pakan burung kicau dirumah anda yang minim akan lahan.

  • Usaha Ternak Kroto.

Sama halnya budidaya belut maupun budidaya ikan lele, ternak kroto bisa dijadikan peluang usaha ternak modal kecil yang bisa anda coba. Usaha ternak modal kecil ini juga memiliki prospek yang cukup cerah dan menjanjikan. Ini dikarenakan harga kroto semakin tinggi dan bahkan harga perkilonya seperti harga emas, sekitar 200 ribu dan bahkan bisa naik harganya.

Kroto adalah salah satu makanan favorit burung berkicau, dikarenakan gizi yang terkandung di dalam kroto atau telur rangrang tersebut sangat baik untuk pertumbuhan burung, sehingga burung akan lebih agresif, sehat dan bisa tetap berkicau. Anda bisa mencoba usaha ternak kroto ini, caranya cukup mudah dan murah, karena kita bisa menggunakan toples sebagai media ternak kroto.

  • Usaha Budidaya Ikan Patin

Budidaya ikan patin salah satu jenis usaha di bidang budidaya yang memiliki potensi untung yang besar. Ikan patin masih hampir sama seperti dengan ikan lele, namun banyak yang mengatakan bahwa ikan patin memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan dengan ikan lele, selain itu harga ikan patin juga jauh lebih mahal. Hal ini tentunya akan cukup menguntungkan bagi mereka yang punya usaha budidaya ikan patin ini.

Baca Juga : Contoh Usaha Ternak Hewan yang Menguntungkan

Itulah beberapa jenis usaha ternak modal kecil untung besar yang bisa anda coba di rumah yang memiliki luas lahan yang sempit. Jadi segera mulai dan jangan tunda lagi. Semoga bermanfaat.

About the author

Autobild

3 Comments

By Autobild

Autobild

Get in touch

Quickly communicate covalent niche markets for maintainable sources. Collaboratively harness resource sucking experiences whereas cost effective meta-services.